Tips Pemasaran Membidik Target Pasar Dengan Bijak

target marketKetatnya persaingan pasar dan maraknya peluang bisnis baru yang bermunculan, mendorong para pengusaha maupun pelaku pasar untuk lebih jeli dan teliti dalam membidik calon konsumennya. Mengapa begitu? Sebab, dengan membidik target pasar yang jelas, sebuah perusahaan bisa menentukan produk apa saja yang akan mereka pasarkan dan menyesuaikan keunggulan produknya dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen.

Tentu ini sangatlah penting dalam menjalankan strategi pemasaran, mengingat target pasar merupakan sekelompok prospek (calon konsumen) yang memiliki daya beli cukup tinggi bahkan bisa dikatakan sangat potensial untuk mendatangkan transaksi penjualan bagi bisnis Anda. Jadi, tidaklah heran bila sebagai pelaku usaha Anda perlu membidik target pasar dengan baik untuk mendatangkan untung besar bagi perusahaan yang Anda jalankan.

Nah, agar para pemula maupun pelaku usaha tidak salah dalam membidik target pasar. Berikut ini kami informasikan beberapa tips pemasaran membidik target pasar dengan bijak yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalankan strategi pemasaran.

Tips pertama, pastikan bila target pasar yang Anda bidik cukup spesifik. Banyak pengusaha yang mengikrarkan bahwa produknya cocok untuk digunakan semua kalangan, padahal yang dimaksudkan “semua kalangan” tentunya sangat luas. Sehingga untuk memenangkan persaingan pasar, Anda perlu menentukan target pasar yang lebih spesifik untuk mengoptimalkan keunggulan produk Anda. Misalnya saja Anda membidik kalangan remaja putri untuk memasarkan produk fashion, maka Anda memiliki calon pelanggan yang cukup jelas sehingga bisa mengoptimalkan kualitas produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan remaja putri yang Anda bidik.

target-pasarTips kedua, bila perlu bidik target pasar yang Anda kenali. Untuk memenangkan persaingan pasar, tentunya Anda harus mengenal terlebih dahulu pangsa pasar yang hendak Anda bidik. Dengan begitu, Anda bisa memahami betul apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen di lapangan. Contohnya saja bila Anda seorang ibu rumah tangga yang merintis bisnis rumahan, maka tidak ada salahnya jika kemudian Anda membidik target pasar dari kalangan ibu rumah tangga pula. Strategi ini terbilang cukup efektif, karena sebagai sesama ibu rumah tangga tentunya Anda benar-benar memahami kebutuhan dan keinginan yang banyak dicari calon konsumen.

Tips ketiga, utamakan target pasar yang terjangkau. Meskipun sekarang ini peran internet cukup memudahkan pelaku usaha untuk menembus jarak dan waktu dengan cara yang terbilang mudah dan juga murah. Namun sebaiknya Anda mengutamakan target pasar yang mudah dijangkau (lokal) sebelum akhirnya melakukan ekspansi ke pasar nasional maupun internasional yang jangkauan pasarnya lebih luas.

Setelah memahami tiga poin penting dalam membidik target pasar, kini giliran Anda untuk mencoba menjalankannya langsung di pasaran untuk mendatangkan untung besar setiap bulan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://solotechpros.com/wp-content/uploads/2012/07/ReachingTargetMarket.jpg
2. http://www.calypso-pos.com/blog/wp-content/uploads/target_market.jpg