sepatu wanitaMengamati perkembangan trend pasar anak muda, memang seakan-akan tak pernah ada habisnya. Bahkan bila kita amati secara teliti, hampir setiap bulan ada saja trend baru yang digandrungi para anak muda atau ABG di Indonesia. Entah itu perubahan gaya fashion, aneka menu makanan dan minuman, jenis perawatan dan kecantikan, produk hiburan, serta beberapa jenis produk lain yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari para anak muda.

Kondisi ini tentunya cukup potensial bila dibidik para pengusaha sebagai target pasar yang cukup menguntungkan. Namun, selain memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usaha, perubahan trend pasar anak muda yang cenderung cepat berubah ini memberikan tantangan besar bagi para pelaku usaha untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin hari kian beragam.

Karenanya, untuk menghadapi ketatnya persaingan di bisnis yang membidik konsumen anak muda sebagai pasar potensialnya. Berikut ini kami informasikan beberapa tips pemasaran membidik konsumen anak muda yang bisa Anda praktekan dalam menjalankan sebuah usaha.

  • Lakukan survey pasar dengan melibatkan anak muda secara langsung

Untuk mengetahui minat dan kebutuhan anak muda zaman sekarang, tentunya Anda harus terjun langsung ke lapangan dan melakukan survey pasar untuk mendapatkan data pendukung yang benar-benar akurat. Dalam survey tersebut Anda bisa melibatkan para responden yang berasal dari kalangan anak muda, misalnya saja dari yang berusia 14 tahun (ABG) sampai remaja yang menginjak usia 24 tahun. Lakukan wawancara secara langsung untuk mendapatkan data akurat dari lapangan, adakan kegiatan promosi yang mengikutsertakan konsumen secara langsung, dan amati kebiasaan mereka untuk mengetahui kegemaran yang mereka senangi.

  • Buatlah produk yang limited edition

Sebagian besar pengusaha distro berhasil meraih sukses, karena mereka menciptakan produk-produk limited edition untuk memberikan pelayanan spesial kepada para konsumennya. Melalui desain produk yang terbatas, secara tidak langsung produsen ingin memberikan nilai tambah pada produk tersebut, sehingga kualitas produk yang Anda tawarkan tidak sama dengan produk-produk lainnya yang ada di pasaran. Hal inilah yang menjadikan produk-produk distro diminati konsumen anak muda, karena desain yang ditawarkan terlihat lebih eksklusif dan menghadirkan kreativitas yang cukup tinggi.

  • Update terus produk Anda untuk menghindari kebosanan konsumenmakanan-dan-minuman

Selain menghadirkan produk unggulan dengan desain limited edition, tentunya Anda juga dituntut  untuk selalu update dalam memenuhi selera konsumen. Gaya hidup anak muda yang cenderung serba dinamis, menjadikan mereka cepat bosan dengan sebuah produk yang biasa (monoton). Sehingga tidak heran bila mereka lebih senang mencoba produk-produk baru yang menawarkan keunikan dan keunggulan lebih menarik. Kebiasaan seperti ini sering kita lihat ketika kalangan anak muda sedang memilih produk fashion, memilih program hiburan, maupun mencicipi produk kuliner unik yang memancing rasa penasaran mereka.

  • Rangkul komunitas tertentu untuk membangun loyalitas konsumen

Meskipun segmen pasar anak muda tergolong masih sangat labil dan cepat bosan dengan sebuah produk, namun tidak menutup kemungkinan Andapun bisa menjaringnya sebagai konsumen setia Anda. Yang terpenting adalah rangkul komunitasnya agar mereka tidak segan-segan ikut mempromosikan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Cobalah dengan mensponsori kegiatan komunitas yang mereka jalankan, dan jadikan mereka sebagai partner bisnis Anda agar loyalitas mereka mulai terbangun dengan sendirinya.

  • Manfaatkan brand ambassador yang digemari kalangan anak muda

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan beberapa tokoh yang cukup populer atau public figure yang sedang digandrungi anak muda zaman sekarang, sebagai brand ambassador dari produk yang Anda tawarkan. Strategi ini cukuplah efektif, sebab tidak hanya bisa meningkatkan nilai tambah produk Anda namun juga bisa memancing rasa penasaran para konsumen.

Dengan memahami kebiasaan dan kegemaran para remaja, kedepannya diharapkan pemasaran bisnis Anda bisa berkembang lebih maksimal dan omset penjualan yang didapatkan bisa meningkat pesat setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

[mb-bahaya]

Sumber gambar :
1. http://4.bp.blogspot.com/-o6dH82resdA/TwjJshLSoxI/AAAAAAAAAxc/LKruZAKUPCE/s1600/Sepatu_wanita_terbaru.jpg
2. http://images.detik.com/content/2012/04/04/900/bsfroyofotodepan.jpg