Peluang Usaha Kue Donat Talas, Untungnya Mengalir Deras

ilustrasi usaha kue donatBerburu laba manis di bisnis kuliner, memang seakan tak pernah ada ruginya. Berbagai macam panganan bahkan mulai diciptakan para pelaku usaha, untuk menarik minat para konsumennya.

Dari sekian banyak jenis makanan ringan yang beredar di pasaran, kue donat merupakan salah satu jajanan yang tak lekang di makan zaman. Resep sederhana yang menurut sejarahnya berasal dari Negara Amerika ini bahkan mulai dikreasikan para pelaku usaha dalam berbagai macam pilihan bahan. Sebut saja seperti kue donat talas yang belakangan ini mulai dipopulerkan masyarakat Indonesia sebagai jajanan lokal yang bercitarasa internasional.

Bila sebelumnya ada kreasi donat kentang yang sekarang ini keberadaannya mulai mewabah di berbagai penjuru daerah, sekarang ini kue donat talas mulai diangkat masyarakat lokal untuk memanfaatkan potensi umbi talas yang cukup melimpah di beberapa daerah di Nusantara. Citarasanya yang tak kalah lezat dari donat kentang maupun donat umumnya yang terbuat dari tepung terigu, menjadikan usaha kue donat talas sebagai salah satu peluang bisnis yang patut diperhitungkan keuntungannya.

Konsumen
Donat merupakan panganan yang telah dikenal baik oleh masyarakat dunia. Bentuk donat pun sekarang ini bermacam-macam, mulai dari bentuk bulat berlubang ditengahnya, donat kotak, donat bulat tanpa lubang, sampai donat berbentuk bunga atau love (jantung hati) yang memancing minat para konsumen.

Di Indonesia maupun di beberapa negara tetangga, konsumen donat meliputi semua kalangan masyarakat. Baik itu kalangan masyarakat menengah ke bawah hingga masyarakat kelas atas dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang tua, rata-rata menggemari kue donat sebagai salah satu roti yang dinilai praktis, mengenyangkan, dan menawarkan beragam jenis varian rasa.

Info Bisnis
Sejak dulu hingga sekarang, kue donat terkenal sebagai makanan ringan yang murah dan mengenyangkan. Meskipun begitu, panganan yang dijual dengan harga terjangkau ini ternyata bisa mendatangkan omzet hingga puluhan juta bila dikembangkan dengan optimal. Penasaran ingin mendatangkan omzet besar dari usaha kue donat talas?

Berikut kami informasikan beberapa persiapan bisnis yang perlu Anda perhatikan, beserta resep kue donat talas yang bisa Anda coba dari dapur rumah Anda.

  1. Donat yang enak dan disukai konsumen adalah donat yang empuk bila digigit, tidak alot atau keras, tidak menyerap banyak minyak, bertekstur lembut dan halus, serta memiliki tampilan yang menarik. Karena itu poin pertama yang perlu Anda persiapkan adalah mencari resep kue donat yang pas, dan meminta masukan dan kritik dari keluarga terdekat yang mencicipi kue donat buatan Anda.
  2. Perhatikan kualitas bahan baku dan kebersihan peralatan yang Anda gunakan. Untuk memenuhi kebutuhan umbi talas yang digunakan, Anda bisa menggandeng para petani lokal di sekitar Anda untuk memenuhi pasokan umbi talas setiap bulannya. Pastikan pula seluruh peralatan yang Anda gunakan terjaga kebersihannya, sehingga citarasa kue donat yang Anda hasilkan bisa terjaga kualitasnya.
  3. Untuk mendukung daya saing produk kue donat talas, perhatikan pula kemasan produk yang Anda gunakan. Untuk kemasan donat ecer, Anda bisa menggunakan plastik mika (seperti mika untuk burger) atau menggunakan kemasan plastik bening berlabel. Sedangkan untuk kemasan paket lusinan, Anda bisa menggunakan box cantik bergambarkan label dan gambar produk yang bisa mempercantik penampilan donat Anda.
  4. Bangunlah jaringan pemasaran seluas-luasnya. Untuk tahap awal, Anda bisa memasarkan produk donat talas di sekitar kampus atau lingkunan kost-kostan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan orang-orang terdekat Anda, seperti misalnya keluarga, teman kerja, kerabat dekat, teman sekolah, dan lain sebagainya. Bila kue donat talas Anda telah diterima pasar dengan baik, tak ada salahnya bila Anda membuka gerai donat talas dan memperluas jangkauan pemasaran dengan sistem waralaba.
  5. Berikut kami informasikan pula salah satu resep kue donat talas yang bisa Anda coba dengan mudah.

Resep Kue Donat Talas

Bahan :

  • donat talas400 gram tepung terigu
  • 150 gram talas kukus, haluskan
  • 1 bungkus ragi instan
  • 75 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 100 ml air
  • 100 gram margarin
  • 1/8 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Toping donat (coklat dilelehkan, meses, kacang almon, keju, cocochip, dll)

Cara membuat :

  1. Aduk tepung, talas (yang telah dihaluskan), ragi instan, gula, telur, dan air. Uleni sampai adonan kalis.
  2. Tambahkan margarin dan garam. Kemudian uleni lagi hingga adonan elastis. Diamkan adonan 30 menit sambil ditutup dengan kain bersih yang telah dibasahi.
  3. Kempiskan adonan lalu timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan masing-masing adonan 30 gram tersebut, lalu lubangi tengahnya. Diamkan selama 15 menit.
  4. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng donat. Setelah itu goreng adonan donat dalam minyak padat panas sampai kedua sisinya kecokelatan.
  5. Setelah dingin, celupkan donat kedalam cokelat yang telah dilelehkan. Biarkan dingin, bila suka bisa ditambahkan dengan toping diatasnya seperti misalnya almon, keju, cocochip, meses, dan lain sebagainya.
  6. Kemas donat dalam plastik mika atau box yang berlabel merek produk Anda, dan kue donat talas pun siap untuk di pasarkan.

Kelebihan Bisnis
Citarasa kue donat yang sudah sangat familiar dengan seluruh lapisan masyarakat, memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis kue donat talas. Dengan pilihan toping yang beraneka macam, produk kue donat talas tak kalah bersaing dengan produk kue lainnya. Kelebihan inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan baik sehingga mendatangkan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.

Bahkan mengingat tambahan bahan umbi talas masih sangat jarang digunakan para pelaku bisnis donat lainnya, tidak menutup kemungkinan bila nilai tambah tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi para konsumen. Sehingga mereka penasaran dengan citarasa kue donat talas, dan tertarik memborong produk donat yang Anda pasarkan. Untuk itu, pastikan bila produk kue donat talas yang Anda pasarkan memiliki kualitas yang terjaga agar konsumen Anda tidak hanya penasaran dengan citarasa talas yang Anda tambahkan, namun juga mulai ketagihan dengan citarasa kue donat talas yang Anda produksi.

Kendala Bisnis
Usaha kue donat talas disamping menjanjikan keuntungan yang cukup besar dan pangsa pasarnya yang masih sangat luas, peluang bisnis ini memiliki resiko bisnis yang dibilang tidak kecil. Kendala usaha yang paling sering ditemui para pengusaha donat adalah masa kadaluarsa yang terbilang singkat. Rata-rata donat hanya bisa bertahan selama 4 hari, setelah itu donat akan basi (teksturnya keras dan berjamur) sehingga tidak layak konsumsi. Untuk menghindari resiko tersebut, ada baiknya bila Anda memperkirakan kapasitas produksi setiap harinya sesuai dengan besarnya permintaan di pasaran. Bila perlu untuk mengawali bisnis ini Anda bisa membuat patokan minimal produksi 100 buah donat per hari untuk menjajaki pasar, baru kemudian meningkatkan kapasitas produksi sesuai dengan banyaknya permintaan dari konsumen.

Strategi Pemasaran

kemasan donatSebelum menyusun strategi pemasaran yang ingin Anda jalankan, terlebih dahulu tentukan target pasar yang hendak Anda bibik. Hal ini penting karena strategi pemasaran yang dijalankan para pelaku usaha harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter market yang dibidik. Apabila Anda membidik kalangan masyarakat menengah ke bawah, maka tidak ada salahnya bila Anda memasarkan kue donat talas dengan menitipkannya di beberapa warung, toko roti dan kue, toko oleh-oleh, kantin sekolah, kantin perkantoran, dan menjaring para agen donat untuk memasarkan kue donat talas dengan cara berkeliling ke beberapa tempat pemukiman warga.

Namun, apabila Anda membidik kalangan masyarakat menengah ke atas sebagai target pasar yang hendak Anda bidik. Maka persiapkan kedai donat dengan konsep mini cafe, kemudian dukung produk dengan kemasan eksklusif agar konsumen kelas atas juga tertarik mampir ke kedai donat Anda. Dikemas dengan konsep pemasaran yang eksklusif, tidak menutup kemungkinan bila konsumen kelas atas pun tak sungkan-sungkan berlangganan ke kedai donat milik Anda bila kualitas produk serta pelayanan yang diberikan cukup optimal. Bila pertumbuhannya relatif bagus, tak ada salahnya bila kemudian Anda membuka peluang kerjasama bagi masyarakat umum yang tertarik bergabung menjadi mitra waralaba Anda.

Kunci Sukses
Yang terpenting dalam menjalankan bisnis kue donat talas, pastikan bila pengolahannya memanfaatkan bahan berkualitas dan menggunakan peralatan yang higienis. Dengan begitu, citarasa produk olahan talas yang dihasilkan bisa lebih terjaga dan konsumen Anda tak berpaling ke pelaku bisnis kue lainnya. Kunci kesuksesan yang kedua yaitu melengkapi produk dengan kemasan yang menarik agar konsumen Anda terpancing untuk membeli produk donat talas yang dipasarkan.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Memproduksi kue donat talas dan menitipkannya di warung-warung.

Modal Awal
Kompor gas 1 tunggu dan tabung gas 3 kg                    Rp   200.000,00
1 buah mixer                                               Rp   300.000,00
Loyang roti ukuran 40 x 60 cm                              Rp   150.000,00
Alat penggorengan berukuran besar                          Rp   150.000,00
Timbangan digital                                          Rp   450.000,00
Baskom plastik dan toples tempat toping                    Rp   200.000,00+
Total                                                      Rp 1.450.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan 2 tahun :
1/24 x Rp 1.450.000,00          =          Rp 60.500,00

Biaya operasional per bulan
Belanja bahan baku : (Rp 150.000,00/ hari x 25 hari) Rp 3.750.000,00
Kemasan mika dan box                                        Rp   500.000,00
Tabung gas 3 kg (@ Rp 15.000,00 x 6 tabung)                 Rp    90.000,00
Biaya transportasi dan komunikasi                           Rp   200.000,00
Biaya penyusutan alat                                       Rp    60.500,00+
Total                                                       Rp 4.600.500,00

Omzet per bulan
Per hari rata-rata laku 100 buah donat dengan harga @ Rp 3.000,00
Omzet per bulan : @ Rp 3.000,00 x 100 buah x 25 hari        Rp 7.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 7.500.000,00 - Rp 4.600.500,00                =          Rp 2.899.500,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)             =          < 1 bulan

Nah, setelah membaca artikel peluang bisnis olahan talas yang mengangkat usaha kue donat talas, untungnya mengalir deras, kini giliran Anda untuk mengaplikasikannya langsung di lapangan dan mendatangkan keuntungan besar setiap bulan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://images6.fanpop.com/image/photos/33300000/YUMMY-DONUTS-donuts-33393361-1366-768.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/-w_9l7do7r0k/T_x6M66Oa3I/AAAAAAAACcc/-3eHGf_Cymo/s1600/DSCN5607.JPG
3. http://www.sierraus.com/wp-content/uploads/2013/03/Dunkin-donuts-Halloween-Lifestyle.jpg
  •  
  •  
  •  
  •