Tips Membuka Bisnis Rumah Makan Bagi Pemula

Tips Membuka Bisnis Rumah Makan Bagi PemulaBisnis rumah makan memang gak pernah mati. Bagaimana bisa seperti itu?! Iya, peluang bisnis ini memang semakin tumbuh subur seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan gaya hidup yang ingin serba cepat tersaji.

Sadar atau tidak, dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan. Tak ada salahnya Anda memanfaatkan peluang tersebut untuk merintis bisnis rumah makan.

Untuk memulainya, Anda hanya perlu mempersiapkan niat dan mental untuk menghadapi tantangan ketakutan dan keraguan akan kegagalan. Setelah langkah pertama ini Anda kantongi, yang kedua Anda perlu mempersiapkan hal lain terkait masalah operasional dari rencana usaha rumah makan Anda.

Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk bisnis rumah makan yang perlu disiapkan rapi, seperti berikut.

1. Tentukan Konsep Bisnis Rumah Makan

Mulailah dari menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu, untuk usaha rumah makan minimal harus mengerti masakan. Namun, untuk menjadi pengusaha kuliner tidak harus menjadi ahli memasak dulu, tetapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, tenaga ahli yang bisa memasak bisa direkrut. Yang tenpenting, tentukan konsep bisnis yang akan Anda rintis dan pilih menu andalah di rumah makan tersebut. Jika Anda bingung menentukan konsep dan menu, mulailah dari apa yang Anda suka.

2. Tentukan Lokasi Usaha dan Perizinannya

Dalam memulai bisnis restoran atau tempat makan, tersedianya sarana dan prasarana menjadi modal utama Anda. Pengertian tersedianya bukan berarti harus menjadi miliknya, tetapi bisa diperoleh dari menyewa terlebih dahulu. Dan yang termasuk sarana serta prasarana disini adalah perabot masak dan alat makan, perlengkapan lain seperti meja kursi, interior desain dan yang tak boleh dilupakan adalah memilih lokasi usaha yang strategis serta mengantongi izin usaha dari pejabat setempat.

3. Gandeng Pemasok yang Berkualitas

Bisnis makanan termasuk bisnis yang beresiko besar. Karena kunci sukses bisnis makanan terletak pada cita rasa masakan yang disajikan. Untuk bisa menghidangkan makanan yang lezat, point penting yang perlu diperhatikan adalah memilih bahan baku yang berkualitas bagus. Pastikan kualitas pasokan bahan baku sesuai dengan standar yang Anda tentukan dan gandeng pemasok atau suplier agar Anda tak perlu pusing memikirkan ketersediaan bahan baku masakan,

4. Halal, Thoyyib, dan Higienis

Terkait masalah makanan, selain citarasa yang disajikan ada beberapa aspek yang penting lainnya yang tak boleh Anda abaikan, yaitu masalah kehalalan makanan, kebersihan alatnya serta pastikan proses pembuatan dan packaging yang digunakan thoyyib (baik). Apalagi target pasar Indonesia didominasi kaum muslim, jadi bisa dipastikan ketiga hal ini menjadi modal utama Anda dalam merintis bisnis rumah makan.

Jika usahamu sudah berjalan lancar, mulailah rekrut tenaga tambahan untuk memperluas jangkauan pemasaran. Selamat mencoba dan salam sukses!