8 Ide Usaha Rumahan Bidang Kuliner Modal 5 Juta

Bikin usaha kuliner modal 5 Juta emang bisa cukup ya? Bahkan bisa kurang dari 5 juta loh! Siapa aja sekarang bisa jadi pengusaha. Entah itu karyawan atau ibu rumah tangga. Seorang karyawan di tengah kesibukannya bisa memanfaatkan waktu luang sebelum atau sesudah bekerja untuk membuka usahanya. Begitu juga dengan ibu rumah tangga kalau urusan rumah tangganya udah selesai mereka bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk berjualan.

8 Ide Usaha Rumahan Bidang Kuliner Modal 5 Juta
kompas.com

Usaha Kuliner Modal 5 Juta

Peluang jenis usaha yang bisa dijalankan juga beragam. Salah satunya adalah jenis usaha rumahan di bidang kuliner. Usaha kuliner masih menjadi favorit semua orang karena memang semua orang menjadikan makanan sebagai kebutuhan pokok.Seperti halnya usaha kuliner rumahan yang bisa dibilang sebagai usaha yang cukup menjanjikan. Untuk membuka usaha rumahan di bidang kuliner modal 5 juta pada dasarnya belum bisa untuk sewa tempat. Tapi tetap saja harus diperhatikan tentang menu dan kualitas makanan yang akan dijual. Sesuaikan penyajian makanan dengan kemampuan kamu sebagai seorang pengusaha ataupun juru masak.

Memulai usaha kuliner ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab membaca peluang dengan jeli adalah kunci utama dalam bisnis makanan. Karena kompetitornya makin lama makin bertambah. Jadi, terus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman juga harus dilakukan oleh pelaku bisnis kuliner.

Ide Usaha Kuliner Modal 5 Juta

Berikut ini beberapa ide usaha rumahan bidang kuliner modal 5 juta yang bisa kamu jadikan untuk inspirasi bisnis. Pastikanusaha kuliner yang akan kamu jalankan harus sesuai minat dan kemampuan kamu ya. Supaya dalam menjalankan usaha rumahan di bidang kuliner modal 5 juta ini kamu bisa enjoy dan terus berkembang.

1. Usaha Kuliner Nasi Kuning atau Nasi Uduk

foodizz.id

Menu sarapan yang banyak diminati adalah nasi kuning maupun nasi uduk. Makanan khas dari Indonesia yang sering ditemui di pulau Jawa tersebut sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Untuk membuka jenis usaha makanan rumahan ini tentunya kamu nggak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Bahan baku untuk membuka usaha ini juga tergolong mudah bisa didapatkan di pasar tradisional ataupun warung yang dekat dengan rumah kamu.

2. Bubur Ayam

womantalk.com

Hampir di setiap sudut kota, terminal, tempat keramaian, rumah, dan lainnya di pagi hari terdapat pedagang bubur ayam. Meski sekarang ini sudah ada yang berjualan di malam hari, tetap saja bubur ayam masih menjadisajian yang lebih cocok disantap di pagi hari. Selain bisa berjualan menggunakan gerobak, kamu juga bisa membuka usaha bubur ayam di rumah supaya tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Jenis usaha makanan rumahan ini tentunya sangat diminati oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua.

3. Aneka Gorengan

abasgorengan.com

Masih banyak orang yang tidak suka makanan berat untuk sarapan pagi. Maka dari itu gorengan adalah solusinya. Jenis gorengan yang bisa kamu jual juga beragam seperti bakwan, tahu goreng, pisang goreng, singkong, tempe goreng, cireng, dan sebagainya. Kamu juga bisa menambah menu lain sebagai pelengkap dari gorengan yaitu lontong dan juga cabe rawit. Bahan baku untuk membuat aneka gorengan juga tergolong mudah didapatkan yaitu sebagian besar menggunakan terigu sebagai bahan dasarnya.

4. Usaha Kuliner Kue Basah Tradisional

seruni.id

Di Indonesia mayoritas setiap wilayah terdapat banyak sekali penjual kue basah tradisional. Kue tersebut diantaranya adalah lemper, kue soes, risoles, onde-onde, dan beragam jenis kue basah tradisonal lainnya. Kue basah tradisional biasanya selalu dipasarkan di pagi hari. Biasanya setelah subuh sebelum matahari terbit para agen kue tradisional menyerbu tempat pusat pembuatan kue yang berada di wilayahnya masing-masing.Kalau kamu masih bingung dengan pilihan jenis usaha makanan rumahan apa yang akan kamu jalankan bisa dimulai untuk menjual aneka kue basah tradisional. Kamu bisa membuatnya sendiri. Bisa juga menjadi agen dengan mendatangi pusat pembuatan kue tradisional di daerah kamu tinggal.

5. Usaha Kuliner Roti Bakar

grab.com

Membuka usaha roti bakar ini sudah tentu bisa dilakukan oleh siapapun. Bahan bakunya juga mudah didapatkan. Tapi jumlah pedang roti bakar bisa dikatakan sudah cukup banyak. Jadi kamu harus berinovasi supaya punya ciri khas. Misalnya dengan menciptakan varian toping yang unik. Mulai dari varian toping untuk rasa manis bisa juga untuk varian rasa yang asin. Kamu juga perlu berkreasi dalam menentukan desain kemasan yang menarik. Misalnya dengan menyisipkan kutipan atau bisa juga dengan memilih kemasan yang ramah lingkungan seperti paper bag.

6. Usaha Kuliner Makanan Ringan

pinterest.com

Selain makanan berat, makanan lain yang paling banyak disukai adalah makanan ringan yang bersifat tradisional maupun kekinian. Contohnya makanan ringan yang paling banyak dicari adalah keripik singkong dengan bumbu pedas, kerupuk kulit, makaroni kering, seblak kering, batagor kering, aneka macam kacang-kacangan, dan makanan ringan lainnya yang banyak ditemui di pasaran.

Untuk memulai usaha ini kamu bisa membuatnya sendiri. Bisa juga dengan mengambil bahan baku bekerja sama dengan pembuat makanan ringan. Kemudian yang selanjutnya kamu lakukan adalah mengemasnya dengan kemasan terbaik dan unik agar menarik minat pembeli.

7. Frozen Food

kumparan.com

Usaha makanan beku atau populer dengan istilah frozen food ini sudah mulai cukup familiar di Indonesia. Contoh dari frozen food ini adalah sosis, nugget, siomay, kentang goreng, dan lain-lain.

kini, frozen pun terdapat berbagai macam varian rasa dan olahan. Salah satunya adalah bisa dicampur dengan sayuran. Untuk membuka jenis usaha makanan rumahan ini kamu harus sudah punya lemari pendingin supaya makanan tetap beku dan sesuai dengan tenggang waktu kadaluarsanya. Kamu juga bisa menjadi agen atau reseller produk frozen food. Supaya tidak memakan waktu di proses produksi.

8. Usaha Kuliner Aneka Mie

anakjajan.com

Mie di Indonesia masih menjadi makanan favorit. Banyak pelaku industri makanan yang berlomba-lomba memmbuat produk olahan mie. Jadi jangan heran kalau di Indonesia ini tersedia beragam variasi rasa dari mie. Mie ini bisa dibilang sebagai makanan favorit semua kalangan dan juga umur. Penyajiannya yang cepat dan simple membuat semua orang ingin terus-menerus membeli dan juga menyantapnya. Karena potensinya yang begitu besar maka kamu bisa menjual aneka olahan mie. Bisa dengan olahan mie instan. Atau kamu berkreasi sendiri dengan membuat sajian mie seperti bakmi, mie ayam, dan mie lainnya.

Itu dia beberapa ide usaha kuliner rumahan yang bisa kamu coba dengan modal kurang dari 5 juta. Mulailah usaha kuliner dengan persiapan yang matang. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Kalau kamu ingin memulai usaha kuliner dengan sistem waralaba keuntungannya juga menjanjikan. Modalnya bisa 5 juta tergantung paket waralaba yang kamu pilih. Simak terus artikel bisnis menarik lainnya hanya di bisnisukm.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba