Aktivitas, Galeri Foto

Seminar Move Forward Through Online Business

Seminar AMAPada hari Minggu, 20 Mei 2012, Jurusan Manajemen Administrasi Obat dan Farmasi Akademi Manajemen Administrasi (AMA) Yogyakarta, menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan yang bertajuk “Move Forward Through Online Business”. Seminar yang merupakan bagian dari tugas mata kuliah manajemen SDM tersebut digelar di Super Camp kampus AMA Yogyakarta. Tidak kurang 115 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum mengikuti seminar yang menghadirkan pembicara Sdr. Rakmatniwa, S.KM (25) selaku Trainer-Konsultan Startup Business bisnisUKM.com.

Sejak awal, peserta yang didominasi kalangan mahasiswa terlihat antusias dan penasaraan dengan  tema yang diusung dalam seminar tersebut. “Tujuan saya hadir dan ikut serta dalam seminar kali ini salah satunya untuk menimba pengetahuan lebih dalam lagi mengenai dunia bisnis, terutama bisnis online, supaya saya bisa mempraktekkan dan menyalurkan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Marcelinus (19), salah seorang mahasiswa AMA Yogyakarta asal Flores.

RakmatniwaDalam paparan yang dibawakan selama lebih kurang satu jam, pemateri menyampaikan berbagai point penting terkait kiat-kiat untuk memulai menjalankan sebuah bisnis. “Kuncinya kalau kalian (peserta) pengen usaha itu harus memahami trend pasar, pasar butuh apa neh? kalau sudah ketemu pasarnya, baru cari produknya, jangan dibalik!,” terang Rakmatniwa pada salah satu point paparannya. Penjelasan tersebut seolah ‘memancing’ rasa penasaran dari para peserta, terutama tentang bagaimana cara memahami trend pasar seperti yang disebutkan.

Mayoritas peserta mengaku saat ini sebagai pengguna media online aktif, terutama menggunakan jejaring sosial seperti facebook, twitter, maupun blog. Akan tetapi, belum banyak diantara mereka yang memanfaatkannya untuk berbisnis. “Kalau saat ini kalian punya blog, silakan dilanjutkan, akan tetapi kalau untuk bisnis usahakan jangan menggunakan yang gratisan, bagaimana kalian bisa dipercaya orang (customer) kalau blog saja masih menggunakan yang gratisan.” pesan Rakmatniwa.

Pemberian Penghargaan kepada pemateriMerasa penasaran dengan apa yang disampaikan pemateri, tidak sedikit peserta yang kemudian mengajukan pertanyaan dan terlibat interaksi aktif dengannya. “Apa betul untuk menjalankan sebuah usaha itu tidak perlu memerlukan modal besar?,” tanya salah seorang peserta. “Tentu saja bisa, salah satu caranya adalah dengan menjadi pemasar (Affiliate) produk orang, atau menggunakan sistem pembayaran Tempo. Dengan demikian kita bisa berjualan tanpa harus mengeluarkan modal besar untuk langkah awal,” jawab Rakmatniwa.

Sementara dari pihak kampus AMA Yogyakarta sendiri berharap adanya seminar tersebut bisa memberikan inspirasi bagi para mahasiswanya agar memanfaatkan peluang terbuka yang bisa dijalankan melalui internet/ media online. “Semoga seminar kali ini mampu memberikan semangat bagi mahasiswa untuk mampu berwirausaha, sesuai dengan harapan kemendiknas bahwa mahasiswa tidak hanya pandai secara akademik, tetapi juga mempunyai jiwa-jiwa wirausaha,” imbuh Bapak Wahyudiono selaku Pembantu Direktur III AMA Yogyakarta.

Tim bisnisUKM