Bermula pada tanggal 02 September 1961 dengan pinjaman modal dari seorang teman yang nilainya sama dengan 5 kilogram batu korek api. Handoko Subali yang saat itu menjadi buruh pabrik tas, mencoba usaha baru dengan memproduksitas sendiri dan menitipkannya di sebuah toko yang ada di Bandung. Rupanya tas tersebut diterima konsumen, banyak pemilik toko yang meminta barang baru dengan desain yang berbeda. Produk tas pertama Handoko merupakan hasil desain sang istri yang bernama Elizabeth Halim , dengan meniru sebuah tas travel buatan luar negeri. Walaupun belum bermerek namun Handoko dan istrinya telah menggunakan bahan- bahan impor untuk memproduksi hasil tas yang berkualitas.

Video Praktisi

Strategi Promosi Ubiyabi Melalui Media Sosial

Banyaknya permintaan pesanan dari konsumen membuat pasangan suami istri tersebut memutuskan untuk mulai menerima karyawan. Model tas yang diproduksi pun tidak hanya tas travel, sudah ada tas sekolah, tas kantor, taswanita, tas anak – anak, tas pesta, dompet kosmetik, koper dan lain – lain. Elizabeth nama sang istrilah yang dipilih sebagai merek tas buatannya itu dan tepat pada tanggal 01 Januari 1968 Elizabeth telah dipatenkan sebagai merek tas yang mereka produksi. Karena kegigihan Handoko beserta istrinya, pada bulan maret 1997 mereka mampu memiliki showroom Elizabeth yang berlantai lima di kota Bandung.

Di tahun awal berdirinya showroom Elizabeth, Handoko Subali telah dianugerahi penghargaan UPAKARTI dari Presiden, karena prestasinya yang berhasil membawa perusahaannya ke tingkat lebih tinggi dan menciptakan lapangan kerja baru. Berawal dari 30 karyawan yang dimiliki, kini perusahaan mereka telah berkembang pesat dan mampu memiliki ribuan karyawan baik untuk produksi maupun untuk manajemen.

Selain itu pada tanggal 10 November 2000, Elizabeth terpilih menjadi salah satu dari 50 perusahaan skala menengah teratas yang dianggap produktif sehingga memperoleh penghargaan “ Enterprise 50 ” oleh Andersen Consulting.

Dibawah PT. Indo Elizabeth Permai, kini merek Elizabeth berkembang menjadi salah satu merek tas yang terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga terkenal hingga luar negeri. Dengan kualitas bahan – bahan impor dari Hongkong dan Taiwan yang digunakan, kerapian jahitan, pemasangan gesper, dan panjang tali yang telah dihitung secara cermat, kini Elizabeth melengkapi mesin – mesin baru yang juga khusus diimpor dari Jerman dan Perancis. Selain tas, saat ini Elizabeth memperbanyak jenis aksesoris wanita mencakup sepatu, dompet, kacamata, ikat pinggang, serta perhiasan modis lainnya.

Kini di tangan ke lima anak Handoko Subali dan Elizabeth Halim, tas dan sepatu Elizabeth telah tersebar di seluruh kota di Indonesia. Bahkan telah mampu bersaing dengan merek tas luar negeri dan menembus pasar mancanegara.

sumber gambar : www.elizabethbag.com