ide bisnis toko online
ide bisnis toko online

Bagi sebagian besar masyarakat, merintis bisnis toko online ternyata tidak semudah apa yang mereka bayangkan. Meskipun sekarang ini banyak pelaku bisnis toko online yang sukses menjalankan bisnisnya di dunia maya, namun pada kenyataannya masih banyak para pemula yang kebingungan untuk menentukan ide usaha.

Padahal, sebenarnya untuk membuat toko online ada banyak cara dan ide bisnis yang bisa Anda pilih. Karena itu untuk membantu para pemula yang sedang bingung mencari ide usaha untuk mendirikan toko online, berikut adalah beberapa tips mencari ide bisnis untuk toko online yang bisa Anda gunakan untuk mendatangkan transaksi pembelian setiap harinya.

1. Mencari ide bisnis dari passion (hobi)
Untuk merintis bisnis toko online, Anda bisa mencari ide bisnis dari passion atau hobi yang dimiliki setiap konsumen. Kecintaan mereka terhadap hobi maupun produk tertentu, menjadikan konsumen lebih loyal untuk melakukan transaksi pembelian. Tidak heran bila bisnis toko online berbasis hobi, mulai bermunculan di ranah maya.

Contohnya saja seperti membuka pets shop online untuk menyediakan segala kebutuhan pecinta hewan peliharaan, membuka toko olahraga online untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang hobi berolahraga, membuka bisnis travel online untuk membidik konsumen yang hobi traveling, membuka bisnis toko buku online untuk menjaring calon konsumen yang hobi membaca, serta masih banyak lagi ide bisnis lainnya yang bisa Anda pilih untuk membuka toko online.

2. Mencari ide bisnis dari problem (permasalahan konsumen)

toko buku online
toko buku online

Tips yang kedua yaitu mencari ide bisnis toko online dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat luas. Seperti kita ketahui bersama, selain memenuhi keinginan para konsumen, Anda juga bisa menjawab permasalahan-permasalahan konsumen untuk mendatangkan transaksi pembelian. Jadilah problem solver bagi konsumen Anda dan dapatkan untung besar setiap bulannya.

Contohnya saja seperti membuka toko online yang khusus melayani konsumen yang ingin menurunkan berat badan, kesulitan mencari tiket pesawat, membutuhkan obat herbal untuk berbagai macam penyakit, memberikan pelatihan bisnis bagi para pemula, dan lain sebagainya.

3. Mencari ide bisnis dari fears (ketakutan konsumen)
Ide bisnis yang ketiga bisa Anda mulai dengan mengatasi ketakutan para konsumen. Untuk menghindari resiko buruk yang mungkin terjadi, tak jarang para konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk menjaga keselamatan mereka. Beberapa ide bisnis toko online yang bisa Anda jalankan antara lain menyediakan jasa asuransi, jual helm online, jasa konsultasi dokter, membuat website online untuk kampanye global warming, serta ide bisnis lainnya yang bisa Anda jalankan untuk mengatasi ketakutan para konsumen.

Nah, semoga ketiga ide bisnis online di atas bisa memberikan tambahan informasi bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung mencari peluang bisnis di dunia maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.tokosewa.com/assets/Uploads/_resampled/SetWidth582-buat-toko-online2.jpg
2. http://familinesia.com/wp-content/uploads/2012/08/toko-buku-online2.jpg