ilustrasi entrepreneur muda
ilustrasi entrepreneur muda

Merintis sebuah usaha memang bisa dilakukan kapan saja, termasuk juga ketika kita masih berusia cukup muda. Banyaknya prestasi yang ditorehkan para entrepreneur muda di Indonesia, ternyata turut memotivasi kalangan anak muda untuk mulai terjun di dunia usaha. Contohnya saja seperti kesuksesan Elang Gumilang yang berhasil mendatangkan omzet belasan milyar ketika usianya baru menginjak 22 tahun, atau bisa juga kita belajar dari kepiawaian Bill Gates (sang penemu Microsoft) yang mulai merintis ide bisnisnya ketika Ia masih berstatus sebagai mahasiswa Harvard University.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Konveksi Mbojo Souvenir

Keberhasilan dua entrepreneur muda tersebut tentu cukup memotivasi para pemula untuk bisa mengikuti jejak kesuksesan mereka. Sehingga tidak heran bila belakangan ini banyak kalangan anak muda yang mulai tertarik merintis sebuah usaha, untuk mendatangkan keuntungan yang tak kalah besar setiap bulannya.

Nah, bagi kalangan anak muda yang ingin terjun di dunia usaha, berikut ini kami informasikan beberapa tips memulai usaha di usia muda yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu bekal untuk membangun kerjaan bisnis Anda.

Tahu apa yang ingin Anda kerjakan

Seorang pebisnis muda harus tahu apa yang mereka cintai dan apa yang ingin mereka kerjakan. Poin ini cukup penting karena kebanyakan anak muda masih cukup labil sehingga mereka cenderung cepat bosan pada hal-hal yang tidak mereka senangi. Untuk itu, mulailah dengan merintis bisnis kecil yang sejalan dengan minat dan bakat Anda, lalu atur waktu dan prioritas Anda untuk mulai menyelesaikan apa yang telah menjadi pilihan Anda.

Cari motivator dan investor sukses

tips bagi pengusaha muda
tips bagi pengusaha muda

Sebagai seorang pemula, tentunya Anda wajib mencari guru dan partner kerja dari kalangan pengusaha. Poin ini perlu Anda jalankan untuk mempertajam ilmu bisnis yang Anda miliki, sekaligus mencari partner kerja yang sudah hapal dengan seluk-beluk dunia usaha. Dengan begitu, Anda bisa bertukar pikiran dengan para motivator bisnis yang telah sukses sebelum Anda, serta bekerjasama dengan para investor untuk mengembangkan ide bisnis yang Anda miliki.

Maksimalkan teknologi dan infonet
Kalangan anak muda tentu sudah sangat familiar dengan perkembangan teknologi dan infonet. Karena itu, tidak ada salahnya bila Anda mengoptimalkan peran teknologi dan infonet untuk mendukung perkembangan bisnis Anda. Contohnya saja seperti menggunakan sosial media, e-mail, blog, forum online, iklan baris maupun iklan baner untuk membantu mempromosikan bisnis Anda di dunia maya.

Belajar tegas sebagai seorang pemimpin
Meskipun usia Anda masih cukup muda, namun jangan pernah melupakan peran utama Anda sebagai seorang pemimpin. Siapkan mental Anda untuk menjadi seorang pemimpin yang tegas, walaupun karyawan Anda memiliki usia yang lebih tua dari Anda. Untuk menghadapi kondisi tersebut, ada baiknya bila Anda membuat kesepakatan bersama dan menerapkan aturan-aturan tersebut di lapangan. Poin ini bisa Anda coba agar para karyawan tetap menjaga kedisiplinannya meskipun dipimpin seorang direktur yang lebih muda dari mereka.

Semoga tips motivasi bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi kalangan anak muda untuk segera terjun di dunia usaha. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang paling mudah, dan mulailah dari sekarang! Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://4.bp.blogspot.com/-dJpYU2AIrRw/TtdV5Spo-iI/AAAAAAAAC28/PBgVbCDN_7I/s1600/Young-Entrepreneur.jpg
2. http://tweakyourbiz.com/management/files/You-Will-Thank-Us-%E2%80%93-11-Tips-About-Business-Plans-You-Need-To-Know.jpg