Manajemen UKM

Tahun Baru Ini, Saatnya Berhenti Tanya Bagaimana Cara Jadi Pengusaha!

Tahun Baru Ini, Saatnya Berhenti Tanya Bagaimana Cara Jadi Pengusaha!Tahun baru sudah di depan mata, tapi apakah kamu sudah merancang resolusi untuk kondisi keuanganmu tahun depan? Bila sampai tahun ini kamu masih berstatus sebagai seorang karyawan, dan resolusimu tahun depan ingin menjadi seorang pengusaha, sudah sejauh mana persiapan yang kamu lakukan? Apakah kamu hanya ingin terus bertanya bagaimana cara jadi pengusaha?

Mumpung sebentar lagi memasuki tahun baru 2017, saatnya kamu membuat sebuah resolusi dan berhenti bertanya bagaimana caranya jadi pengusaha. Ada banyak sekali trend pasar baru yang bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha di tahun depan. Tapi, karena menjadi seorang pengusaha sukses tak semudah apa yang ada di angan-angan. Ada baiknya bila kamu membekali dirimu terlebih dahulu sebelum bersaing dengan pebisnis yang lain.

Berikut adalah lima langkah mudah yang wajib kamu catat agar bisa mewujudkan impianmu jadi pengusaha sukses di tahun depan.

Franchise King Coklat Premium

Franchise King Coklat Premium

Harga Promo 3,8 Juta Saja Mendapatkan Booth, Blender, X-Banner, 100 Bahan Baku Gratis, dan semua perlengkapannya.

1. Sudahkan kamu tahu jenis usaha apa yang ingin kamu jalankan di tahun depan?

Sebelum  berganti tahun, pastikan jika kamu sudah tahu jenis atau bidang usaha apa yang ingin kamu jalankan di tahun depan. Jika memang kamu belum menemukan usaha yang paling cocok, ada baiknya bila kamu mulai mencari ide bisnis dari sekarang dan mulai menyusun gambaran secara spesifik agar di tahun depan kamu bisa segera mewujudkan ide usahamu.

2. Tentukan berapa estimasi modal yang kamu butuhkan dan sesuaikan dengan tabunganmu.

Nah, setelah tahun jenis usaha yang ingin kamu jalankan. saatnya kamu menghitung berapa estimasi modal yang dibutuhkan. Selanjutnya, tugasmu melihat tabungan yang kamu miliki, dan jika tidak mencukupi maka cari cara lain untuk bisa memenuhi kekurangan modal tersebut. Contohnya seperti mencari investor, meminjam dari keluarga, atau bisa juga kerjasama dengan sistem usaha patungan.

4. Jika uang tabunganmu tak cukup, maka cari tambahan modal dari orang-orang di sekitarmu

Meski sekarang ini banyak bank yang menawarkan kredit tanpa agunan bagi para pelaku usaha, tapi ada baiknya jika kamu mencoba cari tambahan modal dari orang-orang di sekitarmu terlebih dahulu.

Daripada laba usahamu hanya habis untuk membayar cicilan bunga bank, lebih baik kamu menggandeng keluarga, teman, sahabat, atau calon investor untuk menjalankan bisnis secara patungan. Sistem bagi hasil bisa diterapkan agar kedua belah pihak saling diuntungkan. Yang terpenting, pastikan perjanjian jelas di awal agar kedepannya tak sampai terjadi perselisihan.

3. Buatlah target kapan tepatnya kamu sudah bisa buka usaha.

Agar rencanamu bisa segera terealisasi, buatlah target kapan waktu tepatnya kamu sudah bisa jadi seorang pengusaha. Jika kamu sudah mempersiapkan secara matang, tak butuh waktu lama lagi kamu sudah bisa mulai menjajal peruntungan sebagai seorang pengusaha.

5. Jika kamu masih awam di dunia usaha, dan belum memiliki waktu full time sebagai pengusaha, maka cari partner bisnis.

Disini partner bisnis sangat berperan penting untuk mewujudkan cita-citamu sebagai pengusaha. Tidak hanya peran aktif mereka untuk bisa terjun langsung menjalankan usaha bersama, tapi juga ide dan pikiran mereka bisa menyatu denganmu agar bisa membesarkan usaha tersebut bersama-sama. Ingat, jangan sembarang pilih orang meski masih memiliki hubungan kekerabatan atau pertemanan, karena bisnis juga butuh dijalankan secara profesional.

So, mulailah rancang keberhasilanmu dari sekarang dan pastikan kamu bisa jadi pengusaha sukses di tahun depan. Selamat berkarya dan salam sukses!