promosi melalui youtubeMempromosikan bisnis online memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari strategi promosi yang berbayar sampai cara berpromosi yang gratisan dapat dimanfaatkan para blogger untuk mengenalkan situs mereka kepada khalayak ramai. Sebut saja promosi produk melalui iklan baris (berbayar maupun gratis), promosi di forum online, promosi melalui email marketing, promosi melalui artikel, melalui social networking (jejaring sosial), sampai menggunakan video sebagai alat promosi di YouTube.

Video Praktisi

Roti van Java, Mencari Ide Bisnis dari Travelling

Menjadikan video sebagai salah satu media promosi, tentunya menjadi pilihan tepat bagi para pelaku bisnis online maupun offline. Metode ini cukup efektif untuk menarik minat konsumen, sehingga mereka mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu situs web video sharing (berbagi video) yang paling popular sekarang ini adalah YouTube. Setiap harinya lebih dari 20 juta orang mengunjungi situs tersebut. Sehingga peluang untuk mempromosikan bisnis online atau blog yang Anda jalankan, semakin terbuka lebar.

Melalui situs YouTube para pelaku usaha dapat meng-upload video untuk mengenalkannya kepada masyarakat luas. Video-video yang diformat .flv akan dapat diputar di berbagai web yang memiliki plugin Flash Player, jadi video Anda tidak hanya dipromosikan di pasar lokal saja, namun juga bisa ditonton dan diunduh oleh seluruh pengguna internet di berbagai negara. Cara inilah yang sering dilakukan sebagian besar pelaku bisnis online untuk memasarkan produk digital maupun jasa yang mereka tawarkan. Karena selain gratis, masih banyak lagi keuntungan lainnya yang didapatkan para blogger ketika mereka berpromosi melalui YouTube.youtube

Berikut ini beberapa keuntungan yang didapatkan para blogger ketika mereka menggunakan YouTube sebagai media promosi produk.

  • Para pengunjung YouTube (viewer) tidak segan untuk melihat video Anda secara detail dari awal sampai akhir. Bahkan tidak jarang dari mereka akan menonton video tersebut berulang-ulang, tanpa adanya asumsi bahwa video tersebut adalah iklan.
  • Jika berpromosi melalui iklan di televisi membutuhkan biaya yang mahal untuk sekali pasang. Maka di YouTube Anda dapat memasang video iklan secara gratis. Jangkauan pasarnya pun lebih luas, karena dapat diakses oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Tidak seperti televisi yang siarannya terbatas dalam kawasan tertentu.
  • Melalui YouTube, Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan para konsumen melalui kolom komentar yang ada di bawah video. Sehingga Anda dapat menjawab semua pertanyaan maupun respon dari para konsumen yang tertarik dengan penawaran bisnis Anda.
  • Anda dapat membuat video iklan sebagus mungkin, agar para pengunjung (viewer) tertarik untuk melihat video tersebut. Semakin banyak konsumen yang tertarik melihat video Anda, maka akan semakin besar pula peluang Anda untuk mengajak konsumen mengunjungi alamat blog Anda.

Nah, bagi Anda para blogger yang ingin mempromosikan peluang bisnis di internet, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan YouTube sebagai media promosi gratis yang cukup efektif. Selamat berkarya, jangan lelah untuk terus mencoba dan salam sukses!!!

sumber gambar : http://www.mysticchurch.cathellwilliams.com/wp-content/uploads/2011/02/youtubeLogo.png dan http://3.bp.blogspot.com/-kzfKC18-eMA/TVz7UsJstBI/AAAAAAAAAVQ/TlTaFAKO72s/s1600/youtube2.png