Dunia anak – anak memang selalu identik dengan bermain dan bermain.

Video Praktisi

Tips Menghadapi Kompetitor, Owner Poyeng Knit Shop

Dengan bermain mereka dapat menemukan keceriaan serta pembelajaran baru untuk menggoptimalkan segala potensi yang ada di dalam diri anak. Oleh karena itu selain alat bermain yang hanya bisa memberikan hiburan serta keceriaan anak, diperlukan pula alat bermain yang dapat membantu meningkatkan segala potensi baik dari segi motorik, kognitif, afektif, hingga daya kreatifitas anak. Salah satu mainan edukatif yang dapat membantu pengembangan potensial anak adalah boneka tangan.

Karena hampir semua anak menyukai boneka, memberikan inspirasi bagi salah satu pengrajin kota Jogja untuk membuka usaha kerajinan boneka tangan. Boneka tangan mungkin belum banyak digemari anak – anak, mereka hanya sekedar mengetahui boneka tangan dari para pendongeng yang sering menggunakan boneka tangan sebagai alat bantu mereka saat sedang bercerita. Namun seiring dengan perkembangan jaman, saat ini para pengrajin boneka tangan lebih kreatif dalam menciptakan karya – karyanya. Misalnya saja dengan menambah variasi bentuk boneka tangan, seperti berbagai macam bentuk hewan, serta tokoh – tokoh orang dekat yang ada di sekitar anak – anak misalnya saja ayah dan ibu. Sehingga kini anak – anak mulai mengetahui dan tertarik dengan boneka tangan yang ada di pasaran.

Selain bentuknya yang unik diminati anak – anak, boneka tangan juga banyak dipakai oleh para pengajar untuk mempermudah anak – anak dalam mengingat materi yang disampaikan. Sehingga produk boneka tangan memiliki lingkup pasar yang cukup besar, karena selain dicintai anak – anak juga dibutuhkan oleh dunia pendidikan. Besarnya pasar yang ada dapat dijadikan sebagai salah satu peluang untuk mencoba usaha boneka tangan tersebut.

Hanya dengan modal yang tidak terlalu besar, seseorang dapat membuat boneka tangan yang dapat menarik minat para konsumen. Misalnya saja boneka tangan asal jogja ini, boneka tangan tersebut dibuat dengan sisa kain yang dijadikan baju boneka, serta membuat kepala boneka menggunakan kayu yang dilapisi cat berbentuk seperti hewan ataupun tokoh yang diminati. Uniknya kerajinan boneka tangan tersebut, biasa dipasarkan dengan harga yang bervariasi pula sekitar Rp 15.000,00  samapi Rp 25.000,00. Dengan harga jual yang dipasarkan, para pengrajin telah mendapatkan untung yang cukup besar setiap bulannya. Uniknya kerajinan boneka tangan mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu peluang sukses bisnis kerajinan yang dapat dicoba oleh Anda. Salam sukses selalu untuk kita semua.

sumber gambar : Tim Bisnis UKM