Sudah Mulai Usaha Tapi Masih Bingung Membesarkannya? Baca 3 Tips Ini!

/ / Manajemen UKM /
Sudah Mulai Usaha Tapi Masih Bingung Membesarkannya?

Jika di awal memulai usaha banyak orang bingung mencari modal, setelah bisnis dirintis justru bingung bagaimana cara membesarkan usahanya. (Foto : smallbiztrends.com)

Meski sudah memulai usaha, ternyata para pelaku usaha tak lantas terbebas dari masalah. Jika di awal memulai usaha banyak orang bingung mencari modal, setelah bisnis dirintis justru bingung bagaimana cara membesarkan usahanya.

Sebut saja seperti ketika omzet bisnis turun atau penjualan sepi, jika tak tahan banting bisa dipastikan bisnis yang dirintis hanya akan gulung tikar dalam hitungan bulan. Padahal, sebenarnya ada banyak cara untuk bisa menumbuhkan usaha baru.

Yuk, simak 3 tips mempromosikan usaha baru yang bisa kamu tiru!

Pertama, jangan remehkan kekuatan testimoni. Meski cara ini sederhana, tapi sampai saat ini masih ampuh untuk mempromosikan produk atau bisnis baru. Bahkan sekarang ini hampir 90% konsumen lebih senang dengan produk yang direkomendasikan oleh teman atau kerabatnya.

Kedua, jangan sekali-kali menyetir usaha dalam kondisi buta. Pahami dulu rambu-rambu dalam berbisnis agar kamu tak salah langkah dalam membesarkan usaha. Seperti contohnya aturan dalam mengelola keuangan, memahami penentuan harga jual produk, dan menyusun strategi promosi produk.

Ketiga, luangkan waktu untuk mencari mentor dan meningkatkan kemampuan bisnis. Banyak pemula yang selama ini hanya terpaku pada proses produksi tanpa meningkatkan skill dan pengetahuan mereka di bidang bisnis. Padahal, selain memperluas relasi yang dimiliki, mencari mentor bisnis juga bisa menjadi batu loncatan buatmu untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya di dunia usaha. Tentu saja mentor yang sudah terlebih dahulu meraih kesuksesan bisa membimbingmu membesarkan usaha sesuai dengan pengalaman mereka.

Mudah bukan? Dengan tiga tips bisnis ini kamu tak perlu bingung lagi setelah merintis usaha. Selamat berkarya dan salam sukses!