Sukses Mengembangkan Bisnis Madu Sekeluarga

Sejak dulu madu dikenal sebagai suplemen makanan yang berkhasiat bagi kesehatan manusia. Selain itu, madu juga memiliki rasa yang manis dan lezat sehingga mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Namun berdasarkan data yang ada saat ini, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap madu (khususnya madu murni) semakin hari makin berkurang. Kondisi demikian disebabkan banyaknya madu palsu yang beredar di pasaran, dimana dari segi kualitas sangat jauh jika dibandingkan dengan madu murni yang asli.

Surya Madu Sekeluarga

Mengedukasi Masyarakat Untuk Mengkonsumsi Madu

Adanya fakta tersebut ternyata tidak menyurutkan niat dan keyakinan seorang Surya (24) untuk mengembangkan bisnis berbasis madu. “Alasan kenapa saya mengambil usaha ini karena berdasarkan data yang kami miliki tingkat konsumsi madu di Indonesia cukup rendah, yaitu 15 gram/ orang untuk setiao tahunnya, sehingga saya memiliki niat dalam bisnis ini untuk memberikan edukasi ke masyarakat agar kembali ke madu, dalam artian membiasakan minum madu setiap hari,” kata Surya kepada tim liputan bisnisUKM.

Bukan tanpa alasan, adanya kandungan senyawa yang terdapat dalam madu dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi madu setiap hari kondisi kesehatan akan senantiasa terjaga serta dijauhkan dari penyakit. Hal tersebut diungkapkan Surya yang kini menjadi owner Madu Sekeluarga saat ditemui di rumahnya Sleman Yogyakarta. “Madu sekeluarga sendiri merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang penyedia/ pengemas madu 100% murni organik, spesialis madu multiflora dan bersertifikasi uji lab,” jelasnya.

Madu SekeluargaBekerjasama dengan salah satu produsen madu yang ada di Jogja, Surya mulai merintis usahanya tersebut sekitar setahun lalu. Kendati disibukkan juga dengan aktivitasnya sebagai staf pengajar di salah satu kampus swasta yang ada di Yogyakarta, namun peluang pasar yang terbuka lebar membuatnya yakin bahwa bisnis madu seperti yang dia jalani memiliki prospek yang menjanjikan. Hasilnya memang sesuai prediksinya, Madu Sekeluarga yang belum lama dia rintis mendapat respon positif di hati masyarakat.

Terdapat dua jenis madu yang dipasarkan oleh Surya, yakni madu ternak multiflora (seribu bunga) dan madu strowberi. “Madu multiflora merupakan madu yang diproduksi oleh lebah yang menghisap berbagai macam nektar bunga, madu ini kami dapatkan dari Pegunungan Bromo, sementara untuk madu strowberi berasal dari nektar bunga strowberi, yang kami dapatkan dari perkebunan di Wilayah Bandung,” terang Surya. Kedua jenis madu tersebut kemudian dikemas dengan beberapa varian kemasan, yakni cup, botol kecil, botol kemasan selai, dirigen, dan lain sebagainya.

Pahit Manisnya Kendala Bisnis Madu Sekeluarga

Sebagai pemain baru dalam bisnis madu, Surya sempat mengalami kesulitan pada awal mula pengembangan usahanya itu. Selain laporan keuangan, pasokan madu dari produsen yang terkadang terlambat membuat Surya ‘dipaksa’ harus memeras pikiran tentang strategi apa yang harus dia lakukan. “Pastinya berpengaruh karena kami berupaya maksimal melayani permintaan konsumen, tetapi ketika barang (madu) belum datang sementara pesanan semakin banyak maka otomatis kami yang kena complain,” imbuh Surya sembari tersenyum.

Untuk mensiasati kondisi tersebut, Surya saat ini selalu menyediakan stok lebih dalam sekali pasokan dari produsen. Madu-madu dari produsen yang dikemas dalam dirigen besar kemudian dikemas ulang oleh Surya dengan varian dan ukuran yang beragam. Proses pengemasan dilakukan sendiri oleh Surya dibantu anggota keluarga yang lain. “Kami mengerjakan semua dengan anggota keluarga yang lain, seperti ibu dan istri, hal itu juga yang menjadi salah satu latar belakang kenapa usaha ini kami namai Madu Sekeluarga, karena dikerjakan oleh anggota keluarga sendiri,” lanjutnya.

Madu MultifloraMedia online menjadi ujung tombak pemasaran yang selama ini dijalankan oleh Surya. Selain itu konsep mitra/ agen juga disasar Surya untuk memperluas jaringan pasarnya. “Sejauh ini sudah puluhan mitra/ agen yang menjalin kerjasama dengan kami, diantaranya Jogja, Solo, Bandung, Semarang, Denpasar, Kalimantan, Maluku, Batam, dll,” jelas pria yang baru saja dikaruniai seorang putri tersebut. Saat ini pun Surya masih membuka kesempatan luas bagi pihak-pihak yang berkeinginan menjadi agen/ mitra produk madunya.

Doa, ikhtiar, tawakal, syukur, dan sabar menjadi kunci kesuksesan Surya dalam mengembangkan usahanya. Tanpa itu semua, mustahil baginya bisa memperoleh kepercayaan dari berbagai pihak untuk menggunakan/ mengkonsumsi Madu Sekeluarga. “Selain itu promosi juga menjadi point penting agar bisnis yang kita jalankan bisa lebih berkembang, dalam hal ini kami menggunakan media online seperti website, jejaring sosial, serta portal-portal iklan untuk memaksimalkan promosi/ pemasaran yang ada,” terang Surya sekaligus menutup sesi wawancara pada sore hari itu. Salam sukses!!

Tim liputan bisnisUKM