Ada Ide Usaha Baru Nih: Bisnis Sambal Cumi Botol

Bisnis sambal cumi botol lagi tren lagi karena banyak masyarakat suka dengan masakan praktis. Sekarang ini, gaya hidup banyak kalangan menuntut pemotongan kegiatan rumah, salah satunya adalah memasak. Dengan menyediakan sambel cumi dalam botol, calon konsumen tidak perlu repot-repot lagi memasak dari awal. Selain itu, rasa pedas dari sambal cocok dimakan dengan berbagai jenis hidangan ala Indonesia.

Sambal cumi ini biasanya awet di dalam kulkas hingga 2 bulan, dan di suhu ruangan 2 minggu tergantung bagaimana kamu memasaknya. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut jika sambal tidak habis terjual dalam sehari. Sebelum terjun ke dalam bisnis ini, supaya semakin yakin, yuk simak kelebihan, tantangan, dan analisis modalnya ya.

Ada ide usaha baru nih Bisnis sambal cumi botol

Kelebihan Bisnis Sambal Cumi Botol

Mudah di Pasarkan

Dalam kemasan botol (kamu bisa memilih jenis plastik atau kaca), tidak perlu takut sambal cepat basi jika sudah digoreng dengan baik. Dengan begitu, kamu punya banyak pilihan model usaha, mulai dari memasarkannya di lingkungan terdekat, konsinyasi, hingga market place. Alternatif tersebut membuatmu bisa mendapatkan calon pelanggan yang lebih luas lagi.

Mudah di Buat

Pembuatan sambal cumi botol sama sekali tidak rumit. Kamu juga tidak perlu meembeli alat alat khusus, sehingga dapat menghemat akan dikeluarkan. Yang penting kamu sudah membersihkan cumi dengan baik, dna memastikan bahwa seluruh cabai terendam minyak panas agar tidak mudah basi.

Penikmat Sambal Luas

Masyarakat Indonesia selalu mengikutkan sambal dalam setiap hidangannya, jadi kalau kamu memasarkan sambal cumi dengan baik, tentu saja akan banyak orderan yang masuk. Apalagi cumi bukanlah makanan yang biasanya dimakan setiap hari, tambahan potongan daging cumi akan menjadi daya tarik sendiri.

Modal Sedikit

Kamu ingin memulai bisnis tapi modal sedikit? Tenang saja, pembuatan usaha sambal cumi botol tidak memerlukan anggaran yang besar karena bahan utamanya mudah dicari. Selain itu bahan baku pembuatan sambal biasanya kita temukan dalam masukan sehari-hari. Jadi tidak perlu khawatir.

Tantangan Bisnis Sambal Cumi Botol

Kompetitor

Ada banyak sambal saingan dengan berbagai rasa, kalau sambalmu tidak bisa bersaing dalam masalah rasa maka justru akan tenggelam. Tenang saja, artikel ini akan membantumu mencari strategi pemasaran yang ciamik supaya tidak kalah dengan kompetitor.

Harga Bahan Baku Sulit Diprediksi

Ketika musim pancaroba datang, ada kemungkinan hasil panen cabai akan terganggu. Terkadang masalah yang tidak bisa diperkiraan seperti ini membuat harga bahan baku melambung tinggi. Kalau tidak ingin menaikkan harga sambal per botol, kamu harus memiliki strategi yang jitu supaya jika kejadian tidak kelabakan lagi.

Cara Membuat Sambal Cumi Botol

Bahan Pembuatan

Resep untuk sekitar 4 botol ukuran 150 gr

Bahan                Jumlah       
 Cumi asin            200 gr 
 Bawang merah         200 gr
 Bawang putih         2 siung
 Cabai merah keriting 100 gr
 Cabai rawit          100 gr
 Batang sereh putih   3 batang
 Lengkuas             1 
 Air lemon            1 sendok
 Gula                 2 sdm
 Minyak sayur

Langkah Membuat Sambal Cumi Botol

  1. Cuci bersih semua bahan. Siram cumi asin dengan air panas, diamkan kurang lebih 15 memit. Lalu potong kecil, jangan lupa hilangkan tulang yang menyerupai plastik di badan cumi. Hilangkan tinta hitam cumi, supaya warna sambal tidak hitam.
  2. Panaskan minyak di wajan secukupnya. Goreng cumi dengan api kecil 3 menit. Tutup panci karena cumi akan meletup-letup. Angkat, sisihkan.
  3. Giling bawang putih, cabai merah keriting dan rawit lalu sisihkan. Bisa dengan chopper atau ulek kasar.
  4. Tumis dengan minyak bekas cumi dengan api kecil. Aduk sesekali.
  5. Giling bawang merah dan irisan batang sereh (2 batang) dengan chopper atau ulek kasar.
  6. Jika cabai sudah wangi, sekitar 10 menit, masukkan gilingan bawang merah dan irisan sereh. Tambahkan minyak sampai merendam sambal. Untuk membuat sambal awet samapi dua bulan di kulas, sambal harus terendam minyak.
  7. Buang bagian tulang daun jeruk, lalu iris halus. Geprek 1 batang sereh dan lengkuas. Masukan ke dalam panci. Sesekali diaduk supaya bagian bawah tidak gosong.
  8. Masukkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa
  9. Setelah bawang merah terlihat setengah layu, masukkan cumi lalu perasan jeruk lemon. Diamkan sambil sesekali diaduk selama 10 menit. Setelah irtu matikan api.
  10. Siapkan wadah penyimpanan sambal yang sudah dicuci bersih.
  11. Tunggu sambal sampai benar-benar dingin, baru tuang ke ke dalam wadah. Pastikan alat seperti sendok dan wadah steril, bisa direndam air panas terlebih dahulu.
  12. Supaya tahan lama, sambal bisa disimpan dalam kulkas.

Analisis Usaha Sambal Cumi Botol

Bahan                Jumlah        Harga
 Cumi asin            200 gr        Rp24.000
 Bawang merah         200 gr        Rp6000
 Bawang putih         2 siung       Rp500
 Cabai merah keriting 100 gr        Rp7400
 Cabai rawit          100 gr        Rp11.000
 Batang sereh putih   3 batang      Rp2000
 Lengkuas             1             Rp500
 Air lemon            1 sendok      Rp1000
 Gula                 2 sdm         Rp1000
 Minyak sayur         Secukupnya    Rp10000
 Jumlah                             Rp63.400
 Jumlah (8 botol x 25 hari)         Rp3.170.000  
 
Penghitungan Botol
 1 botol ditambah stiker usaha
 (Rp3500 x 8 x 25 hari)             Rp700.0000
 Total                              Rp3.870.000

Modal Tetap*
 Kompor            1                Rp300.000
 Ulekan            1                Rp50.000
 Wajan             1                Rp100.000
 Pisau             2                Rp50.000
 Total                              Rp500.000
 
Penyusutan setelah alat dipakai dalam satu tahun
 1/12 x Rp500.000                   Rp41.700
 Total                              Rp541.700
 
Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp3.870.000  + Rp541.700          =Rp4.411.700
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp45.000 (harga jual 1 botol) x 8 botol x 25 hari 
                                   =Rp9.000.000
 Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan Awal - Biaya Operasional
 Rp9.000.000 - Rp4.411.700         =Rp4.588.300   

*penghitungan modal hanya masuk di analisis bulan pertama, bulan selanjutnya modal sudah masuk dalam biaya penyusutan.    

Memulai Usaha Sambal Cumi Botol

Riset Pasar Sambal Cumi Botol

Ada beberapa komponen yang perlu kamu riset:
a. Pertama adalah harga bahan baku antar warung/pasar. Carilah yang lebih murah tapi kualitasnya juga sama baiknya. Pertimbangkan juga jarak pembeliaan bahan baku dengan tempat kamu akan melakukan produks. Jika dirasa terlalu jauh, sebaiknya cari yang lebih dekat, karena cost yang dikeluarkan akan sama.
b. Riset konsumen yang ingin kamu sasar karena nanti akan berpengaruh pada ukuran botol dan harga sambal. Misal kamu ingin menargetkan mahasiswa, maka buat ukuran botol lebih kecil dengan harga yang lebih murah. Kalau kamu melihat ada peluang terutama di kalangan karyawan, buat botol yang lebih besar dengan harga yang sepadan.
c. Uji coba sambal cumi ke beberapa teman atau saudara dekatmu sebelum produk dilempar ke publik. Dengan begitu kamu bisa memastikan bahwa secara rasa, tidak ada masalah dengan produk sambal cumimu.

Menentukan Model Bisnis

a. Konsinyasi
Prinsip dari konsinyasi adalah kamu memasrahkan penjualan kepada pemilik toko, jadi kamu tidak berhubungan langsung dengan konsumen. Kamu bisa menitipkannya di berbagai tempat, mulai dari warung biasa hingga ritel modern. Akan tetapi, biasanya proses seleksi di toko besar lumayan sulit. Ada beberapa dokumen yang harus kamu miliki, seperti pengurusan P-IRT (surat izin edar makanan), kualitas rasa yang enak, hingga kemasan yang cantik.

b. Market Place
Buka toko online sendiri! Maret place akan membantumu untuk mendapatkan pelanggan yang lebih luas. Namun ada beberapa syarat jika tokomu ingin mudah diakses, seperti deskripsi produk yang jelas, ada video produk, banyak testimoni positif tentang produkmu baru kamu bisa jadi star seller yang tokonya muncul di halaman depan pencarian.

c. Buka Pre-Order
Untuk mengatasi kekosongan konsumen, kamu bisa membuka pre-order, jadi kamu membuat sejumlah pesanan yang masuk dengan begitu kamu bisa memastikan berapa bahan yang perluy kamu beli. Buat pre-order selama tiga hari sekali supaya ada rentang jarak antara pembelian pertama dengan pembelian selanjutnya.

Strategi Marketing Bisnis Sambal Cumi Botol


a. Buka Akun Sosmed
Akun media sosial akan memudahkanmu melacak bagaimana pertumbuhan bisnismu dalam rentang waktu tertentu. Fitur akun media sosial juga menunjukan berapa peningkatan jumlah pengikut, berapa kali kontenmu dilihat, berapa rentang usia mereka yang mengikutimu, dan lain-lain.

Untuk akun media sosial, pastikan kamu memikirkan sisi visual konten supaya tidak kalah dengan akun-akun lain. Visualisasi yang baik akan semakin menarik perhatian banyak orang.

b. Kemasan
Kemasan yang baik akan menimbulkan kesan profesionalitas pembuat. Untuk kemasan, kamu perlu memunculkan logo agar produkmu mengakar di masayarakat. Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi produk yang jelas, terutama berapa lama expired, dan cara penyajian supaya konsumen tidak lupa.

c. Promo dan Diskon
Untuk kemasan baru, masukkan program promo dan diskon dalam jangka waktu tertentu, misal satu minggu beli dua gratis satu, dan lain-lain. Jangan lupa minta testimoni dari pelanggan. Untuk testimoni yang positif bisa kamu pajang di akun media sosialmu.

Dengan membaca artikel di atas, apa kamu tertarik untuk memulai usaha sambal cumi botol? Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada teman-teman yang lain ya, supayasemakin banyak bisnis ukm bermunculan di Indonesia.

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment