konsumenMemahami perilaku dan karakter para konsumen, tentunya menjadi salah satu kunci sukses pemasaran sebuah perusahaan. Tidaklah heran bila selama ini banyak para pelaku usaha yang mulai berlomba-lomba menawarkan pelayanan prima dengan berbagai cara hanya untuk mendapatkan perhatian dari para pelanggannya.

Video Praktisi

Tips Menghadapi Kompetitor, Owner Poyeng Knit Shop

Nah, untuk membantu para pelaku usaha mengenal para konsumennya. Berikut ini kami informasikan empat tahapan konsumen yang perlu Anda pahami dan dilayani dengan sepenuh hati.

1. Prospek
Yang dimaksudkan dengan prospek adalah calon konsumen yang memiliki peluang untuk Anda jadikan sebagai pelanggan tetap perusahaan Anda. Dalam hal ini prospek bisa Anda peroleh dari orang-orang yang sudah Anda kenal misalnya saja seperti keluarga, saudara, rekan kerja, teman dekat Anda, atau bisa juga dari masyarakat umum lainnya yang mulai mengetahui keberadaan bisnis Anda. Bahkan saking luasnya prospek yang bisa dibidik para pelaku usaha, sebagian dari mereka mengatakan bahwa setiap orang yang berada 1 meter di dekat mereka adalah prospek.

Untuk mengelola prospek menjadi pelanggan, Anda bisa memulainya dengan beramah tamah dan membangun komunikasi hangat untuk mengetahui minat dan kebutuhan prospek Anda. Setelah itu, Anda bisa membina hubungan  baik dengan mereka dan buatlah prospek Anda merasa membutuhkan produk atau servis yang Anda tawarkan.

2. Konsumen yang sekedar coba-coba
Jika seorang prospek tertarik dengan penawaran yang Anda sampaikan, maka tidak menutup kemungkinan bila selanjutnya Ia akan menjadi salah satu pelanggan baru Anda yang penasaran ingin mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam tahapan ini yang perlu Anda perhatikan adalah, meskipun mereka telah berminat membeli produk Anda, namun loyalitas mereka masih sangat rendah. Sehingga sebagai pelaku usaha Anda harus pintar-pintar meyakinkan pelanggan baru Anda dengan jaminan kualitas produk maupun jasa yang ditawarkan. Hal ini penting agar mereka tidak kecewa dengan produk unggulan yang Anda tawarkan dan berminat untuk mengulangi pembelian tersebut di masa-masa yang akan datang.

3. Konsumen yang melakukan pembelian berulang
Para konsumen yang merasa puas dengan keunggulan produk maupun pelayanan jasa yang Anda tawarkan, cenderung akan mengulangi pembelian pertama mereka di waktu-waktu yang akan datang. Kondisi ini tentunya sangat menguntungkan perusahaan karena tingkat penjualan produk Anda akan meningkat tajam dan besarnya keuntungan yang dijanjikan juga akan mengalami kenaikan cukup signifikan di setiap harinya. Namun, meskipun mereka telah melakukan pembelian hingga 2-3 kali, jangan cepat berpuas diri karena pada dasarnya mereka masih mengevaluasi kualitas produk maupun jasa yang Anda tawarkan sebelum akhirnya mereka yakin 100% dengan kualitas produk yang ditawarkan dan semakin tertarik menjadi salah satu pelanggan setia Anda.

4. Pelanggan tetaployalitas pelanggan
Tahapan konsumen yang paling tinggi tentunya adalah pelanggan tetap. Biasanya para konsumen yang melakukan pembelian secara rutin, tidak segan-segan menjadi pelanggan tetap Anda setelah mendapatkan kepuasan yang mereka butuhkan. Dalam tahapan ini, loyalitas konsumen mulai terbangun seiring dengan tingginya intensitas mereka dalam menggunakan produk atau jasa Anda. Oleh karena itu, untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas para konsumen, jangan pernah berhenti memberikan pelayanan terbaik Anda ketika mereka membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Strategi ini penting, mengingat para pelanggan setia Anda terkadang ingin diistimewakan dan mendapatkan pelayanan khusus ketika melakukan transaksi pembelian.

Dengan memahami beberapa tahapan konsumen yang ada di sekitar kita, maka selanjutnya Anda bisa mempersiapkan strategi-strategi khusus untuk memanjakan konsumen Anda. Semoga informasi strategi pemasaran memahami para konsumen ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan omset penjualannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

[mb-bahaya]

Sumber gambar :
1. http://www.anneahira.com/images/article/psikologi-konsumen.jpg
2. http://manajemenproyekindonesia.com/wp-content/uploads/2011/05/customer_relationships_management_handshake_id180610_size485_b.jpg