desa wisataTak bisa kita pungkiri bila sektor pariwisata menjadi salah satu potensi daerah yang banyak dikembangkan masyarakat Indonesia. Melimpahnya kekayaan alam Indonesia dan uniknya budaya lokal yang kita miliki, memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun turis mancanegara. Sehingga tidak heran bila sampai hari ini sektor pariwisata Indonesia menjadi salah satu penyumbang dana yang cukup besar bagi Pendapatan Daerah di seluruh penjuru nusantara.

Video Praktisi

Roti van Java, Mencari Ide Bisnis dari Travelling

Memanfaatkan potensi alam yang cukup melimpah, masyarakat di berbagai daerah Indonesia kini mulai mengoptimalkan sektor pariwisata dengan membangun kawasan desa wisata. Strategi ini sengaja dibangun masyarakat untuk mengajak para wisatawan lokal maupun internasional untuk mengenal lebih dekat kekayaan alam, budaya, maupun tradisi masyarakat di berbagai pelosok desa. Melalui program desa wisata, diharapkan masyarakat bisa memperkenalkan tradisi dan budaya lokal kepada masyarakat luas serta mengangkat perekonomian masyarakat di sekitar desa tersebut.

Beragam program dan paket wisata pun kini mulai ditawarkan masyarakat pedesaan untuk menjamu para wisatawan lokal maupun internasional. Misalnya saja seperti puluhan desa wisata yang terdapat di Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengenal lebih dekat potensi desa wisata Indonesia, berikut adalah beberapa wilayah di nusantara yang memiliki potensi  cukup potensial.

Desa Wisata di Yogyakarta
Sebagai kota budaya, Yogyakarta tentunya menjadi salah satu kota tujuan wisata yang ramai dikunjungi para pelancong. Selain kawasan Malioboro yang menjadi tujuan belanja bagi para wisatawan, Yogyakarta ternyata memiliki kawasan desa wisata yang cukup potensial.

Misalnya saja seperti puluhan desa wisata di daerah Turi yang memanjakan para wisatawannya dengan potensi salak pondoh yang berlimpah dan menyuguhkan pesona alam pedesaan yang masih sangat asri, atau bisa juga mengunjungi desa wisata kerajinan seperti di daerah Kasongan (sentra kerajinan gerabah), Krebet (sentra kerajinan batik kayu) serta Manding (sentra kerajinan kulit), sampai dengan desa wisata budaya yang belakangan ini mulai diminati wisatawan mancanegara seperti desa wisata Tembi maupun jelajah kampung budaya di gang sempit Dipowinatan,Yogyakarta.

Keunikan budaya Jawa yang masih sangat terasa dan keasrian panorama alam yang dimiliki kota Yogyakarta, mendorong masyarakat di berbagai sudut kota Jogja untuk memanfaatkan potensi tersebut untuk meningkatkan perekonomian desa setempat.

kampung wisata

Desa Wisata di Jawa Tengah
Selain Kota Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah ternyata juga memiliki potensi desa wisata yang beragam. Mulai dari kampung wisata Candirejo yang mengajak para wisatawan untuk mengenal lebih dekat kehidupan sehari-hari masyarakat desa setempat, kawasan Dieng yang memanjakan wisatawan dengan pesona alamnya yang menawan dan potensi agrobisnis yang cukup berlimpah; desa wisata Duwet Klaten yang menyajikan budaya tradisional Jawa dan aneka macam kerajinan; Karangbanjar, Purbalingga yang menyajikan pemandangan desa yang masih alami; Karimunjawa dengan daya tariknya pesona taman bawah laut, serta masih banyak lagi desa wisata lainnya seperti daerah Ketenger, Selo, serta kampung batik di Desa Laweyan Solo, Jawa Tengah.

Desa Wisata Jawa Barat
Dikelilingi daerah pegunungan, menjadikan Daerah Jawa Barat memiliki panorama alam yang sangat menawan dan tingkat kesuburan tanah yang cukup tinggi. Melihat potensi tersebut, tidaklah heran bila daerah yang memiliki suhu udara cukup sejuk ini memiliki potensi desa wisata cukup beragam.

Sebut saja seperti kawasan agro Ciwidey yang menawarkan beberapa potensi desa wisata kebun strawberi dan aneka olahannya, Desa Wisata Lembur Kahuripan yang memiliki pemandangan sawah dan pemandangan bukit nan hijau, atau mengunjungi Kampung Wisata Industri Cikaret untuk menikmati wisata usaha rumahan seperti industri sandal, tahu, tempe, wayang golek, serta souvenir daur ulang limbah.

Desa Wisata Bali
Tidak hanya Pulau Jawa saja yang memiliki potensi budaya begitu beragam dan pemandangan alam yang cukup menawan. Pulau Bali yang dikenal masyarakat dunia sebagai surga kecil di negara Indonesia, ternyata juga memiliki potensi desa wisata yang sangat menarik, mulai dari aktivitas camping, tracking, refreshing, hingga memperdalam budaya dan tradisi Bali, bisa Anda dapatkan di Desa Wisata Ambengan, Provinsi Bali.

Kondisi alamnya yang dikelilingi persawahan dengan sistem terasering (sengkedan) dan didukung dengan empat air terjun serta beberapa kolam alami, membuat pemandangan Desa Wisata Ambengan semakin mempesona para wisatawan. Hal inilah yang menjadikan Desa Wisata Ambengan di Kabupaten Buleleng Bali ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Melihat kesadaran masyarakat desa yang mulai tergerak untuk mengembangkan segala potensi yang terdapat di daerahnya, tidak menutup kemungkinan bila di masa-masa yang akan datang keadaan ekonomi di daerah pedesaan akan setara dengan pergerakan ekonomi di kota-kota besar. Semoga informasi potensi bisnis daerah ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengoptimalkan potensi di sekitarnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.kabarhotel.com/wp-content/uploads/2012/03/desa-wisata.jpg
2. http://sewasepedajogja.com/wp-content/uploads/2011/12/Wisata-Pedesan-di-Jogja-dengan-bersepeda.jpg