Manajemen UKM

Tantangan Dalam Memulai Bisnis Toko Online

Kendala bisnis toko onlineBeberapa tahun terakhir bisnis toko online telah menjadi trend bisnis baru di lingkungan masyarakat. Tidak hanya pelaku bisnis yang sudah mahir saja yang bisa menjalankan bisnis toko online, akan tetapi semua kalangan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa maupun ibu rumah tangga juga bisa menjalankan bisnis ini. Dengan menggunakan desktop maupun gadget yang canggih serta koneksi internet, maka bisnis toko online sudah bisa segera dimulai. Tentunya dengan perencanaan bisnis yang sudah matang.

Membangun sebuah bisnis online maupun offline sebenarnya tidak ada bedanya, selain membutuhkan modal usaha, memulai bisnis online juga mewajibkan setiap pelaku usahanya mempunyai sedikit akuntabilitas dari setiap jenis bisnis online yang akan mereka jalankan. Yang membedakan antara bisnis online dan juga offline adalah cara memasarkan produk mereka.

Menjalankan bisnis toko online meskipun mudah tetapi juga banyak tantangan dan juga pertimbangan yang harus dihadapi dan diputuskan secara bijak oleh pelaku bisnis demi kemajuan usahanya. Tantangan memulai bisnis yang mungkin akan Anda hadapi ketika mempunyai bisnis toko online antara lain sebagai berikut.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Kompetitor

Kemudahan yang ditawarkan dalam memulai bisnis online semakin membuat banyak orang mulai tertarik untuk menjalankannya. Terutama bagi para ibu rumah tangga yang disamping kewajibannya mengurus rumah tangga, mereka juga ingin memiliki penghasilan sendiri dan usaha ini tergolong mudah. Banyaknya kompetitor maka konsumen juga akan semakin banyak pilihan untuk membeli barang kebutuhan mereka sehari-hari.

Oleh sebab itu, para pelaku bisnis harus bisa menawarkan sesuatu yang lebih dibanding dengan pelaku bisnis toko online lainnya demi menarik minat konsumen. Misalnya dengan menambah variasi produk lebih banyak, harga lebih murah dan yang paling penting adalah memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan kepada konsumen.

Penipuan

Penipuan merupakan satu tantangan yang menjadi ancaman besar bagi setiap pelaku bisnis  toko online. Semakin banyak penjual online yang tidak bertanggungjawab bermunculan, tentu saja akan membuat banyak konsumen menjadi ragu untuk membeli produk secara online. Untuk mengatasi hal itu, para pelaku bisnis harus pintar-pintar meyakinkan konsumen bahwa bisnis toko online milik Anda adalah tempat berbelanja yang aman dan terpercaya.

Konsumen Yang tidak Bertanggungjawab

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh konsumen dalam pemesanan barang yang mereka inginkan membuat banyak para konsumen tertarik untuk memesan tanpa pikir panjang. Konsumen hanya memesan produk agar tidak kehabisan produk, namun mereka juga mencari produk yang sama di tempat yang lain. Ketika konsumen mendapatkan produk yang lebih baik dan harga yang lebih murah maka pesanan yang sebelumnya pasti akan  mereka abaikan. Untuk mengantisipasi konsumen yang seperti itu, berilah batasan waktu pembayaran dan batalkan pemesanan jika dalam waktu yang telah ditentukan konsumen tidak membayar.

Hacker

Sosial media yang telah memiliki banyak teman biasanya akan menjadi incaran para online shop yang tidak bertanggungjawab atau penipu. Caranya dengan mengambil alih online shop tersebut lalu mengganti seluruh foto produk Anda dengan foto produk dari online shop penipu tersebut. Demi mengantisipasi hal itu, maka pelaku bisnis harus berhati-hati dan selalu melakukan pengecekan pada sosial media miliknya sehingga bisnis toko online miliknya tidak dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Meskipun banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang entrepreneur dalam memulai bisnis online, namun ingatlah bahwa tidak ada kesuksesan yang diraih tanpa adanya tantangan dan juga kerja keras. Belajarlah untuk selalu sabar, tekun dan juga cermat dalam menghadapi setiap tantangan selama menjalankan bisnis online.

Sumber gambar : https://40.media.tumblr.com/9a7e3c2c61e6a3384bb62dc803c6b587/tumblr_inline_nm885vUfn01t42enw_1280.jpg