Aneka Camilan Keripik Kulit Buah, Ide Unik Buat Usaha!

Keripik kulit buah menjadi salah satu camilan unik yang belum begitu familiar bagi kebanyakan orang. Tapi siapa sangkat ternyata beberapa jenis buah bagian kulitnya bisa dijadikan olahan camilan keripik kulit buah yang nggak kalah unik dan menarik dibandingkan dengan jenis camilan keripik lainnya. Kulit buah biasanya tidak dimakan atau bahkan lebih sering dibuang. Padahal ada beberapa kulit buah yang bisa dimakan. Beberapa jenis buah yang kulitnya bisa olah menjadi keripik kulit buah antara lain buah jeruk, mangga, pisang bahkan semangka.

Nah nggak nyangka kan ternyata kulit buah bisa dijadiin camilan keripik kulit buah? Dilansir dari Solopos.com, ada pelaku usaha Sari Noviatsih, salah satu warga Wonogiri yang menjual keripik kulit buah seperti kulit pisang, apel, mentimun, dan melinjo. Usaha camilan daritersebut terbilang unik karena bisa membuat inovasi baru dalam menghasilkan olahan keripik yang baru. Dalam menjalankan bisnis tentu saja memang butuh inovasi dan juga value atau nilai yang unik dari produk itu sendiri.

Kalau usaha keripik buah pada umumnya sudah banyak pelakunya, nggak ada salahnya loh selain bisnis keripik buah kamu juga bikin gebrakan baru. Salah satunya adalah dengan menciptakan inovasi produk yaitu keripik kulit buah. Tapi sebelum ke situ pastikan dulu kamu sudah riset jenis buah apa saja yang kulitnya bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi keripik. Begitu juga dengan cara atau teknik pengolahannya yang tepat. Sebab dalam menciptakan sebuah produk itu bukan hanya karena unik saja tapi harus melihat juga kebutuhan dan selera pasar. Berikut ini Bisnis UKM rangkum dari berbagai sumber, macam-macam khasiat di dalam tiap kulit buah dan resep membuat keripik kulit buah.

Keripik Kulit Buah Pisang

Berdasarkan Food Science and Culinary Education Journal, komposisi kulit pisang adalah air 69,8%, karbohidrat 18,5%, lemak 2,11%, protein 0,32%, kalsium 715 mg/100mg, fosfor 117 mg/100g, besi 1,6 mg/100g, vitamin B 0,12 mg/100g, vitamin 17,5 mg/100mg. Kulit pisang merupakan hasil samping dari pemanfaatan pisang yang dapat dijadikan makanan ringan seperti keripik kulit pisang. Walaupun kulit pisang merupakan hasil samping, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, dan karbohidrat.

Manfaat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit buah pisang. Hal ini menjadi peluang bisnis baru. Para pengusaha keripik pisang tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang. Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang. 

Resep Keripik Kulit Pisang

Bahan
1.    Kulit pisang
2.    Air kapur
3.    Garam
4.    Gula
5.    Tepung

Cara Membuat

1.    Siapkan kulit pisang dan cuci hingga bersih.
2.    Buat larutan kapur dengan mengambil setengah sendok teh kapur ke dalam 1 liter air.
3.    Rendam kulit pisang dalam larutan air kapur selama 20 menit.
4.    Buat larutan garam dengan mengambil satu sendok teh garam dan dilarutkan dalam satu liter air.
5.    Kemudian rendam kulit pisang dalam larutan garam selama 20 menit
6.    Buat larutan gula dengan mengambil 3 sendok makan gula dan dilarutkan dalam satu liter air.
7.    Rendam kulit pisang dalam larutan gula selama 20 menit.
8.    Jemur kulit pisang hingga kering (8 jam) .
9.    Goreng kulit pisang kering hingga kuning kecoklatan.
10. Jika menginginkan penggorengan dengan tepung, lakukan kembali langkah nomor 4-7 dan masukkan kulit pisang dalam adonan tepung.
11.  Setelah terlihat keripik pisang mulai berwarna kuning, angkat dari penggorengan dan tiriskan.

12. Sajikan keripik kulit pisang dengan minuman hangat sebagai hidangan di sore hari.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk itu rasanya gimana ya kalo dibikin jadi keripik kulit buah? Penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan, kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan berjenis flavonoid yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian ini juga mengatakan, kulit jeruk dapat memberikan manfaat 20 kali lebih besar dibanding daging jeruknya.

Resep Keripik Kulit Jeruk

Bahan

– Kulit jeruk

– Kapur sirih

– Minyak goreng

– Penyedap

– Tepung tapioka

– Air secukupnya

Cara Membuat :

1. Potong kulit jeruk lalu dibersihkan dan cuci bersih.

2. Lalu larutkan kapur sirih kedalam air secukupnya guna merendam kulit jeruk selama 45 menit untuk 3. menghilangkan rasa pahitnya.

3. Setelah itu, cuci kulit jeruk hingga bersih. Lalu rebus selama 20 menit.

4. Campurkan kulit jeruk dengan tepung tapioka sebanyak 400 gram. Tambahkan penyedap dan air secukupnya.

5. Goreng kulit jeruk dengan api sedang hingga matang.

Kulit Mangga

Khasiat kulit mangga sebagai sumber antioksidan dan serat bagi tubuh. Serta mengandung vitamin A, vitamin C, dan berbagai fitonutrien. Ternyata kalau diolah jadi keripik kulit buah juga menarik loh. Ini dia resep selengkapnya.

Resep Keripik Kulit Mangga

Bahan

– Kulit mangga secukupnya

– Air secukupnya

– 1 sdm garam

– Air kapur sirih 1 sdm

– 125 gram tepung beras

– 50 gram tepung tapioka

– Telur ½ butir

– ½ sdt garam

– 150 ml air

Cara Membuat :

1. Siapkan wadah berisi air dan 1 sdm garam lalu masukkan kulit mangga. Setelah itu tambahkan air kapur, diamkan selama 30 menit.

2.Lalu bilas sampai bersih dan tiriskan.

3. Siapkan bahan adonan tepung beserta bumbunya, diaduk hingga merata dan masukkan kulit mangga.

4. Goreng kulit mangga dengan api sedang hingga matang.

Kulit Semangka

Hasil penelitian dalam Online Jurnal of Natural Science, bagian kulit semangka yang bewarna putih kaya akan vitamin, mineral, enzim, dan klorofil. Vitamin-vitamin yang ada pada kulit buah semangka meliputi vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, dan vitamin C. Kulit semangka juga sebagai antioksidan yang mengandung fenolat sebagai komponen panagn fungsional dan suplemen makanan serta mencegah berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Resep Keripik Kulit Semangka

Bahan

– Kulit semangka bagian warna putih

– Penyedap

– Perasa (sesuai selera)

– Minyak goreng

Cara Membuat :

1. Potong tipis-tipis kulit semangka bagian putih.

2. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari sampai kadar air dalam semangka berkurang.

3. Jika sudah kering, bisa langsung digoreng.

4. Goreng hingga berwarna kuning keemasan.

5. Setelah itu campur penyedap dan perasa.

6. Keripik kulit buah semangka siap dinikmati.

Udah mulai tertarik buat cobain bikin keripik kulit buah? Selain produknya kamu juga perlu banget nih bikin kemasan keripik yang unik dan menarik. Yuk konsultasikan ke tim diKemas.com ada banyak layanan bebas biaya yang akan kamu dapatkan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha yang kamu jalankan #NaikKelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan usaha.

Ikuti informasi menarik seputar ide usaha lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment