Tips Menjaga Kepercayaan Konsumen di Ranah Online

/ / Pemasaran /

kepercayaan konsumen di bisnis onlineBanyaknya kasus penipuan di dunia maya, sedikit banyak mulai mempengaruhi tingkat kepercayaan para pelanggan. Bahkan tak jarang calon pembeli yang memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian dari toko online diselimuti rasa takut dan ragu akan benar tidaknya situs toko online yang mereka kunjungi.

Adanya ketakutan dan kurang percayaan dari para pelanggan seperti ini tentunya bisa diatasi dengan beberapa cara. Berikut kami informasikan tips menjaga kepercayaan konsumen di ranah online.

  • Sediakan informasi yang dibutuhkan konsumen

Lain halnya dengan toko konvensional, di toko online para konsumen tidak bisa mencoba produk yang akan mereka beli. Karena itu, sebaiknya seorang pebisnis online menuliskan informasi produk secara rinci, mulai dari bahannya, ukurannya, warnanya, hingga model dari produk tersebut. Informasi yang lengkap mengenai sebuah produk bisa membantu calon pelanggan untuk memutuskan, apakah ia mau membeli produk itu atau tidak. Yang paling penting, jika informasi pada deskripsi produk itu sesuai dengan kondisi barang yang sebenarnya, pembeli akan memberikan kepercayaan besar pada bisnis toko online Anda.

  • Kuatkan kepercayaan pelanggan dengan testimoni

testimoni konsumenSebelum membeli sebuah produk, biasanya calon konsumen melakukan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai produk tersebut. Mereka bahkan sengaja menggali dan mengumpulkan informasi tentang produk yang akan dibeli melalui testimonial serta review dari para pelanggan sebelumnya. Kehadiran testimonial dan review produk ternyata cukup membantu calon konsumen untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk yang akan ia beli. Selain itu, rasa percaya pembeli bisa bertambah saat membaca testimonial atau review yang bernada positif.

  • Tunjukkan bila Anda peduli dengan mereka “We care!

Perhatian dan kepedulian penjual di ranah online dapat menimbulkan kepercayaan calon pelanggan. Karena itu sebagai penjual sebaiknya Anda membuat pernyataan bahwa setiap data personal para pembeli akan aman dan tidak akan disalahgunakan. Hal ini penting, sebab tidak menutup kemungkinan bila data konsumen Anda menjadi incaran para pelaku bisnis online lainnya untuk mempromosikan produk-produk mereka.

  • Menerima pengembalian barang yang rusak

Dalam melayani transaksi jual beli online, informasikan pula mengenai syarat dan cara pengembalian barang yang mengalami kerusakan ketika diterima para konsumen. Misalnya saja seperti pengembalian produk jika produk tersebut mengalami kerusakan, pesanan produk ada yang kurang, atau ukurannya tidak sesuai dengan permintaan konsumen.

  • Permudah konsumen agar bisa menghubungi pengelola toko online

Kepercayaan konsumen juga bisa terjaga ketika mereka mengetahui bagaimana cara menghubungi penjual saat mereka mendapati kesulitan dalam bertransaksi. Oleh karena itu, sediakan informasi secara rinci dan akurat mengenai contact person Anda yang dapat dihubungi konsumen setiap saat.

Semoga informasi tips bisnis online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk segera merintis usaha di ranah maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.hipipo.com/5star/sites/default/files/styles/large/public/field/image/onlineshopping-security.jpg
2. http://www.solutionseconomics.com/files/testimony.jpg