pemasaran wallsDalam menyusun strategi pemasaran, kreativitas memang sangat dibutuhkan untuk menarik minat konsumen. Teori inilah yang kemudian mengantarkan produk es krim Wall’s berhasil diterima pasar dengan baik dan menjadi market leader (pemimpin pasar) di berbagai belahan dunia.

Keberhasilan es krim Wall’s dalam menggaet banyak konsumen tentunya tidak terlepas dari strategi pemasaran yang mereka jalankan. Bahkan, tak hanya berhasil membuat konsumen penasaran, kualitas dan pelayanan yang diberikan kepada setiap konsumen juga turut meningkatkan loyalitas pelanggannya. Tidaklah heran bila sekarang ini produk Wall’s menjadi salah satu merek es krim yang banyak dicintai para konsumen.

Nah, untuk membantu para pemula yang ingin sukses memasarkan produk-produknya. Berikut kami informasikan beberapa strategi pemasaran kreatif ala es krim Wall’s yang bisa juga Anda jalankan dari sekarang.

1. Memanjakan konsumen sesuai kebutuhan
Sebagai produsen es krim Wall’s, ternyata PT. Unilever Tbk bisa memanjakan para konsumennya sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya varian rasa es krim yang ditawarkan, kisaran harga yang beragam mulai dari ribuan rupiah hingga puluhan ribu rupiah, bahkan sampai sengaja meluncurkan bermacam-macam ukuran untuk memenuhi kebutuhan konsumen individu maupun kemasan besar untuk membidik konsumen keluarga.

2. Membangun loyalitas konsumen dengan berbagai macam hadiah
Jeli dalam melihat peluang dan cerdas dalam menentukan strategi pemasaran. Inilah yang menjadikan produk es krim Wall’s dicintai para konsumennya. Meskipun pada umumnya produk Wall’s bisa dinikmati semua kalangan masyarakat, namun untuk menjaga loyalitas konsumen yang notabene sebagian besar anak-anak. PT. Unilever Tbk sengaja menawarkan beragam jenis hadiah langsung bagi para konsumen yang membeli es krim walls produk tertentu dan dalam jumlah pembelian tertentu. Strategi promosi ini bisa kita lihat dari program bagi-bagi hadiah Wall’s dengan mengumpulkan stick es krim khusus produk Paddle Pop.

3. Memancing rasa penasaran konsumen
Tentu kita masih ingat sensasi iklan Magnum (salah satu produk unggulan es krim Wall’s) yang beberapa waktu lalu menjadi perbincangan hangat para konsumen karena keberadaannya sangat sulit ditemukan di pasaran. Awalnya Magnum hanyalah produk varian dari Wall’s yang ditujukan untuk segmen pasar orang dewasa, namun berkat iklan media elektronik (televisi) yang dikonsep secara eksklusif, banyak konsumen yang mulai penasaran mencicipi produk tersebut. Dari sinilah produsen Wall’s mulai membranding ulang Magnum, dan dengan sengaja menarik Magnum dari peredaran ketika popularitasnya berada di atas puncak. Keputusan ini tentunya sengaja mereka pilih, karena rasa penasaran konsumen cukup mendukung jalannya strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).

4. Mengusung konsep baru untuk membranding ulang produk lama
Bila pelaku bisnis lainnya memilih membuat produk baru untuk mendatangkan banyak konsumen. Maka lain halnya dengan produsen es krim Wall’s yang lebih mengusung konsep unik untuk membranding ulang produk lama. Strategi seperti ini bisa kita lihat dari konsep unik Magnum Cafe yang beberapa waktu lalu dibuka di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta, dimana sang produsen sengaja mengangkat kembali brand Magnum yang biasanya dihargai Rp 11.000,00 per bungkus, menjadi lebih eksklusif setelah dikreasikan dalam varian menu baru yang harga jualnya bisa menjangkau Rp 35.000,00 per porsi di Magnum Cafe.

5. Melakukan pendekatan melalui layanan delivery orderdelivery walls
Tak mau kalah bersaing dengan pelaku bisnis kuliner lainnya, produsen es krim Wall’s kini mulai meluncurkan layanan delivery order untuk memudahkan para konsumennya. Dengan menghubungi nomor telepon 14080, kini konsumen dapat memesan sejumlah varian es krim Wall’s tanpa harus repot-repot keluar rumah. Layanan ini tentunya sangat membantu para konsumen dan memberikan kenyamanan bagi mereka yang ingin menikmati es krim Wall’s setiap saat.

Semoga kesuksesan es krim Wall’s dalam memasarkan produk-produknya ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan membantu para pelaku usaha yang sedang bingung mengoptimalkan pemasaran produknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.unilever.com.lk/Images/walls-icecream-355_tcm75-157023.jpg
2. http://img.okeinfo.net/content/2012/09/26/299/695143/FylmfxMetZ.jpg