Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis

5+ Website Belajar WordPress Online untuk Para Pemula

Dalam pengelolaan suatu website toko online menggunakan VPS Indonesia, Anda perlu memahami cara kerja dari CMS (Content Management System) yang digunakan. Salah satu yang banyak dimanfaatkan untuk mendigitalkan suatu usaha adalah WordPress. CMS ini terkenal disukai oleh para pemula karena penggunaannya yang begitu mudah.

5 Website Belajar WordPress Online untuk Para Pemula

Pada dasarnya ada berbagai alasan lain mengapa WordPress bisa menjadi CMS yang cukup diminati. WordPress dirasa cukup mudah untuk dipahami jika dilihat dari segi tampilannya. Anda juga bisa membuat berbagai jenis website yang berbeda-beda dengan menggunakan CMS ini dengan mempelajarinya dari berbagai sumber.

Beberapa Elemen WordPress yang Perlu Dipahami

Sebagai suatu CMS, WordPress tidak hanya mampu mengakomodir pembuatan toko online, tapi juga website lain seperti personal blog, forum diskusi, portal berita, online portofolio, blog komunitas, hingga e-Commerce. Jika Anda seorang pemula dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, ada beberapa hal terkait WordPress yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

Definisi dan Cara Install WordPress

Secara general, WordPress adalah sistem manajemen konten yang menggunakan PHP dan MySQL untuk mengelola website serta konten-konten yang ada di dalamnya. User bisa dengan mudah mengoperasikannya tanpa harus menguasai bahasa pemrograman maupun istilah teknis secara spesifik.

Baca juga: Sukses di Marketplace, Ini 5 Alasan Bisnismu Harus Buat Website Sendiri

Sebagai software open source gratis, Anda dapat menginstall WordPress melalui akun hosting yang sudah Anda miliki. Instalasinya tidak terbatas untuk pengguna shared hosting saja, tapi juga VPS dan di platform lain seperti sistem operasi Mac maupun Windows. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan tutorial cara install WordPress yang cocok dengan platform yang digunakan.

Istilah-istilah Dasar Pada WordPress

Jika Anda seorang pemula, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa terminologi khusus seputar WordPress. Setidaknya Anda memahami istilah-istilah umum seperti admin dashboard, visual editor, themes, plugins, dan lain-lain. Beberapa istilah dasar inilah yang nantinya akan memudahkan Anda dalam mempelajari berbagai tutorial seputar WordPress.

Berbagai Plugin di WordPress

Setiap ada yang menyebut “WordPress”, kata “plugin” biasanya ikut terpikirkan dan tak akan ketinggalan. Plugin lah yang bekerja untuk menunjang performa sebuah website, sehingga dapat berfungsi secara maksimal. Ada lebih dari 45.000 plugin yang bisa Anda gunakan, baik yang gratis maupun berbayar.

Selain itu, ada ribuan jasa plugin premium yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan kinerja website Anda. Ketersediaan plugin yang begitu variatif membuat Anda lebih leluasa untuk memilih plugin mana yang paling cocok dengan kebutuhan website yang dikelola. Maka, pilih plugin terbaik yang sesuai dan install segera di WordPress Anda.

Rekomendasi Website Belajar WordPress Online

Ketika Anda sudah memahami beberapa elemen penting WordPress tersebut, Anda bisa dengan lebih mudah mempelajari WordPress lebih lanjut. Jika Anda serius ingin mendalami WordPress dan mempelajarinya secara online, berikut beberapa sumber belajar yang bisa dimanfaatkan.

1. Site Ground

Site Ground menjadi salah satu situs yang ramah untuk para pemula dengan menawarkan tutorial mendalam seputar WordPress secara gratis. Tutorial yang dibagikan pun tidak hanya berkutat pada WordPress, namun juga hal-hal yang berkaitan dengan Search Engine Optimization (SEO). 

Dengan menggunakan Site Ground, user jadi makin dimudahkan dalam mempelajari segala seluk beluk seputar WordPress. Kemudahan ini dipengaruhi oleh adanya images dan scripts di dalam tutorialnya.

2. WP101

WP101 merupakan situs pembelajaran WordPress berbasis video. Platform yang ditujukan untuk mempelajari WordPress ini bisa dibilang tergolong cukup recommended untuk para pemula. Terlebih dengan fitur premiumnya yang berbayar.

Baca juga: Belajar Coding Secara Online Melalui 5 Website Berikut

Jika Anda lebih memilih video sebagai media belajar, WP101 bisa menjadi opsi yang Anda pilih. Anda akan diberikan akses video berdurasi 1 jam secara cuma-cuma untuk memahami ilmu dasar mengenai WordPress saat menjadi user baru. Setelah itu, Anda bebas mencoba beraneka jenis video yang dikategorisasi berdasar level kesulitannya. 

3. WPBeginner

Sebagai situs belajar WordPress, WPBeginner tidak hanya ramah bagi para pemula, tapi bisa juga dijadikan sumber informasi bermanfaat untuk user yang sudah lama menggunakannya. Di dalamnya terdapat berbagai tutorial non-teknis/teknis yang dapat dipelajari step by step dan bisa diakses melalui halaman blognya. Ada pula review seputar plugin dan tema yang bisa diaplikasikan di WordPress Anda.

4. Official WordPress Lessons

Selain WP101, WordPress.com juga memiliki sumber pembelajaran untuk para pemula yang cukup mudah dipahami dan bisa membantu Anda mempelajari basic dari WordPress secara gratis. 

Selain itu, situs ini juga akan menuntun Anda untuk mengerti lebih dalam mengenai cara memilih tema yang tepat, publikasi post, dan fungsi-fungsi dasar lain dari keseluruhan menu dan plugin yang terdapat di dalamnya.

5. WordPress TV

Hampir sama dengan WP101, WordPress TV juga bisa situs pilihan yang tepat untuk para pemula. Di dalamnya terdapat banyak kursus, tutorial, dan interview terkait WordPress yang semuanya bisa didapatkan secara gratis! 

Baca juga: 5 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Anda Hindari

Anda tidak perlu lagi melakukan registrasi jika belum menjadi member. Hampir semua video pembelajaran WordPress di dalamnya disampaikan oleh para ahli menggunakan Bahasa Inggris.

6. Hostinger Tutorials

Walau peran utamanya adalah  sebagai website penyedia domain murah, Hostinger juga mempunyai kategori tutorial khusus WordPress. Kategori ini berisi bermacam-macam artikel yang berkaitan dengan website. Seluruh artikel di dalamnya dapat diakses tanpa harus login terlebih dulu dan gratis.

Tidak terbatas seputar tutorial saja, Hostinger juga memberikan artikel-artikel lain mengenai rekomendasi tema maupun plugin yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna pemula WordPress.

Kesimpulan

Keberadaan berbagai situs di atas membuat pemahaman WordPress tidak lagi menjadi suatu halangan. Jika Anda para pemula di dunia digital marketing, jangan menunda terlalu lama untuk mempelajari WordPress. Selamat belajar!