Rumah Desain Billionaire Penuhi Kebutuhan Kemasan di Pontianak

Aris, owner Rumah Desain Billionaire Setelah belasan tahun bekerja untuk sebuah perusahaan retail, Aris dan Deddy memutuskan resign dari pekerjaannya dan berkecimpung di dunia UMKM. Selama ini, ia melihat beberapa hal yang perlu diperbaiki dari produk UMKM di Pontianak, salah satunya adalah kemasan produk yang kurang menarik, sehingga tidak dilirik oleh pasar retail modern dan supermarket.

Merintis Rumah Desain Billionaire Pontianak pada Oktober 2015, Aris dan Deddy membuat aneka macam kemasan produk. Sebut saja seperti kemasan plastik, kaleng, botol dan karton. “Kami berinisiatif  untuk membuat desain kemasan yang menarik dan dapat menembus pasar retail modern. Di bagian belakang kemasan produk kami tampilkan tulisan dan ikon tempat bersejarah di Kota Pontianak,” ujar Aris.

Bisnis kemasan produkStrategi bisnis yang mereka pilih pun berhasil, mulai dari para pelaku UMKM di Kalbar hingga beberapa rumah makan di Pontianak mulai berdaftarkan diri menjadi pelanggan mereka. Dengan kisaran harga jual mulai Rp 1.000 hingga Rp 3.000/ pcs, dari bisnis kemasan ini setiap bulannya dua pengusaha muda dari Tanah Borneo ini bisa mengantongi omzet sekitar Rp juta 30 juta hingga Rp  juta 50 juta.

“Selama ini hambatan yang dihadapi seputar pemasaran untuk ke daerah kabupaten yang jaraknya sangat jauh dari Kota Pontianak. Seperti misalhnya Kabupaten Sintang, Melawi, dan Kapuas Hulu sampai hari ini belum dapat terjangkau,” tuturnya.

Baca Juga Artikel Ini :

Memilih Kemasan Produk Sesuai Dengan Trend Pasar

Plastik Kemasan Standing Pouch Dongkrak Nilai Jual Produk

Sejauh ini, pemesan produk Rumah Desain Billionaire berasal dari Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kubu  Raya hingga pelaku UMKM di Kota Bandung. Tidak hanya pelaku UMKM saja yang dibidik, mereka juga bekerjasama dengan gerai pasar ritel modern di Jakarta dan Bandung.

“Saat ini untuk percetakan masih mengandalkan pihak ketiga, sehingga harga menjadi tinggi. Jika terjadi perubahan harga secara mendadak dari pihak ketiga, sementara konsumen sudah menyetujui harga yang sebelumnya, terpaksa kami yang menombok ke percetakan,” ungkap Aris ketika ditemui tim liputan BisnisUKM.com beberapa hari yang lalu.

Aktif Mengikuti Pameran Nasional dan Internasional

Kemasan makanan produksi Rumah Desain BillionaireUntuk menunjang promosi bisnisnya, Rumah Desain Billionaire Pontianak telah mengikuti pameran UMKM di kota-kota besar seperti Jakarta, Solo, Jogja, dan Bandung. Bulan depan mereka akan mengikuti pameran di Kuching, Malaysia. Rumah Desain Billionaire juga selalu bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kalbar untuk bisa memenuhi kebutuhan kemasan produk bagi pelaku UMKM khususnya di Daerah Kalimantan Barat.

Untuk memenangkan persaingan, Rumah Desain Billionaire Pontianak berkomitmen terus menjaga kualitas dan selalu berinovasi. “Ke depan, kami  berharap semua industri dan UMKM di Kalbar sudah memiliki tampilan kemasan produk yang menarik. Kami juga tak henti mengedukasi pasar tentang pentingnya kemasan produk yang menarik dan sesuai Standar Nasional Indonesia,” ujar Aris.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Pemerintah Kota Pontianak juga memintanya membuat Klinik Kemasan Kota Pontianak yang didukung penuh oleh Walikota Pontianak, Sutarmidji. Nantinya akan tersedia mesin pencetak kemasan sendiri sehingga UMKM mendapat packaging kemasan yang berkualitas dengan harga terjangkau bagi para pelaku UMKM.

“Pemkot bahkan menyediakan tempat untuk menjadi galeri oleh-oleh Pontianak dan tempat proses produksi serta klinik kemasan bagi produk UMKM Kota Pontianak,” pungkasnya.

Tim Liputan BisnisUKM

(/Vivi)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Kalimantan Barat