closing saleBerhasil tidaknya para pelaku usaha dalam memasarkan produk-produknya sangat dipengaruhi oleh teknik closing yang mereka lakukan. Bila closing sale yang dilakukan berhasil mengambil hati konsumen, maka penjualan produk pun dapat dipastikan akan terjadi. Dan begitu juga sebaliknya, bila closing sale yang disampaikan kurang menarik, konsumen pun enggan memberikan respon positif pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Video Praktisi

Roti van Java, Mencari Ide Bisnis dari Travelling

Selama ini closing sale menjadi salah satu bagian tersulit dari proses penjualan produk. Sebab closing sale merupakan puncak dari seluruh presentasi pemasaran yang dilakukan para pemasar. Usahakan untuk mengkomunikasikan inti penawaran produk dengan cara yang tepat dan menarik, sehingga menghasilkan reaksi positif dari para calon konsumen. Bagian inilah yang sering membuat pelaku pasar mengalami kegagalan dalam penjualan produk, bahkan tak jarang sebagian dari mereka mulai putus asa dan kehilangan motivasi karena belum berhasil memenuhi target penjualan yang telah ditentukan.

Agar Anda tidak mengalami kegagalan dalam melakukan closing penjualan, berikut kami informasikan beberapa tips pemasaran yang dapat Anda terapkan agar berhasil dalam menyampaikan closing sale.

Berikan penawaran yang menguntungkan kedua belah pihak (win-win solution)

Pada dasarnya dalam closing sale yang paling penting adalah memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Tidak hanya pihak penjual saja yang mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut, tapi pihak konsumen juga mendapatkan solusi atau manfaat dari produk maupun jasa yang akan dibelinya. Buatlah program penawaran yang memberikan keuntungan pada calon konsumen Anda, misalnya dengan memberikan bonus khusus atau memberikan garansi tertentu untuk memberikan keuntungan lebih kepada calon konsumen.

Buatlah strategi untuk mendorong konsumen agar segera mengambil keputusantips closing

Strategi pemasaran ini dapat Anda lakukan dengan mencantumkan tanggal tertentu sebagai batas promosi, contohnya saja dengan menambahkan informasi bahwa harga produk atau jasa akan mengalami kenaikan setelah tanggal 25 Juni. Sehingga konsumen akan segera melakukan tindakan sebelum sampai pada batas waktu yang telah ditentukan. Namun sebelum menjalankan strategi ini, pilihlah produk atau jasa yang benar-benar sesuai dengan target pasar Anda, mulai dari tingkat kebutuhannya, sampai patokan harga yang sesuai dengan calon konsumen Anda. Hal ini penting agar konsumen tidak mengabaikan penawaran yang Anda sampaikan.

Pastikan bahwa closing penjualan yang disampaikan dapat ditindaklanjuti kembali

Sebelum menutup penawaran yang Anda sampaikan, pastikan bahwa komunikasi pemasaran yang telah terjalin dapat ditindaklanjuti kembali untuk ke depannya. Jadi apabila calon konsumen belum bisa mengambil keputusan pada penawaran pertama, Anda dapat melakukan follow up (tindak lanjut) dilain hari untuk meyakinkan calon konsumen akan penawaran yang telah disampaikan sebelumnya.

Semoga informasi tips closing dalam pemasaran produk ini bermanfaat bagi para pembaca dan membantu para pelaku pasar untuk meningkatkan penjualan produknya. Lakukan closing penjualan dengan penuh percaya diri dan yakinkan konsumen Anda dengan strategi pemasaran yang Anda sampaikan. Selamat berkarya, teruslah berusaha dan carilah strategi terbaik bagi pemasaran produk Anda. Salam sukses.

sumber gambar : http://i293.photobucket.com/albums/mm47/catzbling/closing-sale.gif dan http://www.scottishcatalysts.com/images/Closing-The-Deal.jpg