ilustrasi usaha kue donatBerburu laba manis di bisnis kuliner, memang seakan tak pernah ada ruginya. Berbagai macam panganan bahkan mulai diciptakan para pelaku usaha, untuk menarik minat para konsumennya.

Dari sekian banyak jenis makanan ringan yang beredar di pasaran, kue donat merupakan salah satu jajanan yang tak lekang di makan zaman. Resep sederhana yang menurut sejarahnya berasal dari Negara Amerika ini bahkan mulai dikreasikan para pelaku usaha dalam berbagai macam pilihan bahan. Sebut saja seperti kue donat talas yang belakangan ini mulai dipopulerkan masyarakat Indonesia sebagai jajanan lokal yang bercitarasa internasional.

Bila sebelumnya ada kreasi donat kentang yang sekarang ini keberadaannya mulai mewabah di berbagai penjuru daerah, sekarang ini kue donat talas mulai diangkat masyarakat lokal untuk memanfaatkan potensi umbi talas yang cukup melimpah di beberapa daerah di Nusantara. Citarasanya yang tak kalah lezat dari donat kentang maupun donat umumnya yang terbuat dari tepung terigu, menjadikan usaha kue donat talas sebagai salah satu peluang bisnis yang patut diperhitungkan keuntungannya.

Konsumen
Donat merupakan panganan yang telah dikenal baik oleh masyarakat dunia. Bentuk donat pun sekarang ini bermacam-macam, mulai dari bentuk bulat berlubang ditengahnya, donat kotak, donat bulat tanpa lubang, sampai donat berbentuk bunga atau love (jantung hati) yang memancing minat para konsumen.

Di Indonesia maupun di beberapa negara tetangga, konsumen donat meliputi semua kalangan masyarakat. Baik itu kalangan masyarakat menengah ke bawah hingga masyarakat kelas atas dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang tua, rata-rata menggemari kue donat sebagai salah satu roti yang dinilai praktis, mengenyangkan, dan menawarkan beragam jenis varian rasa.