Yogyakarta sebagai kota pelajar, kota budaya, dan kota wisata. Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata nusantara. Hal ini disebabkan karena Yogyakarta selalu menghadirkan cirri khas dan keunikan tersendiri.  Yogyakarta akan dimeriahkan oleh beberapa pameran. Hal ini bertujuan untuk menambah kemeriahan budaya dan wisata di Yogyakarta sebagai kita tujuan pariwisata. Pada tanggal 7-15 November 2009 akan diadakan JOGJA FAIR 2009 (Pesta Hiburan Rakyat Jogja). Jogja Fair sebagai salah satu kegiatan yang bertujuan menggalakan perekonomian dan mengangkat potensi Jogja. Yogyakarta bukan hanya sebagai kota pelajar saja namun juga sebagai kota Industri Wisata dan Belanja.

Video Praktisi

Tips Memulai Bisnis Kerajinan

Pada pameran JOGJA FAIR ada beberapa acara yaitu :
1.    Pemilihan Miss Jogja Fair 2009
2.    Pemilihan Stand Terbaik
3.    Workshop Membatik
4.    Demo Masak
5.    Festival Kesenian Yogyakarta : Tari-tarian tradisional dan kontemporer, dll
6.    Festival Makanan Khas Yogyakarta
7.    Musik Campur Sari, Dangdut. Wayang Kulit
8.    Talk Show bersama Budayawan , Seniman-seniman asal Yogyakarta dan artis-artis Ibukota
9.    Fashion Show Batik
10.    Pawai Karnaval
11.    Replika Punokawan
12.    Pameran Benda-Benda Karya Seni
13.    Pesta Kembang Api
14.    Pagelaran Wayang kulit

Peserta dalam pameran tersebut berasal dari  Industri Otomotif: Mobil, Sepeda Motor dan Aksesorisnya, Industri Audio Video & Home Appliances, Industri Consumer Goods, Industri Cellular, Pelaku Usaha di Bidang Fashion & Aksesoris, Pelaku Usaha di Bidang Pendidikan, Industri Anak dan Buku, Pelaku Usaha di Bidang Furniture & Interior Design, Pelaku Usaha di Bidang Craft Unggulan, Pelaku Usaha Industri Pariwisata: Hotel, Resto, Galery & Travel Agent, dan lain-lain.

Yogyakarta akan dimerihakan oleh pameran kembali pada tanggal 29 Oktober – 2 November 2009 dengan tema Jogja Export Expo 2009 dengan tema yang berbeda. Tema pada pameran Jogja Export Expo 2009 adalah Business Raise Trough The Power of Creativity. Tujuan dari pameran ini adalah untuk menumbuhkan kreativitas. Kreativitas merupakan sebuah hasil pemikiran yang mampu menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai orisinalitas sehingga mampu mendorong pertumbuhan industry kreatf. Produk yang kreatif dan inovatif memiliki ketangguhan dalam menghadapi pasar global. Selain kreatif dan inovatif, produk juga harus memiliki nilai kualitas yang memenuhi standar segmen pasar yang akan dituju. Pameran ini akan diselenggarakan di Jogja Expo Center Jl Raya Janti Yogyakarta – INDONESIA.

Dengan diadakannya beberapa pameran tersebut Yogyakarta akan semakin ramai dikunjungi bak wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah ikut mengembangkan potensi daerah sehingga mampu menembus pasa global.

(Sumber gambar : www.vincent3.wordpress.com)