potensi lampungBerada di ujung selatan Pulau Sumatera, ternyata tidak membuat Provinsi Lampung kalah bersaing dengan daerah lain di Indonesia. Memiliki luas wilayah sekitar 35.376,50 km2 dan berbatasan langsung dengan Selat Sunda di bagian barat serta Laut Jawa di sebelah timur, keadaan alam di Provinsi Lampung sangat potensial sehingga tidak heran bila beragam potensi bisnis di daerah tersebut mulai dilirik pasar mancanegara.

Video Praktisi

Melihat Peluang Bisnis di Sekitar Kita Lumica Jogja

Terbagi menjadi tiga bagian yaitu daerah berbukit-bukit di sebelah barat hingga selatan, dataran rendah di bagian tengah, serta perairan luas di sebelah timur hingga utara, membuat sebagian besar masyarakat Lampung berprofesi sebagai nelayan, petani, serta mengolah potensi kelapa sawit, karet, lada, kopi, kakao, cengkeh, dan kayu manis di ladang mereka.

Menjadikan Bandar Lampung sebagai ibukota provinsi, daerah yang terkenal dengan suaka margasatwa (Way Kambas) ini merupakan salah satu pintu gerbang untuk masuk ke pulau Sumatera. Letaknya yang strategis dan melimpahnya sumber daya alam yang dihasilkan, membuat pasar mancanegara sempat melirik Lampung sebagai salah satu daerah potensial untuk berinvestasi. Sebut saja seperti Amerika Serikat, Cina, dan Malaysia, yang menjadi negara tujuan ekspor komoditas Lampung, terutama dari sektor perkebunan dan pertanian.

Nah, untuk mengetahui potensi bisnis apa saja yang bisa digali dari Provinsi Lampung. Berikut ini kami informasikan beberapa sektor unggulan di Daerah Lampung yang menghasilkan nilai ekonomi cukup tinggi.

Potensi Kopi Lampungkopi lampung
Tak bisa kita pungkiri bila Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi yang cukup besar di Indonesia. Sebagian besar perkebunan di Lampung merupakan area penghasil kopi, terutama di daerah Lampung Barat yang menjadi contoh perkebunan terbaik di Provinsi Lampung dan Nasional. Menurut data yang diperoleh, luas lahan tanaman kopi Kabupaten Lampung Barat mencapai lebih dari 60,347,7 hektar, dengan hasil kopi kering kurang lebih mencapai 29.712 ton per hektar/ tahun. Tingginya permintaan pasar dan melimpahnya hasil panen kopi di daerah Lampung, mendorong masyarakat untuk menginovasikan kopi Lampung dengan aneka rasa, seperti kopi stoberi, dan kopi nanas yang belakangan ini mulai menyaingi kepopuleran kopi luwak.

Potensi Perikanan Lampung
Lampung memiliki potensi perikanan yang cukup besar, dimana perairan laut Lampung dibagi menjadi tiwa wilayah yaitu Pantai Timur (Laut Jawa), Selat sunda (Teluk Lampung dan Teluk Semangka ), dan Pantai Barat. Potensi ikan di perairan barat, sebesar 85,379 ton per tahun untuk areal penangkapan sampai 30 mil, sedangkan sampai areal ZEE sebesar 97,845 ton per tahun, jadi potensi ikan tangkap di pantai barat sebesar 182,864 ton per tahun. Pada perairan pantai timur, potensinya sebesar 11,800 ton per tahun dengan didominasi oleh jenis ikan demesal, sedangkan potensi ikan tangkap di Selat Sunda sebesar 97,752 ton per tahun dengan di dominasi oleh jenis ikan karang. Pada tahun 2010 silam, produksi perikanan tangkap laut Lampung  sebesar 164.551 ton atau naik sekitar 13,60% dibandingkan tahun sebelumnya. Produksi perikanan laut itu berasal dari beberapa kabupaten/kota di Lampung seperti Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Barat, Bandar Lampung, Tulangbawang, Pesawaran, Lampung Selatan dan lain lain.

Potensi Pariwisata Lampung
Potensi wisata Lampung yang dapat dikunjungi para turis lokal maupun internasional adalah wisata budaya di beberapa Kampung Tua seperti Sukau, Liwa, Kembahang, Batu Brak, Kenali, Ranau dan Krui di Lampung Barat. Selain itu, ada pula Taman Nasional Way Kambas yang menjadi perwakilan ekosistem hutan dataran rendah, terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang/semak belukar, dan hutan pantai di Sumatera. Beberapa habitat yang hidup di Taman Nasional Way Kambas antara lain Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Harimau SumateraTapir, Beruang madu, Rusa, Lutung Merah, Siamang, dan lain sebagainya.

Semoga informasi Provinsi Lampung, potensinya mulai dilirik mancanegara ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengoptimalkan potensi daerah masing-masing. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://desmond.imageshack.us/Himg28/scaled.php?server=28&filename=lampunglandmarksiger.jpg&res=landing
2. http://4.bp.blogspot.com/_4SnMDu8lhDs/TPSb13OuIxI/AAAAAAAAAGM/xQurwtzBDFk/s1600/coffee_tree_picture.jpg