kerajinan unikJika biasanya untuk menikmati panorama alam seperti air terjun dan kawasan pedesaan kita harus pergi jauh ke pinggiran kota, sepasang suami istri Ritta Aprianti dan Rery Enrico berhasil  menghadirkan miniatur pemandangan alam dalam sebuah gentong bekas. Dari mulai pemandangan air terjun lengkap dengan gemericik suara air yang mengalir sampai panorama pedesaan yang dilengkapi dengan sawah dan pepohonan, ditampilkan Ritta dan Rico dalam media yang lebih kecil dengan menggunakan gentong tanah liat yang dilubangi salah satu sisinya.

Video Praktisi

Mencari Ide Bisnis Dari Limbah Rumah Tangga

Berbekal kecintaannya yang begitu besar terhadap pemandangan alam, Ritta dan Rico mulai terdorong memanfaatkan bakat mereka di bidang seni untuk menciptakan suasana alam di media gentong. Ide ini sengaja dijalankan agar mereka bisa menikmati miniatur pemandangan alam dari dalam rumahnya. Siapa sangka bila berawal dari sebuah hobi kini pasangan suami istri ini berhasil mengangkat produk kerajinan unik tersebut menjadi peluang bisnis yang menjanjikan omset besar setiap bulannya.

Info Produk Curug Gentong

Melihat minat pasar yang semakin besar, Ritta dan Rico memutuskan untuk mulai memproduksi kerajinan unik ini secara rutin. Dengan label “Curug Gentong” yang memiliki arti air terjun di dalam gentong, mereka merintis usahanya dengan modal uang senilai Rp 5 juta untuk membeli bahan baku dan peralatan produksi. Beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain semen, batu karang, batu apung, gentong, cat, rumput imitasi, selang plastik, serta lampu.curug gentong

Dengan modal bahan baku dan peralatan yang mudah ditemukan di pasaran, Ritta dan Rico memproduksi curug gentong di bengkel kerjanya yang juga menjadi tempat tinggalnya saat ini, terletak di Jalan Sersan Aning, Komplek Samudra Indonesia, Blok H 5 No.1, Depok, Jawa Barat. Meskipun mereka belum memiliki galeri yang memadai, namun melalui strategi pemasaran word of mouth dan rajin mengikuti berbagai acara pameran, produk curug gentong telah dikenal masyarakat luas dan mendapatkan berbagai pesanan dari pasar dalam negeri maupun luar negeri. Misalnya saja pesanan dari Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang yang pernah mampir ke bengkel curug gentong.

Dengan menampilkan kreatifitas dan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya, sudah sepantasnya bila produk curug gentong berhasil dijual ke pasaran dengan harga yang cukup mahal. Yakni berkisar antara Rp 200.000,00 sampai Rp 2.000.000,00. Biasanya harga yang ditentukan menyesuaikan tingkat kesulitan selama proses produksi, semakin rumit desain yang diminta maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan pihak curug gentong. Sehingga tidak heran bila omset yang diterima Ritta dan suaminya bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Demikian info produk untuk pekan ini, semoga produk unik air terjun dalam gentong ini dapat menambah deretan inspirasi bisnis yang bisa Anda jalankan dalam waktu dekat. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulailah dari sekarang. Ayo berbisnis !!!

sumber gambar : http://curuggentong.com/wp-content/uploads/products_img/cgb-01%20(curug%20gentong%20besar%201).jpg dan http://2.bp.blogspot.com/_xR_mnHNsc44/TEe281P9fNI/AAAAAAAAADM/6Ot8vl4ByC8/s1600/P1010191.JPG