7 Cara Mudah Menciptakan Peluang Usaha

7 Cara Mudah Menciptakan Peluang UsahaBanyak orang ingin menjadi seorang pengusaha. Rasa bosan karena pekerjaan monoton setiap harinya, serta keinginan untuk mendapatkan penghasilan lebih, memotivasi mereka untuk mencari peluang usaha. Namun ketika ditanya mengenai usaha apa yang akan dijalankan? Mereka menjawab “masih bingung, belum ada peluang usaha yang pas.” Alasan itu yang sering digunakan banyak orang, ketika mereka menunggu sebuah peluang.

Jika Anda hanya menunggu peluang datang begitu saja, maka sampai kapanpun Anda tidak akan bisa maju. Ketahuilah, bahwa sebenarnya peluang itu tidak selalu datang dengan sendirinya. Sebuah peluang datang ketika kita berusaha untuk mencari dan menciptakannya.

Misalnya saja seorang entrepreneur, Ia menciptakan ide bisnis atau peluang bisnis ketika Ia sedang menghadapi sebuah masalah. Mungkin sebagian orang menganggap masalah adalah sebuah cobaan, namun beda halnya dengan seorang entrepreneur. Ia akan berpikir bahwa sebuah masalah akan memberikan satu peluang baru untuk mengembangkan bisnisnya.

Bagaimana cara menciptakan peluang bisnis? Berikut kami berikan beberapa cara tepat yang dapat Anda coba.

1. Ciptakan peluang bisnis dari problem yang dihadapi lingkungan sekitar. Dengan begitu Anda memperoleh peluang atau ide bisnis, untuk memberikan solusi bagi mereka.

2. Ciptakan peluang bisnis yang dapat menggeser para pesaing, melengkapi kekurangan produk yang ada dipasaran, dan mampu menghancurkan market leader yang sudah ada.

3. Setelah mendapatkan beberapa ide atau peluang bisnis, selanjutnya buat daftar peluang tersebut. Pilihlah tiga peluang bisnis yang paling berpotensi untuk Anda ciptakan.

4. Tuliskan peluang-peluang tersebut beserta target waktu yang ditetapkan, pada sebuah kertas besar. Bila perlu pasang kertas tersebut di tempat-tempat yang sering Anda gunakan, sehingga Anda selalu membacanya. Tambahkan visi dan kata-kata lain yang dapat memotivasi Anda.

5. Mulailah untuk mengambil keputusan, peluang mana yang Anda tekuni terlebih dahulu. Kemudian mulailah bergerak, untuk mencari segala informasi yang berhubungan dengan peluang bisnis tersebut.

6. Jangan pernah takut untuk mencoba, hilangkan rasa ragu dan takut yang ada. Karena hanya akan menghambat kesuksesan Anda.

7. Mulailah menciptakan kesuksesan dari usaha kecil terlebih dahulu. Dengan kesuksesan kecil, maka akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan mengurangi rasa takut yang ada. Selanjutnya Anda dapat berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Jadi, jangan pernah berhenti mencari dan mengamati semua celah yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai peluang bisnis. Karena peluang tidak akan pernah datang dengan tiba-tiba. Semoga berhasil dan salam sukses.

20 thoughts on “7 Cara Mudah Menciptakan Peluang Usaha”

  1. Pengen sih buka usaha toko buku di daerah ngawi, kira-kira prospeknya gimana yaa? Modal yg di perlukan berapa?? Bisa kasih tau simulasi modal & keuangannya??? Makasih

    Reply
  2. saya ingin sekali membuka usaha dagang kecil-kecilan berupa uasaha jualan telur, dan membuka toko shop baju,jilbab utk grosiran,,tp kendalanya adalah mencari lokasi tempat yg strategis tdk ketemu ??????????????

    Reply
    • Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas respon yang diberikan. Untuk merintis bisnis kecil-kecilan, sebaiknya Ibu Eka tidak perlu repot-repot mencari lokasi usaha yang strategis. Ibu bisa memulainya dari teras rumah, garasi rumah, atau ruangan kosong yang ada di rumah Ibu, dan membidik tetangga sekitar sebagai calon konsumen yang cukup potensial. Biasanya untuk bisnis seperti ini lebih efektif menggunakan strategi pendekatan personal, seperti menawarkan kepada tetangga sekitar, atau mempromosikannya di beberapa kegiatan yang ibu ikuti (semisal arisan PKK, pengajian, dan lain sebagainya). Selanjutnya, jika ibu ingin memasarkan produk tersebut dengan jangkauan pasar yang lebih luas, tidak ada salahnya bila Ibu Eka memanfaatkan internet untuk mengoptimalkan pemasaran. Semoga bisa membantu dan salam sukses.

      Reply
  3. aku minta solosinya.tentang usaha yg sedang aku jalankan.sekarang dlm situsi krisis keuangan.beban banyak hutang dibank.sedang membayar anak buah saja sulit sekali.apa yg hrus aku lakukan.aku mengharap pinjaman yg tk berbungga.kepada siapa dan kemana.

    Reply
    • Terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada www.bisnisukm.com. Untuk bisa bangkit dari kondisi krisis, tentunya Ibu Yuniati membutuhkan modal keberanian untuk mencari jalan alternatif selain mengandalkan hutang bank. Alangkah baiknya bila Ibu mulai merintis usaha kecil-kecilan untuk menghasilkan pendapatan tambahan, tidak perlu muluk-muluk membuka usaha besar. Ibu bisa memulainya dengan menjadi reseller produk yang biasanya tidak membutuhkan banyak modal, bahkan ada sebagian produsen yang memberikan katalognya secara gratis bagi para resellernya. Berbekal katalog, Ibu bisa mencari konsumen sebanyak-banyaknya dan mendapatkan laba usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semoga bisa membantu dan salam sukses.

      Reply
  4. Saya bingung mau memulai bisnis dari apa?Pernah membuka bisnis ponsel dikombinasikan dengan jual lontong kecil-kecilan tapi ternyata usaha yang saya geluti rugi.
    Pengennya membuka usaha kembali. Tapi belum ada ide??

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba