Berita UKM

Wow! Transaksi Belanja Online Melonjak Dua Kali Lipat Jelang Lebaran

belanja online naik dua kali lipat jelang lebaranMomen lebaran ternyata membawa berkah tersendiri bagi hampir semua situs belanja online. Bak pasar tradisional yang selalu ramai jelang lebaran, sekarang ini E-commerce Indonesia juga ramai dikunjungi pembeli sehingga pendapatan pebisnis online ikut terdongkrak.

Dilansir dari finance.detik.com, Ketua Umum Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), Aulia Marinto, mengatakan bila dilihat dari jumlah traffic yang meningkat hingga dua kali lipat menjelang Lebaran ini, maka tidak menutup kemungkinan pendapatan e-commerce di Indonesia juga ikut terdongkrak.

“Dengan tingkat traffic yang meningkat dua kali lipat, tentu transaksinya walaupun tidak selalu linier ya, tapi pasti meningkat. Tapi peningkatan trafficnya itu apakah sejalan dengan peningkatan pendapatan bisa iya, bisa tidak. Tetapi kalau transaksinya meningkat itu jelas,” terangnya.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Aulia juga memperkirakan, peningkatan jumlah transaksi di industri e-commerce ini diprediksi bakal terjadi hingga lebaran nanti. Setelah itu umumnya akan kembali normal seperti hari-hari biasa.

“Sampai lebaran, karena habis itu kan orang turun, ya sudah orang kan sudah pada beli. Jadi terus ditahan dulu, ya itu biasa. Mungkin mereka juga menunggu promo yang lain,” tukasnya, dikutip dari finance.detik.com.

Diskon dan Promosi Lebaran Jadi Incaran Pelanggan

Lebih lanjut Ia juga menambahkan adanya strategi promosi yang dilakukan oleh setiap e-commerce, salah satunya lewat program diskon lebaran atau promo THR ternyata berhasil menarik minat banyak pelanggan.

“Sudah pasti dengan berbagai macam promo yang dihasilkan dari partnership-partnership atau dipromokan sendiri, atau diskon. Seperti juga oflline ritel, mereka juga melakukan itu,” terang Aulia.

Strategi seperti ini jadi satu hal yang normal di industri ritel. Bahkan setiap pelaku ritel memiliki cara-cara unik untuk memberikan diskon dan promosi lebaran. Bukan hanya sekadar menurunkan harga, tapi ada value of money,” Lanjut Aulia.

Tidak hanya itu saja, untuk dapat memperkenalkan dan menarik perhatian pengunjung, Ketua Umum Asosiasi e-commerce Indonesia juga gencar promosi melalui televisi, radio, sosial media, hingga menggunakan jasa blogger.

“Berbagai macam tentu caranya, kombinasi. Coba perhatikan Lebaran ini muncul, satu kita menggunakan tradisional marketing seperti tv radio, itu kan umum. Tapi pemanfaatan sosial media secara aktif juga dilakukan. Berbagai macam triknya, memanfaatkan blogger-blogger affiliate marketing itu juga dilakukan,” tutur Aulia.