Kemasan

Tips Membuat Desain Kemasan yang Menjual

Ilustrasi desain kemasan unikSebelum memasarkan produk baru, penting bagi Anda untuk mengetahui desain kemasan yang menjual. Dengan desain kemasan yang menarik dan menjual, calon pembeli tak sungkan untuk melirik produk Anda.

Hal ini semakin penting khususnya jika produk Anda memiliki banyak sekali kompetitor. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat desain kemasan produk.

Baca Juga Artikel Ini :

Kemasan Produk Menarik, Konsumen Tak Sungkan Melirik

Efek Desain Kemasan Produk Terhadap Penjualan

Kumpulkan Ide

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Sebelum membuat kemasan untuk produk Anda, ada baiknya mengumpulkan berbagai ide. Memiliki beberapa ide desain kemasan sangat penting agar Anda memiliki cadangan. Ada kalanya, setelah beberapa pertimbangan justru ide awal Anda tidak jadi diaplikasikan. Ketimbang memulai dari awal, coba buka kumpulan ide desain kemasan Anda kemudian memilih salah satunya.

Sederhana namun menarik perhatian

Tidak perlu memikirkan desain kemasan yang terlalu rumit. Pastikan bahwa kemasan Anda sederhana namun menarik perhatian. Tunjukkan apa yang memang harus Anda tunjukkan. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan jika semua elemen sudah masuk dalam kemasan. Anda harus memasukkan logo produk, nama produk, warna yang mewakili, dan beberapa keterangan tambahan jika ada. Kemasan yang sederhana tidak hanya menghemat waktu tetapi juga menghemat biaya ketika membuatnya.

Perhatikan Tipografi

Saat membuat desain kemasan, Anda harus memastikan bahwa semua yang ingin sampaikan tertera dengan jelas. Tentukan ukuran dan jenis huruf yang akan digunakan. Usahakan agar nama produk Anda sudah bisa terbaca dalam jarak beberapa meter. Pastikan tidak salah ketik dan semua sudah pada posisi yang benar sebelum dicetak. Akan lebih baik jika tidak terlalu berlebihan walaupun tetap harus menarik perhatian.

Memilih material yang cocok

Material atau bahan untuk kemasan produk juga sangat penting. Pasalnya, material kemasan harus melindungi produk Anda. Selain itu, Anda pun bisa memilih bahan kemasan yang ramah lingkungan. Saat ini, hampir semua pengusaha sangat peduli terhadap isu Global Warming. Contohnya, Anda bisa memutuskan memilih material kertas untuk produk Anda jika memang memungkinkan.

Berikan hiasan

Walaupun kemasan tampak biasa, namun Anda bisa menambahkan beberapa hiasan. Dengan hiasan tersebut diharapkan kemasan Anda semakin menarik perhatian. Untuk hiasan, Anda bisa memilih menggunakan stiker atau pita.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?

Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.

Klik Disini

Beberapa contoh desain kemasan unik

Salah satu kemasan produk unik dan berhasil menarik perhatian konsumen adalah “Blood Energy Drink”. Desain kemasan minuman ini terhitung sangat berhasil menarik perhatian konsumen. Kemasannya memang tidak baru tetapi meniru kemasan penyimpan darah yang digunakan di rumah sakit. Tulisan yang tertera pun mirip dengan yang ada pada kemasan darah asli. Cara mengkonsumsinya pun menggunakan selang khsusus selayaknya transfusi darah.

Ada pula produk detergent yang memiliki desain kemasan yang unik. Kemasan produk tersebut didesain mirip dengan mesin cuci berukuran kecil. di bagian depan terlihat pintu yang mirip dengan pintu mesin cuci. Dari situ, Anda bisa melihat bentuk detergent.

Jika masih kurang, coba tengok desain kemasan “Kleenex Tissue”. Karena produk ini menawarkan tissue beraroma buah, maka kemasannya dibuat mirip dengan potongan buah. Tissue bisa diambil dari bagian atas kemasan.

Tengok pula kemasan produk “Converse Shoes”. Kemasan bergambar sepatu dengan tali. Warna tali disesuaikan dengan gambar sepatu. Seakan-akan Anda membawa kemasan sepatu dengan tali sepatu yang belum terikat. Semua contoh desain kemasan tersebut sederhana namun berhasil memberikan pemahaman sekaligus menarik perhatian konsumen.

Semoga tips membuat desain kemasan yang menjual ini membantu Anda untuk menarik perhatian konsumen sekaligus membuat produk Anda laris di pasaran. Selamat membuat desain kemasan produk Anda sendiri!

Sumber gambar : http://beachpackagingdesign.com/wp-content/uploads/boxvox/6a00e54f0014bd88340147e36c933c970b.jpg