Seperti kita ketahui bahwa motivasi sangat berpengaruh dengan prestasi kerja seseorang. Dalam menjalankan usaha pun juga membutuhkan motivasi untuk mencapai kesuksesan yang di cita – citakan. Namun untuk menumbuhkan motivasi dalam diri seseorang tidaklah mudah. Emosional yang ada dalam diri seseorang mempengaruhi motivasi seseorang bisa naik bahkan bisa turun, sesuai dengan kondisi yang dialaminya.
Tak bisa dipungkiri hampir semua orang pernah merasakan kejenuhan hebat yang mengakibatkan turunnya motivasi diri seseorang. Turunnya motivasi membuat seseorang merasa tidak ingin melakukan kegiatan apapun, hingga tidak fokus dan merasa bingung dengan apa yang akan dikerjakannya.Jika dipaksakan bekerja pun akan menghasilkan kinerja yang kurang memuaskan. Hal ini sebaiknya jangan dibiarkan berlarut – larut, karena selain akan merugikan diri sendiri juga akan merugikan usaha yang dikerjakannya.
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan turunnya motivasi seseorang antara lain dikarenakan adanya kejenuhan akan rutinitas yang sama setiap harinya, sehingga membuat seseorang menjadi pasif dan cenderung menyerah pada keadaan sehari – harinya. Selain itu tujuan hidup yang kurang jelas juga dapat membuat seseorang tidak termotivasi dalam menjalankan usahanya, sehingga seseorang tidak mengetahui apa yang harus dilakukannya. Hal ketiga yang dapat mempengaruhi turunnya motivasi karena adanya rasa takut untuk mencoba usaha baru, sehingga tidak ada keinginan untuk bekerja keras mencapai kesuksesan yang dicita – citakan.
Untuk mengatasi beberapa faktor tersebut, berikut kami berikan tips mengatasi turunnya motivasi. Antara lain sebagai berikut :
1. Buatlah tujuan hidup Anda. Dengan menuliskan tujuan yang akan Anda raih, secara tidak langsung akan muncul komitmen dari dalam diri seseorang untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang mendekatkannya dengan tujuan yang di cita – citakan.
2. Menguatkan rasa percaya diri dengan meningkatkan kemampuan diri Anda. Misalnya dengan mengikuti kegiatan – kegiatan untuk menambah wawasan ataupun ketrampilan yang dapat menunjang tujuan yang kita impikan.
3. Jika motivasi Anda mulai turun, usahakan cari rekan ataupun lingkungan yang dapat mengembalikan motivasi Anda. Carilah teman yang memiliki semangat besar untuk meraih impian mereka, karena kerja keras dan optimisme mereka dapat menularkan semangat pada orang – orang di sekitarnya untuk ikut tergerak.
4. Terkadang turunnya motivasi disebabkan karena fisik dan pikiran kita yang terlalu lelah. Untuk itu sebaiknya sempatkan waktu Anda untuk tidur atau beristirahat sejenak, agar dapat mengembalikan energi dan motivasi diri Anda yang telah menurun.
5. Sesekali atur ulang jadwal ruitinitas harian Anda, agar tidak merasa jenuh dan bosan dengan kegiatan yang dilakukan. Misalnya dengan memindahkan rutinitas yang biasa dikerjakan pagi hari menjadi dikerjakan di sore hari, begitu juga sebaliknya rutinitas sore bicoba dikerjakan pada pagi hari. Hal itu untuk mengurangi rasa jenuh yang dapat menurunkan motivasi seseorang.
6. Terapkan kedisiplinan pada diri Anda. Karena dengan disiplin seseorang akan selalu berkomitmen untuk menuju impian yang diinginkannya. Ketahuilah bahwa motivasi yang kuat serta kedisiplinan diri, akan membawa Anda pada kesuksesan. Salam sukses.

sumber gambar : http://www.drivenleaders.com/wp-content/uploads/2008/08/motivation.jpg dan http://fitlanthropist.com/wp-content/uploads/2010/02/motivation.jpg

Video Praktisi

Temukan Ide Bisnis dari Hobi Travelling