10 Contoh Pemasaran Kuliner Kekinian

contoh pemasaran bisnis kuliner kekinian

Sekarang ini cukup banyak bisnis kuliner yang bermunculan. Hampir di setiap sudut mudah ditemui bisnis kuliner. Bahkan yang berbisnis kuliner secara rumahan juga tidak terhitung lagi. Agar bisnis kuliner dapat sukses dan berkembang maka harus melakukan suatu strategi yang berkaitan dengan pemasaran. Ada beberapa contoh pemasaran di bisnis kuliner yang dapat diadaptasi. Sebaiknya dimodifikasi agar dapat memperoleh ciri khas yang membedakan dengan bisnis kuliner lainnya.

Ketika menjalankan bisnis sudah pasti tidak boleh diam saja tetapi mengharapkan suatu hasil dengan omset yang menanjak. Untuk memperoleh market yang luas dan omset yang sesuai dengan targetnya harus memakai strategi pemasaran. Jika suatu usaha sudah melakukan strategi ini maka kehidupan bisnis dapat terus berkelanjutan dan berkembang sesuai harapan. Strategi harus tertata dengan baik dan terkonsep agar dapat memperoleh target yang diinginkan.

Contoh Pemasaran Kuliner Yang Kekinian

Berbisnis kuliner harus terus melakukan inovasi agar tidak kalah dalam persaingan. Seiring dengan perkembangan bisnis kuliner ini maka semakin banyak persaingan bahkan dengan jenis yang sama. Agar bisnis kuliner tetap berkesinambungan maka harus terus memberikan inovasi. Salah satu bisnis kuliner yang banyak diminati adalah bisnis kuliner kekinian. Pemasaran bisnis kuliner memegang peranan yang penting agar memperoleh market dan konsumen.

Untuk berinovasi dapat memiliki konsep ciri khas sendiri yang berbeda dengan bisnis kuliner lainnya. Atau dapat juga meniru konsep dari bisnis kuliner lainnya yang dimodifikasi sehingga memberikan ciri khas. Semua itu tergantung dari konsep yang ingin dijalankan. Bisnis kuliner harus mempunyai konsep yang jelas agar bisnisnya dapat terus berkembang. Setiap pebisnis pasti menginginkan agar bisnisnya terus berkembang dan membuka cabang baru.

Pemasaran memegang peranan penting dalam memperoleh konsumen. Dari pemasaran tersebut konsumen dapat memperoleh informasi tentang bisnis kuliner yang ada. Keunggulan dan keunikan dari bisnis kuliner tersebut harus ditonjolkan agar konsumen menjadi tertarik. Ada banyak contoh pemasaran kuliner yang kekinian untuk menjangkau market dengan tepat.

1. Pemilihan Nama

Agar bisnis kuliner menjadi terkenal harus memiliki nama dan ini sebagai pembeda dari bisnis kuliner lainnya. Pemilihan nama harus tepat dan memudahkan konsumen untuk mengingatnya. Nama juga harus mudah diucapkan meskipun bukan menggunakan bahasa Indonesia. Bisa memilih nama yang tidak umum dan unik asalkan memenuhi syarat seperti di atas. Nama ini nantinya juga berfungsi sebagai branding.

2. Memilih Target Market Yang Cocok

Strategi pemasaran yang berkonsep dapat menemukan target market secara pas. Target market yang dipilih harus sudah ditentukan sejak awal perencanaan bisnis. Misalnya kuliner dibuat untuk target market kelas menengah ke bawah atau menarget konsumen menengah ke atas. Tentu saja ini akan sangat berhubungan dengan penetapan harga dan cara pemasaran.

3. Berpromosi Melalui Media Sosial

Tidak dipungkiri lagi bahwa media sosial menjadi tempat promosi yang menjanjikan. Di jaman milenial ini hampir semua orang mempunyai akun media sosial. Setiap hari dan setiap waktu membuka media sosial tersebut. Untuk mendapatkan target yang pas dapat menggunakan media sosial ini sebagai pemasaran bisnis kuliner. Cara promosi melalui media sosial ini sangat disukai karena lebih cepat viral dan memperoleh konsumen secara luas.

Ada cara yang efektif untuk berpromosi melalui media sosial yaitu menentukan waktu posting. Tentukan waktu-waktu yang tepat untuk posting di media sosial saat banyak orang membukanya. Media sosial yang digunakan untuk berpromosi adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan WhatsApp.

4. Berpromosi Melalui Website Dan Blog

Suatu bisnis akan lebih dipercaya jika mempunyai website dan blog yang khusus. Melalui website dapat diinformasikan secara mendetail tentang produk kuliner. Konsumen dengan mudah dapat menemukan website jika mencarinya melalui kata kunci. Website bisnis harus mencantumkan informasi mendetail seperti alamat dan nomor yang dapay dihubungi.

5. Foto Produk Yang Menarik

Foto memegang peranan yang sangat penting untuk membuat konsumen menjadi tertarik. Pergunakan foto-foto yang dapat membuat konsumen lapar mata dan menggugah selera. Sebagai contoh pemasaran dapat menggunakan foto yang memperlihatkan keunikan dari kuliner.

6. Memberikan Diskon Atau Promo

Diskon dan promo terbukti ampuh untuk mendatangkan konsumen. Memberikan harga diskon dan promo dapat dilakukan pada waktu tertentu. Bisa juga menjadi sponsor pada suatu acara dan membagikan kupon diskon untuk peserta acara.

7. Berpromosi Melalui Selfie

Menggunakan strategi pemasaran yang kekinian dapat menarik konsumen berbondong-bondong mendatangi tempat kuliner. Sekarang ini selfie sudah menjadi umum dilakukan tidak hanya remaja saja tetapi hampir semua orang. Apalagi jika menemukan makanan atau minuman yang sedang hits pasti akan berselfie. Oleh karena itu ini dapat menjadi ide untuk melakukan pemasaran dengan cara yang kekinian.

Adakan acara kontes selfie dengan menggunakan latar belakang tempat Anda. Atau dapat juga berselfie yang menunjukkan makanan dan minuman dengan angle unik. Foto selfie kemudian diposting pada media sosial dengan hashtag tertentu sebagai strategi promosi. Dengan cara ini banyak bisnis kuliner yang menjadi terkenal dan viral.

8. Mengadakan Acara Di Tempat Bisnis Kuliner

Untuk memperkenalkan bisnis kuliner dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika ingin banyak memperoleh review dari konsumen dapat mengadakan acara di tempat bisnis kuliner Anda. Misalnya mengadakan acara lomba. Kemudian dapat meminta peserta lomba untuk memberikan review tentang tempat kuliner. Nantinya peserta dengan review terbaik atau review dengan like terbanyak menjadi pemenang dan memperoleh voucher.

9. Kemasan Produk Yang Unik

Kemasan dapat menjadi strategi pemasaran yang dapat mempromosikan brand bisnis. Buat kemasan yang menarik dan unik sehingga konsumen akan sangat sayang untuk membuangnya. Jika konsumen memakai kemasan dan dibawa kemana-mana maka akan banyak orang yang kemudian membaca nama tempat kuliner. Kemasan ini dapat diperoleh konsumen jika membeli makanan atau minuman dan membawanya ke rumah.

10. Pelayanan Yang Ramah

Pelayanan yang ramah dan menarik dapat membuat konsumen menjadi nyaman. Tidak hanya pelayannya saja tetapi fasilitas yang menunjang juga akan memberi kenyamanan pada konsumen. Berikan fasilitas yang unik dan menarik seperti musik, WIFI dan sudut-sudut dengan dekorasi sesuai ciri khas. Jika ingin lebih menarik dapat menggunakan peralatan makan yang unik dan tetap harus nyaman.

Pelayanan ini dapat membuat konsumen betah dan datang kembali. Mereka juga pasti memberikan rekomendasi kepada orang lain tentang kenyamanan dan keunggulan bisnis kuliner Anda. Hal ini tentu saja menjadi promosi yang memberikan kepercayaan lebih dari calon konsumen. Biasanya calon konsumen akan lebih percaya jika memperoleh review dari orang terdekatnya.

Berbisnis kuliner yang berkembang dan berkesinambungan harus menggunakan strategi. Pemasaran bisnis kuliner yang tepat dapat memperoleh market dengan tepat. Contoh pemasaran kuliner dengan cara yang kekinian di atas dapat dicoba agar bisnis kuliner Anda menjadi melejit dan sukses.

Sumber gambar : https://mommyasia.id/9524/article/gak-boleh-ketinggalan-moms-ini-dia-aneka-jajanan-pasar-kekinian-yang-l

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba