Kalau kita bicara masalah wisata kita akan terbiasa dengan wisata sejarah, pantai, kerajinan dan lainnya. Satu hal yang kadang terlupakan bahwa beberapa tempat di Jawa Tengah yang merupakan sentra perkebunan menyimpan potensi untuk dikembangkan sebagai tempat tujuan agrowisata.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Dengan adanya agrowisata ini dimungkinkan untuk memberikan variasi pilihan bagi wisatawan untuk menikmati wisata dengan suasana yang lain. Disamping menikmati kondisi alam yang mempesona juga memungkinkan bagi wisatawan untuk melihat lebih dekat dan berinteraksi secara langsung dengan aktivitas perkebunan dan hutan.

Beberapa tempat yang menyimpan potensi untuk dikembangkan menjadi tempat tujuan Agrowisata antara lain :
Perkebunan Teh Kaligua
Perkebunan ini terletak di sebelah barat kaki gunung Slamet, tepatnya di Desa Pandansari, Paguyangan, kabupaten Brebes, provinsi Jawa Tengah. Lokasi ini memiliki ketinggian 1.500 s.d. 2.050 m di atas permukaan laut dan suhu antara 8 s.d. 28 derajat Celcius. Jarak tempuh +/- 10 km ke arah timur dari Kecamatan Paguyangan.

Pesona kebun teh dan pemandangan alam yang indah, dan goa Jepang yang bersejarah merupakan sebuah paket wisata pegunungan yang mengasyikkan. Fasilitas yang ditawarkan oleh tempat ini antara lain tea walk, pembibitan teh, panen teh, pabrik pengolahan teh, jasa layanan teh, penginapan, lapangan tenis dan bilyar.

Tersedia juga area perkemahan, outbound games, petilasan (van de Jong, mbah Joko), turbin kuno, goa Jepang, Tuk Bening, goa Barat, Puncak Sakup, dan pusat layanan kesehatan. Objek wisata lain yang berdekatan dengan wisata agro ini adalah Telaga Renjeng, pemandian air panas Tirta Husada, waduk Penjalin, pemandian air panas Cipanas, Buaran, waduk Malahayu, dan pantai Randusanga.

Perkebunan Teh Tambi

Perkebunan Teh Tambi terhampar luas di lereng gunung Sindoro, dengan ketinggian 1.200 s.d. 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu udara antara 15 derajat – 24 derajat celicius. PT Tambi mengelola 3 unit perkebunan teh yang terletak di Bedakah (desa Buntu), Tanjungsari (desa Ngadisalam) serta desa Tambi dengan luas area mencapai 829 Ha yang dilengkapi beberapa fasilitas, seperti rumah makan, rumah pondokan, tour pabrik teh, ruang pertemuan, outbound, dan api unggun.

Perkebunan Kopi Tlogo
Agrowisata perkebunan Tlogo terletak di desa Delik, kabupaten Semarang, Jawa Tengah seluas 415 hektar dengan ketinggian 400 s.d. 675 meter di atas permukaan laut.

Cuaca yang sejuk dan udara bersih nan bebas polusi akan menemani saat-saat Anda menikmati panorama indah serta pemandangan beraneka tanaman perkebunan seperti kopi, karet, cengkeh, pala dan juga berbagai buah tropis semisal durian, mangga, pisang, alpukat, rambutan, jambu biji dan lain sebagainya. Selain itu, di sini, dari kejauhan dapat juga disaksikan pemandangan Rawapening yang menawan.

Hutan Wisata Penggaron
Kawasan Penggaron berada di ketinggian sekitar 350 m di atas permukaan laut, dengan suhu udara berkisar antara 20°C s.d. 26°C, yang menawarkan udara segar nan bersih. Kawasan ini berada sekitar 17 km dari pusat kota Semarang, dan hanya 2 km dari pusat kota Ungaran, sehingga kawasan ini mudah dijangkau dari lingkungan pemukiman penduduk.

Penggaron didominasi oleh hutan pinus yang berhawa sejuk, tetapi kita juga dapat menyaksikan berbagai spesies lainnya di sini. Objek wisata ini dilengkapi dengan lapangan golf, arena perkemahan serta tempat bermain anak yang menyenangkan.

Hutan Jumprit
Jumprit merupakan objek wisata spiritual di lereng gunung Sindoro dengan panorama alam pegunungan dan bumi perkemahan berhawa sejuk. Tempat ini erat hubungannya dengan legenda Kyai Nujum Majapahit yang tertulis dalam serat Chentini. Di dekat mata air jumprit terdapat makam Ki Jumprit.

Di sini peziarah melakukan semedi yang biasanya dilanjutkan dengan mandi kungkum, membuang celana dalam, BH sebagai perlambang menghilangkan sial. Air jumprit juga digunakan sebagai air berkah untuk upacara Tri Suci Waisak setiap tahunnya.

Kawasan ini terletak di sebelah barat kecamatan Ngadirejo, berjarak sekitar 28km dari kota Temanggung. Jalan sampai lokasi sudah diaspal sehingga perjalanan cukup menyenangkan sambil menikmati potensi agrowisata. Anda dapat menginap di wisma yang telah disediakan. Anda juga dapat menikmati udara udara segar serta indahnya pemandangan matahari terbit.

Kebun Teh Pagilaran

Pemandangan dan pesona hamparan kebun teh di pegunungan dengan ketinggian 1.000 sampai 1.500 meter dpt.Air terjun/Curung Binorong dan Curung Kembar, dengan pemandangan di sekitarnya yang indah dan alami, dan hamparan kebun teh dan kebun cengkeh sepanjang lereng pegunungan.

Lingkungan pertamanan yang sehat, alami dan segar, jauh dari kebisingan dan polusi. Suhu kebun 15 0 – 18 0 C pada malam hari, 21 0 – 25 0 C pada siang hari.Melihat proses pembuatan teh mulai dari pemetikan, pengolahan sampai pengepakan di pabrik .

Lokasi yang terletak di Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten  Batang bisa ditempuh dengan Kendaraan Pribadi ataupun kendaraan khusus (tour wisata ) dari Yogyakarta lewat Temanggung memakan waktu + 3,5 jam, dari Semarang lewat Sukorejo + 2,5 jam dan dari Solo + 4,5 jam.
Sumber gambar : yapta.blogspot.com