zuppa soupMungkin banyak orang yang belum familiar dengan menu kuliner zuppa soup. Menu yang diadopsi dari dataran Eropa ini memiliki cita rasa yang khas dan bentuk tampilan yang sangat unik. Terdiri dari soup krim yang kental dengan cita rasa lembut dipadu dengan renyahnya topi puff pastry yang menutupi mangkoknya, seporsi zuppa soup sangat cocok bila dinikmati dalam keadaan hangat. Sensasi rasa yang khas dengan suasana Eropa ternyata mampu dipadupadankan dengan selera masyarakat Indonesia, sehingga berhasil memikat hati penggemar kuliner nusantara.

Video Praktisi

Menyiasati Persaingan Bisnis PaperOn

Meskipun awalnya sup krim yang bertutup pastry ini menjadi menu andalan di restoran-restoran mewah dan hanya bisa dinikmati oleh konsumen kelas atas, bekalangan ini zuppa soup mulai ditawarkan pelaku usaha warung kaki lima hingga dipasarkan menggunakan both (gerobak) keliling. Strategi pemasaran ini ternyata cukup efektif sehingga pangsa pasar yang dibidik bisa semakin luas, dan menu zuppa soup mulai diburu para konsumen dari berbagai kalangan.

Minat masyarakat yang mulai memburu menu zuppa soup ternyata dimanfaatkan sebagian masyarakat sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Sebut saja Danang Agung Satria pengusaha kuliner di Yogyakarta yang sengaja membidik kalangan anak muda dengan menyajikan menu zuppa soup yang harganya sangat terjangkau yaitu Rp 8.000,00/porsi. Bahkan ada pula pengusaha lainnya yang mulai menawarkan menu zuppa soup sebagai peluang bisnis investasi franchise makanan yang biayanya sangat terjangkau.

Semua ini menjadi bukti nyata bagi kita semua bahwa zuppa soup  ini memiliki potensi bisnis yang cukup besar. Jadi, bagi Anda yang sedang bingung mencari inspirasi bisnis, tidak ada salahnya bila Anda mencoba menginovasikan zuppa soup sebagai ide bisnis Anda.

Nah, bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini, berikut kami informasikan resep pembuatan zuppa soup yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Zuppa Soupresep zuppa soup

Bahan puff pastry :
1000 gram tepung terigu
20 gram garam
450 ml air es
100 gram mentega tawar
650 gram shortening pastry

Bahan olesan pastry :
1 butir kuning telur
1 butir telur
1,5 gram garam

Bahan soup:
10 gram mentega
1,5 gram bawang putih cincang
5 gram bawang bombay cincang
32 gram sosis sapi, potong kotak-kotak
32 gram smoked beef, potong kotak-kotak
10 gram tepung maizena
170 gram susu cair
0,3 gram lada putih
0,2 gram pala bubuk
0,5 gram garam
1,2 gram penyedap rasa
20 gram daun bawang, iris tipis

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung terigu, garam, dan mentega tawar, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk sampai ¾ kalis.
  2. Istirahatkan adonan di dalam freezer selama sekitar 15 menit.
  3. Tipiskan adonan, taruh shortening pastry yang sudah ditipiskan, lalu lipatlah menjadi single-double-double. Setiap setelah melipat, istirahatkan adonan selama 10 menit di dalam freezer.
  4. Selanjutnya tipiskan adonan setebal 4 mm, lalu potong berbentuk bundar dan tutupkan di atas tempat soup. Oleskan permukaan pastry dengan “Bahan olesan”.

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dengan mentega hingga kecoklatan.
  2. Masukkan sosis sapi dan smoked beef yang telah dipotong, tumis hingga matang.
  3. Larutkan tepung maizena ke dalam susu cair, kemudian tambahkan pada tumisan sosis dan smoked beef.
  4. Tambahkan bumbu yang terdiri dari lada putih, pala bubuk, garam, dan penyedap rasa.
  5. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  6. Tempatkan pada wadah mangkuk tahan panas.
  7. Terakhir tutup rapat mangkok yang berisi soup dengan pastry di atasnya dan bakar di oven dengan suhu 190° celcius, kurang lebih selama 25 menit.
  8. Zuppa soup siap dihidangkan selagi hangat (panas soup dalam mangkok bisa bertahan hingga 20 menit, selama bungkus pastry blm terbuka).

Selamat mencoba dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://1.bp.blogspot.com/_7sLlRE46Z8U/TLQ0IOclm8I/AAAAAAAAAEQ/yXXhcHPZOnI/s1600/Zuppa+Soup.jpg

2. http://2.bp.blogspot.com/_5Fm6E8uK3dA/Sceo8MS8EVI/AAAAAAAAARc/SsjtbZW6aAo/s400/7.jpg