Tips Mempersiapkan Foto Produk Untuk Toko Online

/ / Manajemen UKM /

foto produkMengingat dalam sistem jual beli online kita tidak bisa memegang langsung produk yang ditawarkan para pedagang, maka keberadaan foto produk menjadi hal yang paling penting untuk memastikan kualitas produk yang diperjual-belikan. Sebagai salah satu tolak ukur bagi calon konsumen sebelum akhirnya mereka mengambil keputusan, rasanya cukup wajar bila setiap pemilik toko online mengupayakan foto produk yang berkualitas untuk menarik minat calon pelanggan.

Meski tak sampai membutuhkan tenaga ahli di bidang fotografi, namun untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas bagus dibutuhkan kejelian dan persiapan yang matang agar hasilnya tak kalah bagus dengan jepretan para fotografer professional.

Oleh sebab itu, bagi Anda para pemula di dunia maya yang belum mempersiapkan stok foto produk, berikut ini kami informasikan beberapa tips mempersiapkan foto produk untuk toko online agar hasil yang didapatkan tidak kalah bersaing dengan foto katalog produk yang dibuat oleh perusahaan online ternama.

Mendapat pencahayaan cukup

Untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang bagus, sebagai pemula Anda tidak harus menggunakan kamera profesional seperti misalnya DSLR. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memanfaatkan kamera ponsel asalkan mendapatkan pencahayaan cukup. Hal ini penting mengingat ukuran piksel pada kamera ponsel masih cukup terbatas.  Untuk itu, pastikan bahwa intensitas cahaya di ruang tempat pemotretan cukup memadai. Salah satu caranya dengan memilih tempat outdoor pada siang hari, atau lokasi indoor yang berdekatan dengan jendela maupun sumber cahaya lainnya seperti lampu kilat atau standing lamp.

Siasati dengan media pemantul

Selain memilih lokasi yang pencahayaannya cukup, meletakkan media pemantul di setiap sisi produk yang difoto bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan efek cahaya yang sesuai. Untuk kepentingan proses pemotretan foto produk, Anda bisa memanfaatkan media pemantul berupa kertas karton putih atau whiteboard agar pencahayaan yang didapat tidak kurang atau berlebih. Disamping itu, media pemantul yang berwarna putih juga menjadikan latar belakang produk menjadi bersih dan rapi sehingga hasil foto yang ditampilkan layaknya produk yang dipotret di sebuah studio khusus.

Hindari teknik zooming

foto produk makananKetika mengambil foto menggunakan ponsel, sebaiknya hindari penggunaan teknik zooming agar hasil foto yang didapatkan tidak pecah. Apabila Anda menghendaki tampilan foto yang lebih besar, ada baiknya bila Anda mengambil foto produk dari dekat. Dengan begitu hasil foto produk yang diupload di website toko online Anda bisa terlihat dengan jelas dan kualitasnya juga bagus.

Ambil foto minimal lebih dari 3 jepret

Mengingat Anda mengambil gambar produk menggunakan kamera ponsel, maka jangan cepat puas dengan hasil jepretan yang Anda bidik. Ambilah sampel foto produk minimal lebih dari 3 jepretan agar Anda bisa memiliki banyak pilihan ketika menyortir foto yang hendak diunggah di toko online Anda.

Pertajam hasil jepretan dengan proses editing

Untuk mendapatkan hasil foto produk yang lebih menjual, tak ada salahnya bila Anda memolesnya dengan proses editing. Anda bisa mencobanya dengan mempertajam kondisi produk yang Anda ambil, menyesuaikan komposisis warna sehingga gambarnya leebih menarik, menggunakan teknik rotate and crop untuk mendapatkan tampilan yang terbaik, serta membubuhkan watermark untuk gambar asli yang Anda hasilkan.

Semoga kelima tips bisnis online yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu pemula yang sedang bingung mempersiapkan foto produknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://img580.imageshack.us/img580/3577/6196271011211005ll.jpg
2. http://tsuicamieee.files.wordpress.com/2012/09/dim-sum4.jpg