pengusaha roti rumahanKetatnya persaingan pasar dan banyaknya perusahaan besar yang mulai bermunculan, membuat usaha rumahan perlahan-lahan mulai tersingkirkan. Namun, kondisi ini ternyata tidak berlaku bagi Syarifah Azizah dan putra bungsunya Syarief Baihaqi yang berhasil memperkenalkan Gadrie Food sebagai salah satu usaha roti rumahan yang sukses di pasar kalangan atas.

Mengawali usahanya sekitar tahun 2000-an, cikal bakal Gadrie Food dulunya adalah bisnis katering yang dikelola oleh Syarifah Azizah. Hobi memasak yang Ia miliki dicurahkan dengan segenap hati untuk melestarikan masakan asli Timur Tengah yang menjadi tanah kelahiran leluhurnya. Pada saat itu produk andalannya yaitu nasi kebuli, roti jala dan roti maryam. Hidangan khas Timur Tengah ini biasa disajikan untuk hajatan besar seperti acara pesta pernikahan.

Setelah beberapa tahun berjalan menekuni bisnis katering yang Ia kembangkan, Syarifah mulai kerepotan menghadapi pesanan konsumen yang semakin membludak. Melihat kondisi yang semakin crowded, Syarief Baihaqi sebagai salah satu putranya mulai terdorong untuk ikut terjun menangani bisnis rumahan tersebut sejak tahun 2005 silam.

Semenjak dipegang Syarief, manajemen usaha Gadrie Food mulai mengalami perombakan di berbagai bidang. Mulai dari kemasan produk yang di desain lebih menarik, pengurusan surat izin usaha meliputi pendaftaran hak paten dan sertifikasi BPOM, hingga perbaikan sistem pemasaran produk, semuanya menjadikan produk unggulan Gadrie Food mulai digemari konsumen dari papan atas. Dari sinilah, Syarifah mulai fokus mengurus aktivitas produksi, sedangkan kepemimpinan bisnisnya sudah dipegang Syarief Baihaqi yang sekarang ini bertindak sebagai CEO Gadrie Food.

Produk unggulan yang diusung oleh usaha roti rumahan ini adalah roti maryam dan roti sambousa. Sedikitnya ada dua varian roti maryam yang diproduksi oleh Syarifah, yang pertama yaitu roti maryam Gadrie dan satu lagi adalah roti maryam Sylvana. Sedangkan roti sambousa diproduksi dalam tiga varian rasa yaitu sambousa rasa ayam, sapi, dan sayur. Dengan menjaga kualitas bahan baku dan keaslian resep yang digunakan, aneka macam produk frozen food khas Timur Tengah ini berhasil mencuri perhatian konsumen kelas atas dan dibandrol dengan harga cukup tinggi di pasaran.

bersambung ke halaman berikutnya ....