7 Tren Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

Tren usaha rumahan dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan. Sebab pola konsumsi dalam suatu masyarakat juga berubah-ubah. Maka dari itu mengikuti perkembangan bisnis dan mengamati peluang yang ada harus dilakukan supaya usaha yang dijalankan bisa makin berkembang.

7 Tren Usaha Rumahan Yang Menjanjikan
Sumber : Rimma.co

Tren Usaha Rumahan

Tren usaha rumahan juga akan menciptakan peluang bisnis yang makin beragam. Tapi tentunya bukanlah hal yang mudah untuk bisa langsung sukses memulai sebuah bisnis berdasarkan tren usaha rumahan yang tejadi. Dibutuhkan riset dan analisa bisnis yang tepat supaya tren usaha rumahan bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha rumahan yang menjanjikan.

Tren usaha rumahan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jenis bisnisnya. Kamu bisa memilih tren usaha rumahan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan analisa pasar yang kamu lakukan. Lakukanlah riset sederhana sebelum akhirnya memilih usaha rumahan apa yang akan kamu jalankan. Berikut 7 tren usaha rumahan tahun 2020 berdasarkan jenisnya. Kamu bisa pilih beberapa tren ini untuk dijadikan ide usaha rumahan untuk kamu jalankan.

Usaha Rumahan Kuliner

Sumber : Likedin.com

Salah satu jenis tren usaha rumahan yang banyak diminati dan merupakan usaha yang menjanjikan yaitu bisnis kuliner. Jenis bisnis ini menjadi pilihan karena bisa dikatakan tidak terlalu sulit tapi menjanjikan dan bisa mendatangkan keuntungan besar. Segmen pasar dari bisnis kuliner ini bisa mencakup ke semua kalangan. Hal itulah yang menjadikan usaha rumahan kuliner ini punya peluang besar untuk mendapatkan banyak keuntungan. Beberapa ide usaha rumahan kuliner antara lain.

1. Usaha Rumahan Catering

Catering adalah usaha rumahan yang makin berkembang pesat. Dengan ragam layanan yang diberikan. Mulai dari catering untuk makan siang, pernikahan, serta acara lain. Bahkan untuk perorangan juga bisa menjadi pelanggan catering. Salah satunya adalah catering makanan sehat yang biasanya juga menyasar konsumen dalam skala kecil.

Untuk menjalankan usaha rumahan catering pada dasarnya cukup mudah. Sebab untuk peralatan dasar biasanya sudah dimiliki. Tinggal investasi peralatan pendukung lainnya untuk proses produksi dan distribusi. Kemudian tinggal tentukan siapa target konsumen kamu, strategi layanan catering apa saja yang akan kamu sediakan, serta bagaimana promosi yang akan kamu lakukan.

2. Usaha Rumahan Makanan Ringan

Makanan ringan atau snack pada dasarnya diminati oleh hampir semua kalangan. Tergantung dengan jenis makanan ringan apa yang akan kamu jual. Untuk memulai usaha rumahan makanan ini tahapnya juga sama dengan sebelumnya. Bisa dengan menentukan siapa target konsumennya terlebih dahulu baru menentukan produk yang akan dijual. Atau bisa juga menentukan produk dulu baru target konsumennya disesuaikan.

Misalnya untuk jenis makanan ringan dengan cita rasa pedas, produk ini cocok untuk target konsumen dari kalangan remaja hingga dewasa. Jenis makanan ringannya juga beragam. Dalam menjalankan usaha rumahan yang satu ini kamu bisa berkreasi dengan bahan dasar yang berbeda-beda. Seperti keripik singkong pedas, makaroni pedas, bakso goreng pedas, serta bahan dasar lain yang bisa diolah menjadi makanan ringan pedas.

3. Usaha Rumahan Oleh-Oleh Makanan Khas

Oleh-oleh atau makanan khas menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang ketika mereka mengunjungi suatu tempat. Kalau kamu tinggal di kawasan wisata maka usaha rumahan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Kamu bisa riset olahan makanan khas mana yang paling banyak diminati. Pelajari resepnya dan kemudian bikin inovasinya. Penting banget untuk berinovasi supaya produk kamu punya ciri khas adan bisa menarik minat konsumen baru lebih banyak. Selain inovasi produk makaannya, kamu juga perlu untuk berinovasi pada kemasan makanan supaya punya nilai jual yang lebih tinggi.

4. Jual Aneka Gorengan

Mungkin ini kelihatannya sepele ya, tapi keuntungan yang bisa didapatkan lumayan besar loh. Kamu perhatikan saja. Kebiasaan orang Indonesia dalam kuliner pasti nggak akan jauh dari yang namanya gorengan. Hal ini bisa kamu ambil peluangnya untuk memulai usaha rumahan jual aneka gorengan.

Menu yang bisa kamu jual juga beragam. Bisa gorengan dengan cita rasa manis seperti ubi, pisang, atau pun gethuk goreng. Atau gorengan dengan cita rasa asin gurih seperti bakwan jagung, bala-bala, tahu isi, singkong keju dan lainnya. Kamu juga berinovasi dengan menyediakan varian rasa mercon untuk gorengan asin gurih dan isi cokelat untuk gorengan cita rasa manis.

Usaha Rumahan Buka Warung

Sumber : bizjournals.com

Untuk membuka warung di rumah nggak selalu harus membutuhkan lahan yang sangat luas. Cukuplah kamu memanfaatkan rumah bagian depan untuk dijadikan warung. Bisa juga dengan memanfaatkan halaman depan dengan membangun bangunan satu petak. Beberapa ide usaha buka warung di rumah antara lain.

1. Warung Sembako

Sembako atau sembilan bahan pokok ini menjadi peluang usaha yang tidak akan lekang oleh masa. Sebab kebutuhan orang-orang untuk memenuhi bahan pokok akan selalu ada. Apa lagi kalau di wilayah kamu masih jarang warung sembako. Ini bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan usaha rumahan.

Pastikan harga yang kamu patok menyesuaikan pasaran ya. Jangan patok harga terlalu mahal supaya orang di sekitar wilayah toko kamu akan menjadi pelanggan tetap. Lengkapi juga produk-produk yang kamu jual. Semakin lengkap semakin banyak juga yang akan memilih warung sembako kamu untuk berbelanja kebutuhan pokok.

2. Warung Kopi dan Mie Instan

Nggak sedikit loh orang yang lebih memilih pergi ke warung kopi untuk makan mie instan dan segelas kopi seduh. Mulai dari anak muda sampai orang tua bisa saja lebih memilih hal tersebut. Untuk menambah daya tarik warung kamu, sediakan juga menu lain. Usaha rumahan ini juga termasuk simple.

Cukuplah menu sederhana seperti nasi telur, nasi goreng, nasi sarden, serta toping mie instan yang bisa dipilih. Kalau untuk menu minuman, kamu bisa tambahkan sajian es yang sederhana. Seperti es kopi, es teh, dan es jeruk.

3. Warung Pulsa

Kebutuhan orang akan pulsa saat ini jadi kebutuhan pokok. Terutama untuk komunikasi baik sms, telpon, hingga kebutuhan paket data supaya bisa mengakses internet. Sediakan juga paket internet dari provider yang paling banyak digunakan oleh masyarakat setempat dan jaringannya kuat.

Selain itu konter pulsa ini juga bisa kamu tambahkan layanannya menerima jasa pembayaran rekening listrik, tagihan BPJS, transfer ke rekening bank, dan pembayaran digital lain. Cukup manfaatkan teras rumah kamu dengan menyediakan etalase kaca dan kursi plastik untuk membuka warung atau konter pulsa.

Itulah 7 tren usaha rumahan yang bisa kamu jadikan ide berbisnis. Dimulai dari skala kecil, usaha rumahan ini bisa mendatangkan keuntungan dan manfaat yang besar selama kamu bekerja keras untuk memperjuangkannya. Salam sukses, terus semangat untuk berkembang dan menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Kalau kamu ingin memulai bisnis dengan modal kecil dan mendapat bimbingan bisnis, kamu bisa bergabung menjadi mitra bisnis waralaba dengan klik di sini

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba