Bandung sebagai salah satu kota besar yang memiliki potensi sebagai kota sentra bisnis kuliner dan bisnis fashion ternyata sudah tidak dapat diragukan lagi. Dari mulai bisnis fashion, bisnis makanan, hingga bisnis minuman banyak ditemukan di kota tersebut. Salah satu potensi bisnis dari kota Bandung, adalah bisnis sop buah. Yang dulunya menu sop buah hanya dikenal masyarakat Bandung saja, sekarang minuman ini dapat ditemui di berbagai kota selain Bandung, bahkan hingga dikenal pasar mancanegara seperti di negara tetangga Malaysia.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Konveksi Mbojo Souvenir

Di Yogyakarta, menu sop buah juga mulai banyak ditemui di pinggiran jalan yang ada di kota tersebut. Salah satu penjual sop buah yang ada di kota Yogya adalah Bapak Saryono. Pedagang kaki lima yang menjajakan menu minuman sop buah dan jus buah ini membuka usahanya di pertigaan jalan Babarsari, lebih tepatnya di depan Depok Sport Center. Dalam menjalankan usahanya, Pak Saryono bekerja sama dengan Bapak Hedi yang berada di Bandung. Dengan memakai brand Fresh – I sop buah, Pak Saryono setiap bulannya memberikan fee kepada partnernya sebesar 10%.

Konsumen
Menu sop buah disukai hampir semua masyarakat, baik kalangan masyarakat menengah atas maupun kalangan menengaj kebawah. Campuran buah, sirup serta susu kental manis yang menyehatkan banyak dicari konsumen dari mulai anak – anak, remaja, sampai orang tua. Rasa sop buah yang segar biasa dinikmati para konsumen di siang hari sebagai penghilang dahaga mereka di cuaca yang panas. Kebanyakan pembeli sop buah Pak Saryono adalah para mahasiswa yang ada di sekitar lokasi usahanya.