Sukses Memulai Bisnis Fashion Sejak Usia Muda

/ / Inspirasi Bisnis /

Bisnis clothingBisnis fashion atau bisnis clothing sudah mulai dirintis oleh Muhammad Khairul Anwar sejak usianya masih cukup muda yaitu 15 tahun. Bisnisnya tersebut benar-benar dimulai dari nol sampai sengan sekarang ini sudah dapat berjalan dengan lancar. Ide bisnisnya muncul ketika Ia melihat begitu besarnya peluang bisnis untuk produk fashion atau clothingan.

Bisnis fashion yang Ia beri nama Zoker Shop tersebut mulai berdiri tahun 2014 hingga sekarang ini dengan produk yang dihasilkan sementara masih fokus pada Jaket. Menggunakan modal usaha Rp 700.000,00 dan dengan harga jual produk mulai dari Rp 140.000,00/ jaket, Ia mampu mendapatkan omset yang cukup menggiurkan setiap bulannya.

Setiap harinya Ia mampu memproduksi 10 jaket dengan menggunakan bahan baku berkualitas yang Ia peroleh di pasar kain. Dengan mempertahankan kualitas produksi dan bahan baku, bisnis fashion miliknya tersebut mampu bertahan bahkan jangkauan pasarnya hampir ke seluruh Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, bisnis fashion yang Ia jalankan pun semakin menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Dari situlah Ia berharap agar kedepannya bisnisnya terus berkembang dan bisa menghasilkan berbagai macam jenis produk fashion lainnya yang tentunya dengan kualitas yang baik.

Dalam menjalankan bisnis tersebut, Ia memiliki kendala dalam hal waktu. Karena di usianya yang masih muda, Ia masih memiliki kewajiban untuk menyelesaikan sekolahnya. “Dengan begitu saya harus bisa membagi waktu dengan baik, kapan waktunya sekolah dan belajar serta kapan saatnya untuk mengembangkan bisnis”, ungkapnya pada tim liputan.

Usia yang masih muda ternyata tidak menjadi penghalang baginya untuk terjun ke dunia bisnis. Ia bangga bisa menghasilkan uang sendiri dan dapat membantu orang tuanya meskipun Ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal itulah yang menjadi kemenangan terbesar dari kerja kerasnya menjalankan bisnis fashion.

Sebelum wawancara berakhir, Ia juga mengungkapkan bahwa “Siapa saja bisa menjalankan bisnis, tidak pandang usia tua atau muda. Yang terpenting adalah punya niat yang kuat, tekun, kejujuran, rajin berdo’a disiplin dan sabar. Selain itu, kepuasan pelanggan dengan tidak membuatnya kecewa juga menjadi kunci sukses dalam berbisnis”.

Tim Liputan BisnisUKM.