5 Tips Agar Produk UMKM Lokal Go Internasional !

Bisa bersaing dipasaran internasional merupakan impian semua pengusaha terutama para UMKM. Namun sayangnya masih sangat sedikit UMKM mikro kecil dan menengah yang bisa menembus pasar internasional. Hal paling utama agar produk lokal bisa bersaing dipasar Internasional adalah dengan meningkatkan daya saing produk.

Kebanyakan produk UMKM yang berhasil menembus pasar internasional adalah jenis, aneka keripik, kerajinan tangan, batik dan batu akik. Namun yang paling banyak adalah kerajinan tangan. Saat ini negara yang memproduksi kerajinan tangan cukup banyak. Berbanding terbalik dengan penerima produk yang mana jumlahnya lebih sedikit.

Saat ini pemasok dari UMKM Indonesia masih sangat sedikit, terhitung hanya beberapa persen saja. Permasalahannya adalah pada daya saing soal kualitas. Untuk para UMKM lokal yang ingin bersaing alangkah lebih baiknya jika memperhatikan soal bahan, keahlian, finishing, konsisten standar dan kemasan.

This image has an empty alt attribute; its file name is 5-Tips-Agar-Produk-UMKM-Go-Internasional-1-720x432.jpg

Tips Produk UMKM Lokal Go Internasional

Jika dibandingkan dengan para pesaing Indonesia sendiri masih kalah jika dibandingkan dengan negara lain. Artinya produk UMKM lokal masih kalah saing padahal kualitas tak kalah bagus dan original. Kebanyakan kualitas produk negara lain kualitas biasa saja namun harganya murah.

Sebenarnya harga yang ditawarkan tidak perlu terlalu murah, asalkan produk yang ditawarkan tepat. Berbicara soal kapasitas, produksi UMKM lokal masih cukup rendah. Sedangkan permintaan negara lain cukup besar, maka perlu adanya strategi untuk memenuhi permintaan pasar. Berikut ini agar UMKM lokal bisa bersaing di pasar Internasional :

Tentukan pasar

Pertama pelaku usaha harus mengenal karakteristik target pasar ekspor. Jika produk yang mahal dan bermerek dikuasai oleh barang-barang Eropa. Sedangkan untuk produk menengah bawah UMKM lokal bersaing dengan China dan Vietnam. Untuk mensiasati agar masuk dalam persaingan pasar tersebut Indonesia hanya perlu mengambil strategi ditengah. Dengan kapasitas produksi yang tidak terlalu banyak tapi bisa menaikkan nilai produk.

Inovatif dan Kreatif

Produk yang unik tentunya akan menarik minat para pembeli. Tak bisa dipungkiri produk yang berbeda dengan produk lainnya pasti akan mempengaruhi psikologi para pembeli. Maka mereka akan merasa perlu memiliki untuk menambah koleksi. Nah keunggulan Indonesia adalah beragamnya jenis kebudayaan didalamnya. Sehingga produk UMKM lokal sudah pasti kaya akan keunikan, baik dari jenis, model maupun corak dan motif.

Keunikan tersebut bisa diinovasikan dari adopsi ciri khas budaya lokal dengan paduan kontemporer. Yakni perpaduan kreatifitas yang memiliki unsur tradisional yang bercampur dengan unsur modern. Perpaduan tersebut akan menghasilkan karya yang luar biasa. Tetutama dimata dunia karena suatu perbedaan yang mencolok apabila dibandingkan dengan produk pesaing jika mengangkat tema kebudayaan.

Trend Global

Produk yang paling banyak disukai sudah pasti menarik minat para pembeli. Tentu produk tersebut adalah produk yang sedang trend dan banyak penggemarnya. Sebagai pelaku usaha sudah sepantasnya jika mampu melihat setiap trend yang sedang berkembang. Maka wajib hukumnya memahami dan mengupdate trend pasar global produk yang sedang diminati pada saat itu. Dengan begitu UMKM lokal bisa menyesuaikan persaingan pasar global.

Komunikasi

Untuk bisa bersaing di pasar global paling utama adalah komunikasi. Pelaku UMKM lokal dihimbau agar bisa berkomunikasi baik dengan dunia internasional. Tentunya hal tersebut akan memudahkan dalam menjalin kerjasama dengan pelaku usaha diluar. Sekaligus mempermudah dalam memperluas jaringan pemasaran. Jadi sekali lagi komunikasi bisnis itu penting sekali terutama bagi para UMKM lokal yang akan melebarkan sayapnya agar bisa go Internaisonal.

Limited Edition

Sudah sepatutnya produk UMKM lokal menjajal strategi yang dipakai oleh negara maju seperti Eropa dan Amerika. Setiap mengeluarkan produk baru yang bermerk mereka selalu sukses mendapat perhatian dunia. Mereka memiliki strategi dengan memiliki produk ekslusif, yakni hanya memproduksi 2 sampai 3 barang untuk satu produk.

Strategi marketing dengan hanya memproduksi produk dalam edisi terbatas membuat pasar penasaran. Bahkan banyak yang rela membeli meski harganya mahal karena limited edition. Selain anggapan para pembeli produk tidak banyak yang menyamai. Mereka merasa harus memiliki produk tersebut untuk menambah koleksi.

Cara tersebut telah diterapkan dibeberapa negara maju dan telah berhasil membuat para calon pembeli penasaran. Jika dibandingkan dengan barang yang diproduksi dalam jumlah banyak, pembeli lebih memilih barang edisi terbatas. Strategi ini sangat ampuh karena mereka beranggapan harus segera membeli dan tidak menundanya sebelum edisi terbatas habis dimiliki orang lain.

Demikian adalah beberapa tips agar produk UMKM lokal bisa bersaing dipasar global. Semoga informasi ini bermanfaat, jika ada pertanyaan mengenai strategi pemasaran bisa diskusi di kolom komentar.

Leave a Comment