Pemasaran

3 Cara Berjualan di Shopee Ini Bisa Kamu Mulai Tanpa Modal Lho!

3 Cara Berjualan di Shopee Ini Bisa Kamu Mulai Tanpa Modal Lho!Mau cari penghasilan lewat bisnis online sekarang ini sudah bisa dilakukan dengan berbagai jalan. Salah satunya saja dengan cara berjualan di Shopee. Asalkan kamu bisa mengoperasikan komputer dan familiar dengan internet, kamu bisa mulai jualan online lewat Shopee.

Semenjak iklan Shopee dirilis di beberapa stasiun televisi, semakin banyak orang yang tertarik melakukan transaksi jual beli online lewat marketplace yang satu ini. Apalagi ada banyak promo yang seringkali diberikan Shopee untuk para pelanggannya. Inilah yang membuat pelaku bisnis toko online juga semakin banyak, karena kamu bisa memulainya dengan cara berjualan di Shopee tanpa modal.

Nah, buat kamu yang belum tahu cara memulai bisnis toko online lewat Shopee, beruntungnya kali ini BisnisUKM.com akan berbagi tips seputar cara berjualan di Shopee tanpa harus mengeluarkan modal besar. Yuk, simak tipsnya disini!

Cara Memulai Bisnis Toko Online di Shopee

Memulai bisnis online tidaklah sesulit mendirikan toko fisik pada umumnya, yang mana untuk pendirian toko fisik kita harus membunyai bangunan untuk toko kita. Letak bangunan tersebut juga tidak boleh sembarang dan harus stategis sehingga mudah dijangkau orang sehingga saat kita tidak mempunyai bangunan dilokasi yang strategis tentunya kita harus menyewa bukan.

Itu berarti kita juga harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya sewa tempat yang nominalnya tidak sedikit. Selain itu bila kita mempunyai banyak aktivitas tentunya harus membayar biaya karyawan untuk bekerja di toko kita dan tidak lupa juga kita wajib membayar pajak kepada negara atas usaha kita.

Buka toko online di Shopee

Sementara itu, untuk mendirikan toko online tidak memerlukan pengeluaran biaya sebanyak itu. Kita tinggal mendaftarkan saja toko online kita di market-market place yang ada di Indonesia seperti di Shopee misalnya dan tidak perlu membayar biaya sewa tempat. Penjual yang berjualan di Shopee sendiri tidak dipungut biaya sepeserpun alis gratis sehingga penjual bisa leluasa memasarkan produknya tanpa takut terkena chas untuk setiap produk yang ia iklankan di Shopee. Adapun biaya yang dikeluarkan penjual bisa jadi hanya sebatas biaya yang ia gunakan untuk membeli barang-barang yang akan ia iklankan di Shopee, atau istilahnya adalah biaya kulakan.

Manfaatkan Program Promo

Banyaknya promo yang diberikan Shopee tentu tidak hanya menguntungkan pembeli tetapi juga penjual. Dimana penjual dapat mendaftarkan tokonya di program gratis ongkos kirim sehingga pembeli yang berbelanja ditokonya bisa memperoleh subsidi ongkos kirim sesuai ketentuan yang berlaku di Shopee. Free ongkos kirim ini tentunya sangat menarik antusias pembeli untuk berbelanja online mengingat ongkos kirim bisa jadi sangat mahal untuk daerah-daerah tertentu sehingga program ini akan dimanfaatkan sekali oleh pembeli dalam bertransaksi.

Selain itu, tampilan website maupun aplikasi Shopee sendiri juga sangat interaktif. Ini tentunya juga semakin menunjang komunikasi antara penjual dan pembeli, yang mana pembeli bisa langsung bertanya-tanya kepada penjual mengenai produk di chat. Keunikan fitur chat di Shopee ini langsung bisa ditautkan dengan suatu produk sehingga pembasan  produk antara pembeli dan penjual tidak akan pernah tertukar dengan produk lain. Selain itu dalam chat ini pembeli juga bisa menawar harga suatu produk dan tentunya disetujui atau tidaknya harga tawar tersebut tergantung dari pihak penjualnya.

Tanggap Konsumen untuk Membangun Loyalitas

Fitur chat ini juga bisa menjadi salah satu alat pembeli dalam menilai kinerja suatu toko online di Shopee, sebagus apa pelayanannya kepada pembeli, secepat apa penjual membalas pertanyaan-pertanyaan pembeli, dan lain sebagainya. Penilain pembeli sangat penting sekali bagi penjual karena dari situlah pembeli lain akan tertarik untuk berbelanja online di toko tersebut.

Selain penilain dari pembeli, pihak Shopee sendiri biasanya juga memberikan sebuah apresiasi kepada penjual dengan mengadakan pemilihan seller of the month yang di vote oleh seluruh pemilik akun Shopee. Hal ini tentu akan meningkatkan semangat penjual dalam mengelola toko onlinya. Penjual akan berusaha seramah dan secepat mungkin dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan pembeli.

Selain itu biasanya penjual di Shopee juga menyediakan pembelian dengan sistem dropship yang mana barang akan dikirim ke alamat penerima tetapi atas nama pembeli yang mempunyai akun di Shopee. Imbas dari ini, tentu akan banyak pembeli yang membeli di toko online Shopee menggunakan sistem dropship baik untuk di jual kembali di dunia nyata maupun dipasarkan lagi melalui media sosial lainnya. Sangat mudah bukan berbisnis online tanpa modal.

Jadi, tunggu apalagi? Ada banyak cara untuk memulai bisnis toko online tanpa modal, kamu bisa mencoba tiga tips promosi online yang sudah kami bahas di atas. Selamat berkarya dan salam sukses!