Manajemen UKM

4 Tips Bisnis Buat Kamu yang Bisnisnya Lagi Lesu

4 Tips Bisnis Buat Kamu yang Bisnisnya Lagi Lesu

Lika liku perjalanan bisnis memang tak selamanya berjalan manis. Ketidakstabilan bisnis jadi satu permasalahan yang sering dihadapi setiap pelaku usaha. Sepi orderan, omzet menurun, tentunya bakal menyebabkan kerugian besar jika kondisinya berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan jika bisnismu sedang tidak stabil? Apa harus segera ditutup dan ganti bisnis yang baru?

Tenang, tak perlu panik kalau bisnismu mulai lesu. Yang penting segera tangani permasalahan dalam bisnismu, dan lakukan 4 hal ini untuk kembali meningkatkan omzet penjualanmu setiap bulan.

Kalau bisnismu mulai lesu, coba lakukan 4 hal ini!

1. Segera cari tahu dimana kesalahan bisnismu

Lakukan evaluasi bulanan untuk mencari tahu penyebab bisnismu jadi lesu.
Kenapa sepi orderan?
Apa karena kualitas produk menurun?
Apa harganya terlalu mahal?
Apa karena pelayanannya yang kurang memuaskan?
Apa ada kompetitor yang mulai mengekor?

Segera cari tahu permasalahannya dan buatlah strategi bisnis baru yang lebih efektif agar kondisi tersebut bisa segera teratasi.

2. Coba evaluasi lagi strategi bisnis yang kamu pilih!

Ada kalanya kamu perlu mengkaji ulang strategi bisnis yang selama ini dipakai, agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Jangan sampai strategi bisnis yang kamu pakai sudah ketinggalan jaman dan kalah saing dengan milik para pesaing.

Coba lakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui strategi bisnis para kompetitor, bila perlu ikuti cara-cara yang dipakai kompetitor agar bisnismu tak kalah bersaing dengan produk lain. Contohnya mulai membuat konten iklan kekinian untuk menarik minat calon pelanggan, atau bisa juga membuat gebrakan baru yang belum ada sebelumnya.

3. Fokus pada satu produk terlaris!

Kalau pasar mulai jenuh dengan produkmu, bukan berarti kamu harus membuat produk baru yang belum kamu pasarkan. Cobalah fokus pada satu produk yang paling diminati pasar, dan lakukan perbaikan agar konsumen kembali tertarik untuk melakukan pembelian. Misalnya memperbaiki tampilan kemasan produk, menambah varian rasa, memperluas jangkauan pemasaran dengan menggandeng para reseller, atau bisa juga memancing pembelian dengan memberikan tambahan bonus untuk para pelanggan.

4. Tingkatkan kemampuan Tim yang kamu punya!

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah memperbaiki kinerja tim yang kamu punya. Misalnya kurang ramah terhadap konsumen, semangat kerjanya menurun, atau bisa jadi target SDM tidak tercapai karena perencanaan kerja yang masih berantakan.

Untuk meningkatkan semangat kerja karyawan, ada kalanya kamu bisa meningkatkan kemampuan karyawan dengan mengadakan kegiatan internal seperti misalnya pelatihan internet marketing, atau bisa juga mengadakan acara family ghatering yang bisa menciptakan kekompakan antar tim.

Dengan memeriksa ulang keempat hal ini, semoga perlahan-lahan kondisi bisnismu yang semula mulai lesu bisa segera membaik!