Usaha Minuman Sari Jeruk Nipis

sari jeruk nipisAnda tentu tahu jeruk nipis yang berbentuk bulat lonjong berwarna kekuningan jika telah matang dan rasanya agak asam. Selain lebih banyak dikenal sebagai penambah bumbu masakan, saat ini jeruk nipis juga sedang digembar-gemborkan sebagai bahan baku utama kosmetik dengan janji membuat kulit kita menjadi lebih halus dan bebas jerawat.

Ternyata, selain dua manfaat diatas, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai bahan baku minumanĀ  segar. Seperti contohnnya, saat iniĀ  telah beredar jenis minuman berbahan baku jeruk nipis yang diperankan oleh model Putri Kecantikan Sejagad. Tak kalah dengan minuman jeruk nipis yang sering diiklankan di media cetak dan elektronik, di Kabupaten Kuningan pun terdapat beberapa produsen pembuat jenis minuman serupa yang berbahan baku jeruk nipis.

Usaha ini memiliki prospek penjualan yang cukup menguntungkan. Supaya tidak penasaran, kita lihat saja dari analisis usaha pembuatan minuman sari jeruk nipis dari salah satu produsen jeruk nipis unggulan di Kabupaten Kuningan.

ANALISIS PEMBUATAN MINUMAN SARI JERUK NIPIS
HARGA JUAL PRODUK : Rp. 2000,- Per Botol
KAPASITAS PRODUKSI/HARI : Rp. 2.750,- Botol

1Biaya Produksi
a. Biaya Tetap
– PeralatanRp145,850
b. Biaya Tidak Tetap
– Bahan bakuRp2,170,000
– Bahan bakar dan ListrikRp75,000
– Tenaga kerjaRp337,500
– KemasanRp402,500
TotalRp2,985,000
Total Biaya ProduksiRp3,130,850
2Keuntungan per bulan
PenerimaanRp5,500,000
KeuntunganRp2,369,150
3Break Een Point (BEP)
a. BEP hargaRp1,138.49
b. BEP olume produksi (Kg)1,565.43
4B/C Ratio0.757
5Return of Inestment (ROI) (%)75.67

Asumsi Pembuatan Sari Jeruk Nipis

1Inestasi bangunan dan peralatan berupa (mesin press jeruk, mesin pencampur, UV ilter dll)
sebesar Rp. 700.000.000
Asumsi masa penggunaan sekitar 20 tahun, dengan intensitas penggunaan
20 hari per bulan. Jadi asumsi jumlah pemakaian sekitar 4800 kali.
Asumsi biaya pemakaian = Rp.700.000.000/4800 kali = Rp. 145,850/ 1 kali produksi
2Kapasitas produksi per 1 kali produksi sekitar 2750 botol minuman jeruk nipis
3Bahan baku utama berupa jeruk nipis dan gula putih
4Kemasan botol, dikemas dalam bronjong yang terbuat dari bambu isi 5 botol atau
dus isi 10 dan 25 botol.
5Jumlah tenaga kerja 15 orang.

45 Komentar

  1. Saya ingin merasakan hasiat dari jeruk nipis tapi kalau denger – denger sih memang terbukti

  2. dikalimantan ada jeruk yg dinamakan jeruk sambal, ukurannya lebih kecil dr jeruk nipis (2cm-3cm). hasil pertanian utk komoditi jeruk ini sangat berlimpah n biasanya masyarakat disini menggunakannya utk penambah rasa makanan bakso, mietiaw, sambal terasi, utk minuman segar,dll. krn hasil yg berlimpah, murah dan sangat digemari oleh masyarakat disini, sy ingin sekali membuka usaha pengolahan sari jeruk sambal, agar menjadi lebih praktis dan ekonomis. bagaimana ya cr nya utk mengolah nya, mesin apa sj yg digunakan, kemasan yg digunakan, biaya produksi n modal usahanya.

  3. Saya petani Jeruk Nipis Sulawesi selatan saat ini kami memiliki kurang lebih 2000 pohon yang produktif berbuah dan di panen setiap minggu. Sayang kami hanya menjual glondongan, banyak yang rusak. Adakah solusi untuk nilai tambah? Kami mohon informasi pelatihan membuat extrak jeruk nipis dan Mesin apa saja yang dibutuhkan untuk diproses sampai extrak. Terima kasih, Jika berkenan memberi solusi hub. saya di Hp.081364770553

    • Assalamulaikum… Wr,Wb.. Saya sangat tertarik dengan usaha ini & ingin tahu lebih banyak tentang proses mendirian pabrik, modal yang dibutuhkan, proses operasional, dll, apa saya bisa berkunjung ke pabrik Bapak ? apakan bisa mengadakan kerjasama untuk mendirikan pabrik di daerah saya di Sumatera, mengingat daerah saya salah satu penghasil jeruk nipis terbaik & banyak yang di Jual ke daerah lain bahkan sampai ke jakarta. atas informasinya saya mngucapkan terimah kasih.

  4. Saya tertarik dengan usaha ini,bagaimana proses pembuatan dan pencampuran bahan agar hasil enak dan dimana kita beli peralatannya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  5. saya ingin tahu proses produksi dari minuman sari jeruk nipis ini, apakah murni sari jeruk nipis saja atau ditambah dengan bahan2 penunjang lainnya?? karena artikel diatas hanya mencantumkan bahan baku saja. selain itu, saya ingin tahu tentang mesin2 yang digunakan untuk memisahkan sari jeruk nipis dari buahnya. terima kasih atas infonya

  6. Saya tertarik dengan usaha ini,bagaimana proses pembuatan dan pencampuran bahan agar hasil enak dan dimana kita beli peralatannya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  7. ass. maaf sebelumnya saya mau tanya apa saja alat dan bahannya untuk membuat minuman jeruk nipis ini? dan bagaimana cara pembuatannya. tolong di kirim ke email saya dong
    terimakasih ya

  8. Assalamu alaimu wr.wb
    saya mahasiswa farmasi, sedang merencanakan penelitian dengan sampel KULIT JERUK NIPIS. Apa ada info di mana saya bisa mendapatkan limbah kulit jeruk nipis ?

  9. punten pak, saya mahasiswa di jakarta, asli orang kuningan .
    sya ingn mencoba untk memulai bisnis pada makanan atau minuman khas kuningan, slah satunya minuman JENIPER. kalo boleh sya tau bgaimana cra pembuatan dan mempromosikan ny yg baik .
    mohon bntuan nya sya msih sangat pemula, tlong jwbn krm lwat email saya .

    hatur nuhun :-)

Comments are closed.