Riset Pasar Untuk Memahami Konsumen di Bisnis Jasa

riset pasar

riset pasar

Seiring dengan meningkatnya daya beli konsumen di Indonesia, sekarang ini bisa dikatakan perkembangan bisnis di negara kita semakin hari kian melesat pesat. Tak hanya bisnis jual beli produk saja yang belakangan ini banyak diburu para pelanggan, namun bisnis penyedia layanan jasa kini juga mulai dicari konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya. Sehingga tidak heran bila beberapa jenis bisnis jasa seperti misalnya layanan perbankan, klinik kesehatan, tour and travel, salon kecantikan, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya mulai bermunculan di sekitar kita.

Kondisi tersebut tentunya mendatangkan angin segar bagi para pelaku bisnis jasa di Indonesia. Wajar adanya bila sekarang ini para pelaku bisnis jasa mulai bermunculan di sekitar kita untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Tertarik untuk ikut terjun menekuni bisnis jasa?

Sebelum Anda terjun menekuni peluang bisnis jasa, ada baiknya bila Anda melakukan riset pasar untuk memahami konsumen di bisnis jasa. Nah, untuk memudahkan para pemula yang tertarik menekuni peluang usaha tersebut, berikut ini kami informasikan beberapa perilaku konsumen yang bisa kita pahami dari hasil riset pasar yang dilakukan langsung di lapangan.

  1. Mudah dijangkau atau dekat dengan rumah. Menurut hasil survey, konsumen bisnis jasa lebih mempertimbangkan masalah jarak atau lokasi usaha yang mudah dijangkau dan cukup dekat dengan rumah. Tak heran bila sekarang ini beberapa layanan bisnis jasa seperti misalnya bank, klinik kesehatan, dan lembaga pendidikan, mulai membuka cabang di daerah pemukiman untuk menarik minat konsumennya. Semakin mudah mereka menjangkau bisnis Anda, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan calon konsumen setiap harinya.
  2. harga murah

    harga murah

    Cukup mempertimbangkan masalah harga. Bisa dikatakan sekarang ini kebanyakan bisnis jasa yang bermunculan di sekitar kita bukan merupakan kebutuhan primer atau kebutuhan pokok yang banyak dicari para konsumen. Oleh karena itu, banyak konsumen yang lebih mempertimbangkan masalah harga ketika mereka mendatangi bisnis layanan jasa. Tawarkan harga yang lebih miring, agar konsumen Anda tak berpaling ke pelaku bisnis yang lain.

  3. Kenyamanan dan kualitas pelayanan. Berbeda dengan konsumen menengah ke bawah, biasanya konsumen kelas atas tetap mempertimbangkan masalah kenyamanan dan kualitas pelayanan ketika memenuhi kebutuhannya. Seperti halnya perilaku mereka yang cenderung lebih memilih produk bermerek dibandingkan produk murah di pasaran, konsumen kelas atas ternyata juga konsisten memilih pelayanan jasa yang brandnya telah dipercaya masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya.
  4. Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Seperti kita ketahui bersama, kepuasan pelanggan menjadi poin penting dalam menjalankan bisnis jasa. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menyesuaikan bisnis jasa yang dijalankan dengan perkembangan teknologi saat ini. Sebab konsumen di era modern lebih menyukai segala sesuatu yang serba praktis dan canggih ketika memenuhi kebutuhannya. Jadi, agar bisnis Anda tak ketinggalan zaman, ada baiknya bila Anda melengkapi bisnis jasa yang dijalankan dengan dukungan teknologi yang berkembang saat ini.

Mudah bukan? Semoga setelah membahas beberapa tips pemasaran di atas, para pemula maupun pelaku bisnis jasa bisa lebih memahami perilaku konsumennya dan bisa mendatangkan omzet penjualan yang cukup besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://bisnismanajemen.co.id/wp-content/uploads/2012/09/market-research.jpg
2. http://thumbs.dreamstime.com/thumblarge_545/1286294903Ue8hO7.jpg