Pemasaran

5 Cara Jualan di Lazada Yang Belum Diketahui Pelaku UKM

5 Cara Jualan di Lazada Yang Belum Diketahui Pelaku UKMCara jualan di Lazada tentu banyak yang bertanya-tanya seperti apa langkah-langkahnya. Mengingat Lazada merupakan marketplace yang telah lama hadir di Indonesia yang ikut melancarkan jalannya transaksi jual beli online antara penjual dengan pembeli.

Marketplace satu ini juga termasuk situs jual beli online yang masih sulit dijangkau para pelaku UKM, karena diperlukan perhatian ekstra saat kamu ingin mendaftarkan toko onlinemu di Lazada.co.id. Tidak sembarang pelaku UKM bisa berjualan di Lazada sehingga para seller di Lazada benar-benar dapat dipercaya untuk melakukan pembelian online.

Hal ini karena Lazada sangat mengutamakan kepuasan pembeli sehingga hanya seller-seller yang telah membuka toko online di platform Lazada yang bisa dibilang trusted seller atau penjual terpercaya. Selanjutnyan marketplace yang umumnya diakses oleh kelas eksekutif ini akan memberikanmu banyak pundi-pundi penghasilan bila kamu mengelolanya dengan tekun.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Pasti setiap pelaku UKM kepengen mendapatkan banyak penghasilan dari transaksi jualan online di Lazada. Kamu jadi kepikiran ingin menjadi salah satu seller di Platform Lazada.co.id.

Ini 5 ulasan cara jualan di Lazada yang perlu disiapkan agar produk UKM bisa naik level

Pertama, Pisahkan Barang Untuk Lazada Dengan Market Place Lain.

Bila kamu telah memiliki toko online di lebih dari satu market place dan ingin memulai peruntungan di Lazada. Kamu mesti menyediakan rak atau tempat khusus untuk barang di Lazada supaya memudahkanmu memantau stock yang kamu tuliskan di platform Lazada. Kehabisan stok bisa berakibat kamu kenapenalty lho oleh Lazada menurut aturan yang berlaku. Selain itu, kamu juga bisa memasukan produk ukm dalam list iklanmu di Lazada, yang mana kamu bisa bekerja sama dengan penggiat ukm disekitarmu untuk memasarkan hasil karya mereka.

Kedua, Periksa Kualitas Barang Sebelum Dikirimkan Kepada Pembeli

Mengingat kepuasaan pembeli adalah nomor satu bagi Lazada, tentunya kualitas produk yang di iklankan di Lazada menjadi prioritas. Seller wajib menyediakan barang sesuai dengan yang ia deskripsikan pada saat ia mengiklankan di platform Lazada dan memeriksa kualitasnya sebelum mengirimkannya kepada pembeli.

Ketidaksesuain produk asli dengan deskripsi pada iklan di Lazada dan cacat produk bisa menjadi bahan pembeli untuk mengajukan retur atau pengembalian barang lho. Meskipun demikian pembeli juga tidak bisa tanpa sebab mengajukan retur karena barang yang ia kembalikan akan diproses dahulu di kantor pusat Lazada. Setelah pihak Lazada menyetujui proses retur tersebut barulah barang akan dikembalikan kepada seller.

Ketiga, Selesaikan Pengiriman Dengan Cepat.

Tenggang pengemasan barang oleh penjual di platform Lazada bisa dibilang paling cepat karena 1 x 24 jam pesanan masuk yang diterima pembeli harus segera diselesaikan oleh seller. Keterlambatan pemrosesan orderan akan berujung pada tindakan pendisiplinan oleh Lazada kepada pihak seller berupa biaya penalty menurut aturan yang ada. Selain itu ketidakmapuan seller meyelesaikan pesanan dalam waktu 1 x 24 jam atau kurang akan berimbas pada poin limit pesanan atau batas pesanan per hari yang didapatkan oleh seller. Semakin cepat seller meyelesaikan suatu pesanan akan berpengaruh terhadap rating toko dan semakin banyak pula pesanan yang ia terima setiap harinya. Oleh karena itu kamu nantinya sebagai trusted seller wajib mengemas barang pesananmu secepat mungkin, agar keuntunganmu semakin banyak.

Keempat, Hitung Dengan Benar Harga Produk Yang Kamu Tayangkan Di Platform Lazada

Keuntungan tentunya merupakan hal utama yang ingin dicapai oleh seller bukan. Oleh karena itu kamu wajib mengkalkulasikan harga produk yang harus dibayar oleh pembeli dengan benar agar tidak menuai kerugian. Harga produk tersebut haruslah sudah kamu tambahkan dengan prosentase keuntungan per kategori untuk Lazada, keuntungan yang kamu inginkan, dan biaya pengiriman yang ditanggung oleh penjual. Bila kamu menjadi seller Lazada kamu wajib menanggung ongkos kirim pembeli sebesar Rp 7.000,00 setiap transaksi. Oleh karenanya kamu pastikan harga produkmu sudah ditambahkan dengan biaya ini ya, agar tetap bisa meraih keuntungan.

Kelima, Hindari Pembatalan Pesanan Oleh Penjual

Saat berjualan online di Lazada, kamu wajib menyelesaikan semua pesananmu dan hindari pembatalan pesanan karena alasan tertentu. Imbas dari pembatalan pesanan oleh seller akan menurunkan rating toko dan juga seller akan dikenakan biaya penalty. Rating toko ini bisa dengan mudah diakses oleh pembeli sehingga dapat mempengaruhi pembeli yang ingin bertransaksi di toko onlinemu.

Kelima tips di atas dapat kamu gunakan lho untuk membuat toko onlinemu di Lazada semakin laris. Selain itu kamu juga bisa memberikan bonus atau free barang lain disetiap barang dagangan yang kamu iklankan di platform Lazada supaya pembeli semakin tertarik. Kamu juga bisa memberikan promo buy 1 get 1 dengan harga yang jauh lebih murah. Langkah-langkah tersebut dapat kamu aplikasikan sebagai strategi pemasaran produk.