Peluang Bisnis

3 Peluang Bisnis Rumahan, Dari Bikin Kue Sampai Aksesoris Cantik

peluang usaha rumahanMemutuskan resign dari pekerjaan dan menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti menutup jalanmu sebagai wanita karir. Meski awalnya tidak mudah mengorbankan karir di luar rumah, tapi nyatanya sebagai ibu rumah tangga kamu juga bisa tetap produktif dan mendapatkan penghasilan besar dari peluang bisnis rumahan.

Tanpa mengganggu waktumu sehari-hari untuk mengurus segala keperluan keluarga, penghasilan yang didapat dari bisnis rumahan ternyata tidak kalah besar dengan gaji bulanan yang dulunya kamu dapat sebagai seorang karyawan.

Sekarang ini ada banyak peluang bisnis rumahan yang bisa dimulai ibu rumah tangga dari ide sederhana yang ada di sekitarnya. Nah, buat kalian ibu muda yang belum ada gambaran ide bisnis rumahan yang sesuai. Kali ini BisnisUKM.com akan mengupas cara memulai peluang bisnis rumahan, dari usaha kue rumahan sampai buka warung kelontong di garasi rumah.

1. Peluang usaha kue rumahan bisa dimulai dari hobi meracik makanan di dapur

Buat kamu yang hobi memasak, tak ada salahnya memanfaatkan waktu luangmu di rumah untuk mencoba aneka macam kue rumahan yang bisa dijual-belikan. Tidak perlu pusing memikirkan besarnya modal usaha yang dikeluarkan, kamu bisa menggunakan peralatan masak yang ada di dapur dan memanfaatkan bahan baku yang bisa ditemukan di supermarket sekitar lokasi rumahmu.

Sebagai permulaan, kamu bisa mencoba satu resep kue yang kamu bisa dan coba tawarkan hasilnya ke orang-orang terdekat. Ketika sudah dapat respon positif, jangan malu untuk menitipkannya di warung makan atau toko kelontong yang ada di sekitarmu. Biasanya kerjasama yang diterima pemilik warung sistem titip jual, kue yang terjual yang akan dibayarkan. Meski hasil awalnya masih terbilang kecil, tapi tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa menerima pesanan kue untuk acara-acara tertentu.

2. Membuka usaha warung kelontong dari ruang garasi yang tak terpakai

Kalau kamu tidak bisa memasak, jangan khawatir karena kamu bisa memanfaatkan ruang garasi mobil di rumah yang tidak terpakai untuk membuka usaha warung kelontong. Pasalnya warung kelontong di kawasan pemukiman padat penduduk biasanya punya pasar yang selalu ramai. Walaupun margin setiap produknya bisa dibilang tipis, tapi total keuntungan yang didapatkan cukup besar, karena hampir setiap warga membutuhkan produk kebutuhan harian seperti sembako, mie instant, perlengkapan mandi, sabun deterjen dan lain sebagainya.

Langkah pertama yang kamu butuhkan untuk membuka usaha warung kelontong yaitu etalase dan rak yang digunakan untuk memajang barang-barang dagangan. Besarnya etalase disesuaikan dengan jumlah dan jenis barang yang dijual, dan berapa modal yang ada untuk memulai usaha ini. Selanjutnya kamu bisa mulai kulakan ke pusat grosir yang menawarkan produk sembako dengan harga murah. Display produk yang menarik dan harga jual produk yang bersaing, jadi satu kunci sukses bisnis warung kelontong di daerah padat penduduk.

3. Buat yang hobi dengan pernik-pernik lucu bisa buat aksesoris wanita jadi salah satu peluang usaha rumahan modal kecil

Hampir semua wanita menyukai aksesoris. Kalian yang senang buat pernik-pernik lucu, bisa memanfaatkan hobi tersebut jadi satu peluang usaha rumahan dengan modal kecil. Contohnya membuat gelang, kalung, cincin, giwang, bros dan lainnya dengan beragam jenis bahan yang mudah didapatkan di daerahmu.

Apalagi sekarang ini pertumbuhan bisnis aksesoris wanita di dunia maya semakin pesat, banyak ibu rumah tangga yang sukses menjual pernak-pernik wanita hanya melalui instagram ataupun akun sosmed lain yang sekarang ini sedang hits. Yang terpenting, sebelum memproduksi sebuah produk sebaiknya kamu melakukan riset pasar untuk mengetahui trend aksesoris apa saja yang sekarang ini sedang booming di kalangan wanita.

Kunci sukses ibu rumah tangga yang juga merintis usaha rumahan

Agar urusan rumah dan usaha bisa berjalan beriringan, yang terpenting pastikan peluang usaha rumahan yang kamu jalankan tak sampai mengganggu tugas utamamu sebagai ibu rumah tangga. Apalagi sekarang ini teknologi sudah berkembang pesat, kamu bisa memanfaatkan teknologi dan internet untuk mengoptimalkan pemasaran produk.

Mudah bukan? Meski saat ini kamu hanya di rumah sebagai ibu rumah tangga, tapi kamu masih bisa tetap menghasilkan pendapatan tiap bulan dari peluang usaha rumahan yang dijalankan. Selamat mencoba!