Waspada! 4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Usahamu Jatuh Bangkrut

4 kebiasaan buruk yang bisa bikin usahamu bangkrutMenjadi seorang atasan sekaligus anak buah untuk perusahaan sendiri ternyata bukanlah perkara yang mudah. Tak hanya dituntut untuk bisa totalitas dalam menjalankan usaha. kamu juga harus rela mengesampingkan segala urusan di luar bisnis agar pikiranmu tak sampai terbagi dua.

Mungkin bagi sebagian orang yang tak menyukai tantangan, mereka pasti akan bertanya -tanya mengapa kamu mau jadi pengusaha dan memilih jalur yang penuh pengorbanan tersebut. Ada banyak tantangan dan resiko yang harus kamu hadapi, bahkan tak menutup kemungkinan bisnismu harus mengalami kebangkrutan hanya karena kebiasaanmu dalam menjalankan usaha.

Nah, agar kemungkinan buruk ini tak sampai terjadi pada usahamu. Sebaiknya mulai sekarang waspadai 4 kebiasaan buruk yang sebelumnya sering kamu sepelekan, berikut ulasan lengkapnya dikutip dari Belajar.me.

1. Sekedar ikut-ikutan trend, tanpa punya target yang jelas

Anda perlu mempunyai visi misi yang jelas dalam menjalankan bisnis. Visi misi tersebut harus dibuat saat ingin membangun bisnis. Tanpa visi misi yang jelas bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik karena Anda tidak tahu tujuan apa yang ingin dicapai.

2. Mencoba melakukan segalanya sendirian

Meski bisnis yang Anda bangun berasal dari ide sendiri dan awalnya berusaha diwujudkan sendiri, jangan ragu untuk meminta pertolongan orang lain ketika beban semakin berat. Ketika tumbuh semakin besar, bisnis makin sulit dikendalikan. Jadi jangan membuatnya semakin rumit disaat semuanya bisa jadi lebih sederhana.

Baca Juga Artikel Ini :

6 Tips Promosi Agar Bisnis Warung Sembako Laris dan Anti Bangkrut!

5 Cara Menghindari Kebangkrutan Saat Memulai Bisnis di Tahun Pertama

3. Kebiasaan menunda bisa jadi bumerang bagi pengusaha

Kebiasaan menunda sering kali menjadi kebiasaan hampir semua orang. Mulai dari menunda membalas email, menunda mencatat pengeluaran pembelian, dan sebagainya. Beberapa pekerjaan memang membosankan untuk dikerjakan. Tapi dalam bisnis setiap langkah bisa menentukan kesuksesan. Jangan biarkan menunda menjadi alasan tidak tercapainya target di tahun 2017.

4. Tak punya persiapan, membuat bisnismu setengah matang

Baik karena alasan menunda atau memang terlalu percaya diri, tidak punya persiapan bisa membuat reputasi bisnis jelek. Bayangkan jika misalnya hari ini Anda harus persentasi di depan klien baru, namun Anda tidak benar-benar mempersiapkan bahan persentasi. Saat kejadian yang tidak direncanakan terjadi, Anda pun gelagapan dan klien jadi tidak tertarik pada Anda.

Dalam menjalankan bisnis agar menjadi sukses perlu kerja keras, disiplin dan pantang menyerah. Semoga berhasil!