Inspirasi Bisnis

Sebentar Lagi Puasa, 5 Menu Berbuka Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Usaha!

ide usaha di bulan ramadhan

Selain mengisi bulan ramadhan dengan aktivitas ibadah, kamu juga bisa mencari ide usaha musiman di bulan ramadhan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. (Foto : hipwee.com)

Marhaban Yaa Ramadhan…!!!

Nggak terasa, sebentar lagi kita bakal memasuki bulan yang paling dinanti umat muslim sejagad raya. Bulan penuh berkah karena sekecil apapun amalan yang kita kerjakan niscaya akan mendapat pahala dari Allah.

Selain mengisi bulan ramadhan dengan aktivitas ibadah, kamu juga bisa mencari ide usaha musiman di bulan ramadhan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Salah satunya dengan menjajakan santapan menu berbuka yang banyak dicari orang di bulan ramadhan. Biasanya orang lebih memilih kudapan manis sebagai menu berbuka.

Berikut adalah bocoran 5 menu berbuka puasa yang bisa kamu jadikan sebagai ide usaha!

1. Buah Kurma dan olahannya paling banyak dicari untuk berbuka puasa.

Buah yang satu ini memang paling banyak peminatnya ketika di bulan puasa. Bahkan penjualannya bisa melonjak hingga 300% dari bulan-bulan lainnya. Manisnya buah kurma ternyata juga bisa kamu jadikan sebagai ide usaha di bulan puasa. Selain menawarkan buah kurma kiloan maupun dalam kemasan toples, kamu juga bisa membuat aneka produk makanan kekinian dari buah kurma. Contohnya seperti cokelat kurma, es krim kurma, pancake kurma, dan lain sebagainya.

2. Pesona es pisang ijo memang tiada duanya, apalagi dinikmati ketika buka puasa.

Rasanya yang manis dan cukup mengenyangkan membuat sajian kuliner asli Makassar ini cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Manis dan dingin menjadi perpaduan yang pas ketika kita santap saat berbuka. Agar tak sama dengan penjual pisang ijo lainnya, kamu bisa menambahkan cita rasa baru dengan varian rasa yang disukai anak muda. Contohnya seperti menambahkan fla cokelat, vanila ice cream, sirup stoberi, atau buah durian pada semangkok es pisang ijo buatanmu.

3. Jangan sepelekan gorengan, karena di bulan ramadhan penjual gorengan laris manis diserbu pelanggan.

Ternyata tak hanya kudapan manis saja yang banyak dicari masyarakat ketika berbuka puasa, tapi aneka macam gorengan juga dicintai masyarakat Indonesia apalagi jika dinikmati dengan secangkir teh panas saat berbuka. Kamu bisa menyajikan berbagai macam gorengan sehat misalnya seperti gorengan non MSG, dikemas dengan kemasan food grade, sehingga pelanggan tidak takut membeli gorengan.

4. Segarnya aneka menu es buah di bulan puasa, membuat konsumen kalap jajan

Tak bisa dibohongi kalau kesegaran es buah di bulan puasa tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi sekarang ini menu es buah sangat beragam, ada yang disajikan dengan tempurung kelapa, ditambahkan aneka toping yang menggoda, dan ada juga yang memadukan kuah jus buah dengan potongan buah segar. Kamu juga bisa buat kreasi es buah lainnya untuk menarik minat konsumen.

5. Jajanan murah meriah seperti cilok dan bakso bakar juga bakal jadi incaran konsumen ketika buka puasa

Sekarang ini selain gorengan, ada lagi jajanan murah meriah yang tak pernah dilewatkan masyarakat Indonesia, yaitu cilok, dan bakso bakar. Meski menu ini biasanya disajikan dengan bumbu pedas, tapi nyatanya banyak orang rela antri panjang untuk jajan cilok ataupun bakso bakar di bazar ramadhan. Ide bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal kecil, apalagi sekarang ini banyak cilok dan bakso bakar yang ditawarkan dengan sistem kemitraan (franchise).

Nah, kira-kira ide usaha apa yang paling cocok untuk kamu? Yuk, pilih dari sekarang dan siapkan semuanya sebelum ramadhan datang. Selamat mencoba dan salam sukses!