Usaha Pembuatan Bumbu Pecel

bumbu-pecel-istimewa-2Pecel merupakan makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Jawa. Makanan yang berisi sejumlah sayuran tertentu yang hanya direbus sangatlah nikmat dipadukan dengan bumbu kacang yang begitu enak. Kadang sayuran tersebut hanya dikukus. Cita rasa dari pecel ini sebenarnya terletak pada bumbunya.

Bumbu pecel cukup banyak dijual di berbagai tempat baik pasar tradisional maupun supermarket-supermarket. Tim bisnisukm berhasil menemui salah satu pembuatnya, Caroline Suteja Kumala. Usaha ini awalnya digeluti oleh sang nenek sejak tahun 1960. Dari racikan sang neneklah, bumbu pecel dengan merek “Istimewa” ini cukup dikenal banyak orang.

tto

Ditemui tim bisnisukm dirumahnya, ibu muda ini menceritakan bahwa bumbu pecel buatannya mempunyai keunggulan pada pemilihan bahan bakunya. Kualitas kacang yang sangat baik dan minyak segel bukan curah untuk menggoreng kacang merupakan kuncinya dalam membuat bumbu pecel “Istimewa”. Bahan baku tersebut biasa dibelinya di pasar Beringharjo, Yogyakarta. Bumbu pecel “Istimewa” juga dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan penambahan MSG.

Selain menjual bumbu pecel, produk yang ditawarkan ibu Caroline adalah kering kentang, kering teri dan kriptang alias keripik kentang. Juga terdapat bumbu pecel yang dikemas dalam toples bening ukuran 500 gr. Harganya juga bervariasi. Untuk bumbu pecel dengan kemasan plastik 250 gr dijual seharga 6500 rupiah, kering kentang 200 gr seharga 14.000 rupiah, kering teri 200 gr seharga 15.000 rupiah dan kriptang 100 gr dengan harga 7.500 rupiah.