Akhirnya Produk UMKM Masuk Kimia Farma, Simak Caranya!

Produk UMKM masuk kimia farma, apakah kamu sudah tahu? Terhitung sejak awal Maret tahun 2021, produk spa dan produk herbal buatan UMKM sudah bisa masuk Kimia Farma lewat kurasi. Kebijakan ini adalah bentuk perlindungan sekaligus pemberian kesempatan bagi UMKM untuk berkembang meski di tengah pandemi.

PT Kimia Farma Tbk bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LPP-KUKM) atau Smesco menandatangani perjanjian yang memfasilitasi program ini. Kimia farma yang memiliki gerai berjumlah 1300 dan tersebar di seluruh Indonesia dianggap memiliki potensi besar untuk mendukung UMKM.

Pada 11 Maret 2021 lalu misalnya, Smesco memfasilitasi pameran produk berjudul “Sparc Live Shopping” khusus untuk produk herbal dan spa UMKM. Program tersebut melibatkan 44 UMKM binaan Smesco dengan total 185 produk yang sudah dipilih. Lewat acara tersebut, produkmu akan dipromosikan secara lebih luas.

Produk UMKM masuk Kimia Farma adalah langkah awal untuk memberikan dukungan bagi pelaku usaha untuk mengekspor produk lokal Indonesia. Smesco Indonesia bersama dengan Shopee, Sekolah Ekspor, dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan telah membuat rencana ekspor bagi masa depan UMKM sedari awal.

Saat ini, salah satu masalah pelaku UMKM adalah sebagian besar usaha ternyata masih ‘stuck’ (nyangkut) di tempat. Dukungan dari pemerintah ini harus kamu manfaatkan, karena dengan begini akan besar kesempatanmu memperlebar usaha. Tapi sebelumnya pahami dulu yuk manfaat serta cara daftarnya di bawah ini.

Akhirnya Produk UMKM Masuk Kimia Farma, Simak Caranya!

Manfaat UMKM Masuk Kimia Farma

UMKM terbukti dapat bertahan selama pandemi karena sifatnya yang mudah beradaptasi. Melihat pertumbuhan UMKM, sektor ini masih sangat potensial untuk dikembangkan. Oleh karena itu banyak program pemerintah yang memberikan kesempatan bagi UMKM  untuk berkembang. Kali ini program UMKM masuk Kimia Farma memberi kesempatan untuk produk herbal dan spa lokal agar dapat dijangkau pelanggan lebih luas.

Standar Produk Tinggi

Tidak semua produk dan UMKM bisa dipajang di apotek Kimia Farma. Setiap pengajuan produk akan ditinjau terlebih dahulu, dengan begitu produk yang masuk di Kimia Farma sudah pasti berstandar tinggi. Dengan cara ini, pelaku UMKM akan berusaha meningkatkan setiap kualitas produknya.

Keuntungan yang didapatkan dari sistem kurasi (seleksi) di tempat-tempat yang mendapat payung pemerintah adalah meningkatnya standar produksi UMKM sehingga produk mikro, kecil, dan menengah tidak hanya dipandang sebelah mata. Kedua, produk yang lolos akan meningkatkan jumlah produksi sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin baik.

Kesempatan Ekspor Luas

Permasalahan UMKM di Indonesia salah satunya adalah belum banyak produk yang merambah pasar luar negeri. Banyak UMKM yang masih mengandalkan konsumen dalam negeri, padahal potensi penjualan di luar Indonesia sangat besar. Kolaborasi antara beberapa lembaga negara, maka daya saing UMKM akan meningkat di sektor Internasional

Program Kimia Farma dan Smesco juga mendorong UMKM untuk masuk ke ekosistem digital, salah satunya dengqan melakukan pemasaran secaa online lewat Kimia Frama Mobile. Dengan begitu, setiap produk UMKM akan lebih mudah diakses dengan daya jangkau yang lebih luas.

Kesempatan Memperluas Jangkauan Pelanggan

Smesco sendiri memiliki misi untuk memberikan layanan promosi dan pemasaran UMKM Indonesia. Termasuk di dalam pelayanannya adalah informasi pasar, saran pemasaran, promosi produk dan jaringan pemasaran serta distribusi produk UMK, konsultasi pemasaran, peningkatan kemampuan manajemen dan teknik pemasaran, serta inkubasi pemasaran.

Program UMKM masuk Kimia Farma adalah turunan dari misi tersebut. Misalnya Smesco dan Kimia Farma akan menerapkan sistem diskon hingga program bundling, yaitu startegi pemasaran dengan mengelompokkan beberapa produk menjadi satu kemasan dengan penjualan satu harga.

Syarat Pendaftaran Program UMKM Masuk Kimia Farma

1. Lengkapi perizinan, mulai dari izin BPOM, Nomor Induk Berusaha (NIB) hingga Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Legalitas usaha adalah langkah pertama yang perlu kamu tempuh jika ingin produk spa dan herbalmu lolos kurasi.

2. Siapkan KTP, NPWP, rekening bank, hingga Tanda Daftar Perusahaan (sekarang sudah diganti ke NIB).

3. Kamu harus menyiapkan sample produkmu agar bisa segera dinilai oleh pihak berwenang.

Prosedur Pendaftaran

1. UKM mendaftaran diri dengan mengisi formulir pendaftaran KUKM di divisi bisnis LLP-KUKM.

2. UKM mengirimkan contoh produk kepada LLP-KUKM (Smesco) dengan menggunakan formulir sample/penambahan barang sebagai bukti pengiriman dan serah terima sample. Form ini digunakan untuk setiap pengiriman sammple dari UKM baik UKM yang baru maupun UKM lama yang akan menambah barang baru ke galeri.

3. Divisi bisnis yang ditunjuk menerima dan menilai sampel apakah produk memenuji persyaratan/kriteria yang telah ditetapkan sebagai produk mitra LLP-KUKM.

4. Bila conto produk dan informasi terkait dengan UKM tersebeut dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai mitra LLP-KUKM, maka UKM harus mengisi formulir pendaftaran dan diwajibkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan yang meliputi:

  • KTP
  • NPWP
  • Rekening bank
  • TDP (bila sebagai perusahaan berbadan hukum)

5. Bila persyaratan telah lengkap dan sesuai, divisi bisnsi menyerahkan data pendaftaran UKM ke bagian legal untuk pembuatan perjanjian atau kontrak.

6. Kontrak atau perjanjian dengan UKM disetujui oleh direksi LLP-KUKM.

7. Berdasarkan kontrak atau perjanjian yang telah disetujui, staf divisi bisnis melakukan pencatatan UKM dalam data base UKM yang telah menjadi mitra LLP-KUKM dan menetapkan kode UKM/Barcode.

8. Pendaftaran untuk produk Kimia Farma nanti akan dibicarakan setelah kamu selaku pelaku UMKM tercatat di data base Smesco (LPP-KUKM). Jadi jika kamu sudah lolos, silakan konfirmasi kepada pihak divisi bisnis Smesco.

Catatan penting: untuk mengetahui divisi bisnis dari LPP-KUKM, ada baiknya kamu membuka website smesco.go.id lalu menghubungi nomor-nomor yang tertera agar lebih jelas. Jangan lupa untuk melengkapi terlebih dahulu syarat-syarat yang diajukan, lalu siapkan produksi produkmu dengan maksimal agar tidak ada masalah ketika proses kurasi.

Penutup

Sekarang ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya mengubah wajah UMKM menjadi lebih modern lagi. Sebagai turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja, dukunngan kepada UMKM dimaksimalkan, mengingat sektor ini telah menyumbang 61,7 persen produk domestik bruto (PDB). Jumlah besar ini menunjukan minat masyarakat pada produk UMKM sangat besar.

Produk herbal dan spa dari UMKM saat ini masih mengandalkan sistem konsinyasi untuk penjualannya. Melalui program UMKM masuk Kimia Farma, kesempatan untuk mengikuti pameran luar negeri, digitalisasi penjualan produk, hingga jangakauan penjualan produk akan lebih banyak lagi.

Nah di atas sudah dijabarkan peluang usaha untuk bisnismu. Kalau kamu sedang menekuni usaha di bidang produk spa dan herbal, alangkah baiknya jika ikut bergabung dengan program UMKM masuk Kimia Farma. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa membagikannya kepada kawan-kawan yang lain ya!

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha UMKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment